BLANTERTOKOv105
6700739585096372729

Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya

  • Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya
  • Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya

Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya

Rp. 1
  • Blog
  • Kalender

Tambah Ke Keranjang Beli Sekarang

Banyak Tanggal Merah, Berikut Rincian Kalender Oktober 2020

Kalender Oktober 2020 banyak dicari masyarakat untuk mengetahui informasi penanggalan yang ada di dalamnya. Seperti yang kita ketahui, dalam penanggalan Masehi terdapat 12 bulan di dalam satu tahunnya. Dan bulan Oktober merupakan nama dari salah satu bulan yang ada di kalender Masehi. Berikut ini akan dibahas berbagai ulasan mengenai bulan Oktober, serta berbagai hari besar dan hari nasional yang ada di bulan di Oktober 2020.

Mengenal Bulan Oktober

Seperti yang diketahui, Oktober ini merupakan bulan ke-10 yang ada di kalender Masehi. Pengurutan ini dihitung berdasar urutan 12 bulan (Januari, Februari, Maret, April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, November dan Desember). Di mana setiap bulannya terdiri sekitar 4 mingguan dengan jumlah tanggal yang berbeda. Khusus bulan Oktober, baik kalender Oktober 2020 maupun tahun lainnya memiliki jumlah tanggal hingga 31.

Menurut sejarah, bulan Oktober ini diambil dari kalender Gregorian. Secara harfiah diambil dari Bahasa Belanda – Bahasa Latin yakti kata “octo” dimana artinya delapan. Berarti delapan pasalnya saat dulu, penghitungan tahun dimulai sejak bulan Maret, bukan bulan Januari.

Lihat Juga: Kalender November 2020 dan Hari Peringatannya

Hari Penting di Bulan Oktober

Pada dasarnya, kalender Oktober 2020 bisa dengan mudah kita dapatkan. Biasanya, orang-orang akan memiliki kalender cetak yang dipajang di rumahnya masing-masing. Bahkan, di era digital yang teknologinya semakin canggih, bisa dengan mudah melihat kalender hanya dalam genggaman ponsel. Bahkan lengkap dengan hari libur dan keterangan-keterangan lainnya. Di ponsel pun, memungkinkan Anda untuk memasang pengingat ketika di bulan tersebut harus melakukan sesuatu atau ada acara tertentu.

Meskipun kalender Masehi banyak dimiliki, namun kebanyakan orang tidak tahu hari penting apa saja yang terjadi di bulan Oktober. Baik menurut kalender Oktober 2020 maupun di tahun lainnya, momen ini selalu diperingati oleh masyarakat. Bahkan, beberapa momennya ada yang ditetapkan sebagai hari Nasional Oktober di setiap tahun. Nah, berikut ini adalah momenmomen penting yang ada di bulan Oktober.

  1. Dimulai dari tanggal 1 Oktober yang seringkali diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila, momen ini terjadi setelah adanya gerakan G30S/PKI yang mampu diredam  oleh beberapa otoritas militer Indonesia, sehingga munculah Hari Kesaktian Pancasila. Tak hanya itu, tanggal 1 di bulan Oktober pun sering disebut sebagai Hari Bea dan Cukai.
  2. Di tanggal berikutnya, yakni 2 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Tentunya momen ini digunakan sebagai pembuktian atau rasa cinta masyarakat Indonesia terhadap batik yang menjadi ciri khas negara Indonesia.
  3. Adapun tanggal 4 Oktober, sering diperingati oleh para pecinta hewan sebagai Hari Hewan Sedunia.
  4. Beralih ke tanggal 5 Oktober, ada momen spesial sebagai hari nasional di kalender Oktober 2020 sehingga diperingati atau disebut sebagai Hari Lahirnya Tentara Nasional Indonesia. Karena pada tanggal inilah TNI dibentuk atau diresmikan.
  5. 5 hari berikutnya atau tanggal 10 Oktober, beberapa masyarakat sering memperingati sebagai Hari Kesehatan Jiwa. Sebagai momentum apresiasi dan rasa simpati terhadap kesehatan jiwa masyarakat.
  6. Di tanggal 12 Oktober, pun seringkali dijadikan momen pengingat sebagai Hari Radang Sendi Sedunia. Hal ini diperingati sebagai momen kebersamaan dan memberi dukungan untuk penderita radang sendi.
  7. Kemudian di tanggal 16 Oktobernya, terdapat 2 hari penting yaitu Hari Parlemen Indonesia dan juga sebagai Hari Pangan Sedunia.
  8. Beralih pada tanggal 22 Oktober, sebagai bentuk apresiasi dan dukungan bagi seluruh santri di Indonesia, maka seringkali diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Pada hari inilah sering dibuat momen beberapa kompetisi dan acara-acara lainnya.
  9. Di kalender Oktober 2020 maupun tahun lainnya, khusus untuk tanggal 24 Oktober terdapat 3 momen sekaligus yang sama pentingnya. Yakni sebagai peringatan Hari Dokter Nasional, Hari Polio Sedunia, hingga Hari PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa)
  10. Dilanjutkan dengan tanggal 27 Oktober, masyarakat sering mengenal dan memperingatinya sebagai Hari Listrik Nasional.
  11. Sementara untuk keesokan harinya, yakni tanggal 28 merupakan Hari Besar Oktober yang selalu diperingati Hari Sumpah Pemuda. Bahkan, masyarakat Indonesia sering memperingati momen ini dengan berbagai kegiatan yang bisa menumbuhkan semangat dan kecintaan para pemuda terhadap Indonesia.
  12. Dilanjutkan dengan hari berikutnya, yakni tanggal 29 terdapat momen pengingat sebagai Hari Stroke Sedunia.
  13. Terakhir, di tanggal 30 Oktober seringkali diperingati atau disebut sebagai Hari Keuangan.

Peristiwa Bersejarah di Bulan Oktober

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai hari penting yang ada di bulan Oktober, maka selanjutnya adalah mengetahui sejarah apa saja yang ada di bulan Oktober sepanjang  tahunnya. Meskipun seringkali tidak ditetapkan sebagai hari besar di kalender Oktober 2020, namun mengetahui cukup penting sebagai penambah informasi. Karena cerita sejarah inilah yang menjadikan beberapa tanggalnya menjadi hari besar atau hari penting di bulan Oktober. Lantas, peristiwa sejarah apa sajakah itu?

  • Tanggal 1 Oktober

Dimulai dari tanggal 1, di mana selain hari penting yang sebelumnya sudah dijelaskan, pada tanggal ini pun terdapat banyak momen sejarah. Selain adanya tragedi pembunuhan dan penculikan G30S/PKI, lalu hari bea dan cukai, rupanya pada tanggal ini pun bertepatan dengan Hari Lansia secara Internasional. Di tanggal ini jugalah, Hari Vegetarian sedunia dilaksanakan sebagai bentuk sukacita dan juga rasa kasih sayang terhadap pola hidup masyarakat. Tidak kalah pentingnya, pada 1 Oktober pun sering dikenang sebagai hari duka karena tragedi bom Bali II yang terjadi pada 2005. Pada saat itu, terjadi 3 kali pengeboman di Kuta dan kawasan Jimbaran. Akibatnya, sebanyak 23 orang meninggal dunia dan sekitar 196 orang lainnya mengalami luka ringan hingga parah.

  • Tanggal 3 Oktober

Tanggal 3 Oktober pun menjadi hari yang sangat menyedihkan. Pasalnya, pada tanggal 3 inilah banyak sekali korban tragedi G30S/PKI yang ditemukan. Tak tanggung-tanggung, penemuannya ini berada di dalam sumur yang sering disebut dengan istilah “Lubang Buaya”. Beberapa jenazah yang ditemukan adalah 6 orang jenderal TNI AD dan satunya lagi seorang perwira menengah.

Sementara di dunia Internasional, ada sejarah lain yang tidak kalah pentingnya yaitu penyatuan kembali Jerman Barat dan Jerman Timur. Penyatuan inilah yang kemudian menghasilkan sebuah perjanjian dengan sebutan “Perjanjian dua tambah empat” kemudian menghasilkan negara Kesatuan Jerman. 

  • Tanggal 4 Oktober

Tepat di tanggal 4 Oktober, selain terdapat hari peringatan hewan yang dilakukan oleh para pecinta hewan di dunia. Di Indonesia sendiri, tanggal ini punya kenangan dan peristiwa bersejarah. Tepatnya pada tanggal 4 Oktober 1999, Indonesia meresmikan provinsi baru yang tidak lain adalah Maluku Utara. Selain itu, Banten pun akhirnya terpisah dari Jawa Barat sehingga menjadi provinsi baru di tanggal yang sama namun pada tahun 2000. 

  • Tanggal 5 Oktober

Selain diperingati sebagai hari nasional Oktober yakni Hari Lahir TNI, rupanya pada tanggal ini ada sejarah penting juga. Dimana adanya pemekaran Provinsi Sulawesi Barat.

  • 12 Oktober

Sejarah pun berlanjut hingga pada tanggal 12 Oktober, di mana pada tanggal ini tepatnya di tahun 2002 pengeboman di Bali yang pertama kali terjadi. Setidaknya ada 3 pengeboman di kawasan Jalan Legian dan Kuta hingga kawasan Kantor Konsulat untuk Amerika.

  • 19 Oktober

Jika pada sejarah sebelumnya adalah pemekaran atau peresmian provinsi baru di Indonesia, namun berbeda di tanggal 19 Oktober. Karena pada tanggal inilah Timor Timur yang saat ini menjadi Timor Leste resmi melepaskan diri dari Indonesia.

  • 25-31 Oktober

Selanjutnya rentetan sejarah dari tanggal 25 Oktober. Dimulai dengan adanya sejarah letusan Gunung Merapi yang cukup dahsyat yakni pada tahun 2010.  Juga bersamaan dengan Gempa Bumi di Kepulauan Mentawai. Sehingga tanggal ini sering diperingati oleh beberapa masyarakatnya di sana. Adapun tanggal 27 Oktober, sebelum Sumpah Pemuda, para Pemuda melakukan Kongres II untuk merencanakan peresmian Sumpah Pemuda tersebut. Kemudian berakhir di tanggal 31 Oktober yang melahirkan hari Reformasi bagi masyarakat Indonesia.

Hari Libur Oktober 2020

Setelah mengetahui beberapa hari besar Oktober dan beberapa hari nasional yang terjadi atau diperingati, maka banyak masyarakat yang mencari tahu perihal kapan hari libur di bulan ini. Khususnya bagi kalender Oktober 2020. Kabar baik untuk masyarakat Indonesia yang sudah lama menantikan liburan, pasalnya pada bulan ini terdapat banyak sekali hari libur. Baik karena banyaknya hari besar atau hari nasional, hingga penetapan lainnya yang sudah dilakukan pemerintah.

Bagi Anda yang ingin liburan di bulan Oktober 2020, maka waktu yang tepat adalah akhir bulan. Tepatnya di tanggal 29 Oktober 2020, sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional sebagai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Sementara tanggal 28 Oktober dan 30 Oktober 2020 diliburkan kembali karena cuti bersama  hari besar tersebut.

Meskipun banyak sejarah dan peringatan hari besar dan hari nasional di bulan ini, namun tetap saja tidak memengaruhi hari liburnya di kalender oktober 2020. Biasanya, ketika ada peringatan hari atau momen tertentu, masyarakat lebih memilih untuk membuat perayaan tertentu untuk mengenang sejarah maupun momen tersebut. Sehingga banyaknya momen penting, tidak berarti menjadikan  hari libur di bulan tersebut jadi banyak.

Namun, dengan adanya peringatan hari besar yaitu Maulid Nabi pada bulan Oktober, maka itu bisa dijadikan liburan bagi Anda. Terlebih peringatan ini terjadi pada Hari Kamis, dilanjut dengan cuti bersama Hari Jum’at. Kemudian hari berikutnya yakni Sabtu dan Minggu sudah termasuk weekend yang seringkali diliburkan oleh banyak perusahaan.

Meskipun begitu, ketika Anda merencanakan acara atau liburan di tanggal ini, harap berhati-hati. Pasalnya menurut penelitian dan prakiraan cuaca oleh BMKG, awal musim hujan akan dimulai pada saat memasuki akhir tanggal di kalender Oktober 2020.  Musim penghujan itu pun akan berakhir di bulan Februari tahun berikutnya. Namun, itu masih perkiraan yang dilakukan oleh BMKG dan belum tentu sesuai dengan kenyataannya. Meskipun begitu, sebaiknya Anda berhati-hati dan menyiapkan segalanya dengan baik. 

Nah, itulah beberapa informasi penting dan lengkap mengenai kalender Oktober 2020. Bersamaan dengan beberapa hari besar yang menjadikan libur di bulan ini, beberapa momen penting yang pernah terjadi, hingga peringatan-peringatan hari penting di bulan Oktober. Dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, semoga bisa menjadi sumber pengetahuan terhadap momen bersejarah bagi Anda di bulan Oktober.

Detail Pemesanan

Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya
Kalender Bulan Oktober 2020 dan Hari Peringatannya
Jumlah: : :
Sub-Total :

*Belum termasuk Ongkos kirim

check_circle_outline Produk Lainnya