Tanggal Berapa Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia?

Tanggal Berapa Peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia?

Hari Kemerdekaan Indonesia Tanggal 17 Agustus

Hari Kemerdekaan Indonesia - Setiap tahunnya 17 Agustus menjadi hari yang paling ditunggu tunggu oleh semua rakyat Indonesia. Sebab pada tanggal itu menjadi hari peringatan kemerdekaan Indonesia, tanggal tersebut diambil dari dibacakannya teks proklamasi Indonesia. Teks proklamasi dibacakan oleh Soekarno pada tahun 1945 lalu.

Biasanya pada tanggal tersebut akan diadakannya upacara bendera di berbagai penjuru negeri. Namun yang paling ditunggu tunggu oleh masyarakat adalah menonton upacara kemerdekaan di istana presiden. Sebab upacara tersebut akan akan menjadi upacara yang paling meriah dan tentunya sangatlah bagus, karena persiapan telah dilaksanakan jauh jauh hari sebelum tanggal 17 Agustus. Upacara dilakukan guna mengingat kembali perjuangan pahlawan yang rela berkorban demi kemerdekaan Indonesia.

Sejarah Hari Kemerdekaan Indonesia

Para penjajah datang ke Indonesia dengan memiliki tujuan untuk menguasai pasar dunia. Karena hal tersebut banyak rakyat yang menderita, hingga akhirnya Soekarno beserta lainnya tergerak untuk melakukan perlawanan. Hal ini dilakukan untuk mengusir penjajah, banyaknya peristiwa sebelum kemerdekaan Indonesia membuat para pahlawan gugur.

Peristiwa dimana Jepang menyerang terhadap sekutu, saat Jepang menjajah Indonesia pada saat itu juga Jepang mendapat serangan dari sekutu dari perang Pasifik. Pada 6 Agustus 1945 Hiroshima dibom oleh sekutu dan pada 9 Agustus Nagasaki juga dibom oleh sekutu. Hal ini membuat Jepang mengaku kalah dari sekutu, dan Indonesia dilepaskan oleh Jepang. Dan Jepang menjanjikan pembacaan proklamasi pada 24 Agustus 1945.

Rupanya hal tersebut membuat golongan muda tidak setuju karena terlalu lama waktu untuk Indonesia merdeka. Pada 14 Agustus 1945 golongan muda mendesak golongan tua untuk melangsungkan kemerdekaan lebih cepat. Namun golongan tua memikirkan untuk membuat strategi yang matang pada saat melangsungkan kemerdekaan. Pada 16 Agustus 1945 golongan muda menculik golongan tua ke Rengasdengklok, Karawang pada pukul 03.00. setelah itu terjadi kesepakatan untuk merencanakan kapan proklamasi akan dilakukan.

Setelah terjadinya kesepakatan antara golongan muda dan tua, dilanjutkan dengan pertemuan PPKI di rumah Laksamana Maeda yaitu kepada kantor penghubung angkatan laut Jepang. Rumah tersebut dianggap tempat yang paling aman untuk melakukan perumusan teks proklamasi kemerdekaan. Teks proklamasi diketik oleh Sayuti Melik.

Berlangsung dari 02.00 hingga 04.00 dini hari teks proklamasi ditulis di uang makan. Teks proklamasi disusun oleh Ir Soekarno, Drs Moh Hatta dan Mr. Ahmad Soebardjo, dimana konsep ditulis oleh Ir Soekarno sendiri. Dan teks proklamasi ditandatangani oleh Ir Soekarno dan Drs Moh Hatta atas nama Indonesia.

Teks proklamasi tersebut lalu diketik oleh Sayuti Melik dimana pada pagi harinya adalah pembacaan teks proklamasi akan dilakukan. Pukul 10 pagi teks proklamasi dibacakan disambung oleh pidato singkat, setelah itu pengibaran bendera Merah Putih yang telah dijahit oleh Ibu Fatmawati. Dengan ini pada tanggal 17 Agustus telah ditetapkan sebagai hari kemerdekaan bangsa Indonesia yang telah dijajah oleh bangsa lain.

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Dalam perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ini biasanya dilakukan upacara bendera yang diikuti oleh semua siswa siswi di Indonesia. Bukan hanya itu saja, namun juga dilakukan upacara bendera selama 2 kali dalam sehari yaitu pada pagi hari untuk menaikan sang saka merah putih, dan juga pada sore hari yang menjadi upacara penurunan bendera.

Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia ini biasanya juga diikuti oleh tokoh-tokoh penting nasional seperti Presiden dan para pejabat lainnya. 

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com