Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 21 Maret


Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 21 Maret Yang Sebaiknya Diketahui!

Hari down syndrome Sedunia atau dikenal dengan Down Syndrome International Day merupakan hari peringatan tahunan yang diperingati setiap tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

Peringatan ini menjadi kesempatan untuk komunitas down syndrome global untuk saling terhubung dengan berbagi pengetahuan, pengalaman hingga ide satu sama lain.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Down Syndrome 21 Maret 2024

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah penetapan tanggal 21 Maret, Hari Down Syndrome Sedunia ini? Simak berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 21 Maret Yang Wajib Diketahui!

Berbicara tentang peringatan Hari Down Syndrome Sedunia tentu saja tidak akan lengkap jika kita tidak membahas tentang bagaimana sejarah penetapan tanggal 21 Maret sebagai hari peringatan tersebut.

Sebenarnya, filosofi di balik pemilihan 21 Maret sebagai Hari Down Syndrome Sedunia ini berasal dari keunikan tiga copy kromosom ke-21 atau dikenal dengan trisomy 21 yang menjadi penyebab penyakit ini.

Down Syndrome sendiri merupakan sebuah kondisi keterbelakangan perkembangan fisik serta mental yang disebabkan oleh abnormalitas perkembangan kromosom.

Jika pada manusia normal pada umumnya hanya terdapat dua kromosom 21, lain halnya dengan penderita Down Syndrome dimana memiliki tiga kromosom 3.

Lihat Juga: Sejarah Hari Penyandang Cacat Internasional 3 Desember

Nah, kelebihan dari kromosom inilah yang menjadi ciri khas Down Syndrome.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Indonesia, umur ibu saat hamil merupakan salah satu faktor yang meningkatkan resiko melahirkan anak dengan Down Syndrome dibandingkan dengan urutan kelahiran.

Seorang ibu yang melahirkan anak diatas usia 35 tahun beresiko melahirkan anak dengan Down Syndrome 4,8 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ibu yang berusia kurang dari 35 tahun.

Hari Down Syndrome Sedunia
Hari Down Syndrome Sedunia
Hari Down Syndrome Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 21 maret setiap tahunnya – Berbicara tentang peringatan Hari Down Syndrome Sedunia tentu saja tidak akan lengkap jika kita tidak membahas t
Oleh Endik Eko

Tidak banyak informasi lengkap mengenai sejarah Hari Down Syndrome Sedunia. Hanya saja, seperti yang kita ketahui bahwa hampir di semua negara terdapat orang dengan kelainan Down Syndrome.

Tak hanya itu saja, terkadang orang dengan Down Syndrome kerap kali diasingkan, sehingga dengan adanya hari peringatan ini diharapkan bisa semakin menyadarkan masyarakat dunia bahwa orang dengan kelainan ini juga memiliki hak yang sama.

Lihat Juga: Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Tidak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa Down Syndrome sama seperti autis. Padahal faktanya bahwa kedua hal tersebut merupakan kondisi yang sangat berbeda.

Down Syndrome umumnya disebabkan oleh faktor genetik dimana seseorang yang mengalami kelainan kromosom.

Karena kelainan ini membuat seseorang mengalami keterbelakangan mental dan juga fisik.

Sementara autis atau autisme spectrum disorders bisa disebabkan oleh banyak faktor, hanya saja bukan karena kelainan kromosom.

Selain banyak yang menganggap Down Syndrome sama dengan autis, banyak juga masyarakat yang menyangka bahwa orang dengan Down Syndrome tidak bisa hidup mandiri.

Padahal nyatanya hal tersebut hanyalah mitos belaka karena orang dengan Down Syndrome bisa hidup mandiri namun tergantung dengan pola asuh orang tuanya.

Hari Down Syndrome Sedunia telah diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai Hari Kesadaran Global sejak tahun 2012.

Terdapat beberapa kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan hari peringatan ini seperti melakukan tantangan selama 21 hari, melakukan donasi, membagikan kisah dan pengalaman secara online, berpartisipasi dalam kampanye dan kegiatan lainnya.

Lihat Juga: Sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember

FAQ Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 21 Maret

  1. Apa yang diperingati setiap tanggal 21 Maret sebagai Hari Down Syndrome Sedunia?

    Hari Down Syndrome Sedunia diperingati sebagai kesempatan untuk komunitas global saling terhubung dan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide.

  2. Dari mana asal sejarah penetapan tanggal 21 Maret sebagai Hari Sedunia?

    Filosofi di balik pemilihan 21 Maret berasal dari keunikan tiga ke-21 atau trisomy 21 yang menjadi ciri khas Down Syndrome.

  3. Apa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan melahirkan anak dengan Down Syndrome?

    Umur ibu saat hamil di atas 35 tahun memiliki risiko 4,8 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan ibu di bawah 35 tahun.

  4. Apakah sejarah Hari Down Syndrome Sedunia telah diakui oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai Hari Kesadaran Global?

    Ya, Hari Sedunia diresmikan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai Hari Kesadaran Global sejak tahun 2012.

  5. Apa saja kegiatan yang bisa dilakukan untuk merayakan Hari Down Syndrome Sedunia?

    Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan meliputi melakukan tantangan selama 21 hari, donasi, membagikan kisah online, berpartisipasi dalam kampanye, dan kegiatan lainnya.

Tentang Sejarah Hari Down Syndrome Sedunia 21 Maret

Setiap tahunnya, peringatan Hari Down Syndrome Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda.

Moment ini tentu sangat ditunggu-tunggu terutama oleh orang dengan kelainan ini dan para orangtua yang memiliki anak dengan keterbelakangan mental dan fisik.

Demikian sejarah 21 Maret, Hari Down Syndrome Sedunia. Mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan kita semua.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Korps Cacat Veteran Indonesia 19 Mei 2024

Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah Down Syndrome sedunia
  • peringatan hari Down Syndrome 2024
  • quotes ucapan selamat hari Down Syndrome 2024
  • tema peringatan hari Down Syndrome 2024
  • penetapan hari Down Syndrome

Tinggalkan komentar


Hari Down Syndrome Sedunia