Sejarah Peringatan Hari Kusta Dunia 25 Januari

Sejarah Peringatan Hari Kusta Dunia 25 Januari

Sejarah Peringatan Hari Kusta atau Hansen

Peringatan Hari Kusta Sedunia selalu di peringati pada tanggal 25 Januari setiap tahunnya, hal ini di lakukan untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat Dunia tentang pentingnya menjaga kesehatan agar terhindar dari Penyakit Kusta atau Penyakit Hansen.

Sejarah Penyakit Kusta

Penyakit Kusta pertama kali ditemukan pada 600 SM di India, menurut laporan dari MedIndia , yang mana dilambangkan dengan istilah “Khusta”, secara harfiah berarti adalah “Menggerogoti”. Laporan keberadaan kusta juga dapat ditemukan dalam naskah kuno dari Jepang abad ke -10 SM dan Mesir abad ke-16 SM.

Minggu terakhir Bulan Januari dipilih oleh seorang pendukung kemanusiaan Prancis Raoul Follereau sebagai penghargaan atas kehidupan Mahatma Gandhi yang memiliki belas kasihan terhadap orang-orang penderita Penyekit Kusta. Juga sebagai peringatan terhadap kematian Mahatma Gandhi pada 30 Januari 1948, hingga akhirnya secara Internasional Hari Kustas diputuskan diperingati setiap tanggal 25 Januari.

Penderita Kusta harus menghadapi kritik dan perlakuan yang ketat. Mereka diharuskan mengenakan pakaian khusus dan harus membawa genta kayu untuk memperingatkan orang lain bahwa mereka sedang bergerak.

Penyebab Penyakit Kusta atau Hansen

Penyakit kusta disebabkan oleh kuman Mycobacterium leprae. M. leprae yang berkembang di dalam tubuh, masa inkubasi dari bakteri ini kurang lebih 5 tahun yang kemudian akan menyerang bagian-bagian tubuh.

Dalam beberapa kasus, gejala dapat muncul dalam waktu satu tahun, tetapi bisa juga membutuhkan waktu hingga 20 tahun.

Penyakit ini terutama menyerang kulit, saraf tepi, mukosa saluran pernapasan bagian atas, dan mata, di mana orang yang menderita penyakit ini merasa sulit untuk menutup mata.


Penulis kuno telah mengemukakan beberapa teori tentang asal mula dan penyebaran penyakit kusta, seperti infeksi yang berasal dari sungai Nil, kebiasaan makan masyarakat yang tidak higienis dan sebagainya.

Peringatan Hari Kusta atau Hansen

Hari Kusta secara resmi diperingati setiap tanggal 25 Januari dan menjadi hari Kusta Internasional, setiap tahunnya tanggal 25 Januari menjadi hari yang penting untuk menyadarkan masyarakat agar selalu menjaga kebersihan.

Semoga informasi sejarah singkat Peringatan Hari Kusta Tanggal 25 Januari di atas dapat bermanfaat untuk Anda. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kusta sedunia 2021
  • hari kusta sedunia kapan tanggal berapa
  • hari kusta internasional

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina