Sejarah Peringatan Hari Pramuka 14 Agustus


Sejarah Peringatan Hari Pramuka 14 Agustus

Hari Besar Nasional : Hari Pramuka 14 Agustus

Hari Pramuka – Di Indonesia, pada tanggal 14 Agustus setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari pramuka. Dimana sebelumnya Pramuka ini dikenal dengan nama gerakan Kepanduan.

Gerakan Pramuka ini tidak hanya ada di Indonesia, melainkan juga ada di berbagai negara lainnya dan mempunyai sejarah yang panjang.

Sebutan Internasional terhadap gerakan Pramuka ini disebut dengan nama Scout Movement.

Lihat Juga: 100 Quotes Ucapan Selamat Hari Pramuka 14 Agustus

Hari Pramuka atau yang dulu disebut dengan gerakan kepanduan ini diperingati pada 14 Agustus.

Biasanya pada murid dan pegawai melakukan upacara Pramuka untuk memperingati hari Pramuka ini.

Dimana yang melaksanakan upacara akan menggunakan pakaian Pramuka lengkap dengan segala aksesoris seperti hasduk, baju Pramuka beserta aksesorisnya dan masih banyak lagi.

Memperingati hari Pramuka ini dilakukan oleh seluruh warga negara Indonesia tak terkecuali para petinggi negara seperti presiden.

Hal ini dilakukan berguna untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme dan cinta tanah air Indonesia.

Terkadang beberapa orang memperingati hari Pramuka dengan mengadakan kemah terlebih dahulu dan juga acara yang bertemakan dengan Pramuka lainnya.

Sejarah Hari Pramuka

Gerakan kepanduan atau Pramuka ini telah ada sejak zaman kolonial Hindia Belanda, yaitu tahun 1916 dimana Mangkunegara VII di Surakarta memprakarsai berdirinya organisasi atau kelompok Javaansche Padvinders Organisatie.

Dimana setelah itu mulailah muncul beberapa gerakan sejenis, organisasi tersebut dikelola oleh Hizbul Wathan, Boedi Oetomo dan lainnya.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Ikrar Gerakan Pramuka

Dimulai pada tahun 1923 dengan berdirinya JPO di bandung dan JIPO di Batavia, dan setelah itu dilebur menjadi satu lagi dan menjadi INFO di tahun 1926.

Tepatnya pada 14 Agustus 1961 Pramuka menjadi istilah resmi yang menggantikan gerakan Kepanduan nasional yang sudah terjadi cukup lama.

Ini menjadi ide dari gagasan Presiden Soekarno pada saat itu dimana ia ingin menyatukan semua gerakan kepanduan yang ada di Indonesia ini.

Gerakan Pramuka ini memiliki misi utama yaitu untuk mendidik pemuda dan pemudi Indonesia, dari usia anak-anak, demi meningkatkan rasa cintanya terhadap tanah air dan bela negara.

Maka dari itu pada 14 Agustus ini diperingati sebagai hari Pramuka di Indonesia. Istilah Pramuka ini dicetuskan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono IX yang terinspirasi dari kata Poromuko yang memiliki arti pasukan yang paling terdepan dari sebuah perang.

Namun kata Pramuka dieja menjadi Praja Muda Karana yang memiliki arti yaitu jiwa muda yang gemar berkarya. Yang menjadi ketua kwartir pertama yaitu Sri Sultan Hamengkubuwono IX dan terpilih kembali selama 4 periode hingga pada tahun 1974.

Ia memiliki gelar sebagai bapak Pramuka Indonesia karena, ia berjasa dengan melambung tinggi Pramuka Indonesia hingga keluar negeri.

Lihat juga: Tanggal Berapa Peringatan Hari Guru?

Perayaan Hari Pramuka Di Indonesia

Untuk perayaan Hari Pramuka di Indonesia, biasanya dirayakan dengan cara melaksanakan upacara di alun-alun kota yang diikuti oleh para peserta pramuka beserta pembina gerakan Pramuka tersebut.

Nah jika biasanya seragam pramuka ini dikenakan setiap hari Jumat saja, apabila setiap tanggal 14 Agustus semua murid atau guru juga diwajibkan menggunakan seragam Pramuka.

Tidak peduli hari tersebut bertepatan dengan hari Jumat atau tidak, yang pasti semuanya wajib menggunakan seragam Pramuka untuk memperingati hari gerakan Pramuka tersebut.

Baca Juga: Kalender Bulan November 2022 dan Hari Peringatannya

Tidak hanya itu saja, namun biasanya juga dilangsungkan acara JAMBORE atau PERSAMI untuk merayakan hari Pramuka yang spesial tersebut. Acara tersebut juga diikuti oleh seluruh peserta Pramuka di Sekolah.

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Pramuka 14 Agustus di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Referensi: https://www.enkosa.com/sejarah-hari-kepanduan-sedunia.html

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pramuka