Kumpulan Ucapan Selamat Hari Radio Republik Indonesia 11 September 

Quotes Hari Radio Republik Indonesia – Walaupun kini eksistensinya hampir sudah teralihkan oleh smartphone, namun radio masih tetap menjadi salah satu media informasi yang eksis hingga saat ini. 

Ya, radio menjadi salah satu media informasi dan hiburan yang ternyata menjadi sarana informasi di Indonesia sejak zaman dahulu. 

Baca Juga: Sejarah Hari Radio Republik Indonesia (RRI) 11 September

Dikarenakan menjadi salah satu saksi bisu perjalanan Indonesia meraih kemerdekaannya maka setiap tanggal 11 September selalu diperingati sebagai Hari Radio Republik Indonesia. 

Sejarah Singkat Lahirnya Radio Republik Indonesia 

Tanggal 11 September memang selalu diperingati sebagai Hari Radio Republik Indonesia. Hari peringatan ini bertepatan dengan lahirnya Radio Republik Indonesia (RRI) pada tanggal 11 September 1945 yang sekaligus merupakan radio pertama Indonesia. 

Radio Republik Indonesia (RRI) didirikan sebulan setelah siaran radio milik pemerintahan militer Jepang dihentikan. Saat itu, masyarakat Indonesia kurang mendapatkan informasi setelah Indonesia merdeka. 

Situasi juga kian semakin membingungkan karena radio luar negeri ketika itu mengabarkan bahwa pasukan sekutu akan menduduki Jawa dan Sumatera. Sekutu akan kembali menyerang tanah air setelah mengalahkan Jepang dari Perang Asia Timur yang menjadi rangkaian dari Perang Dunia II. 

Baca Juga: 15 Ucapan Selamat Hari Satelit Palapa 9 Juli

Melihat situasi tersebut akhirnya beberapa orang Indonesia yang pada saat itu pernah bekerja di radio Jepang menyadari akan peran penting radio. Radio bisa menjadi alat komunikasi dan memberikan informasi kepada seluruh rakyat mengenai apa yang harus dilakukan. 

Atas hal tersebut akhirnya 8 orang yang sebelumnya bekerja di Radio Hoso Kyoku mengadakan pertemuan dengan pemerintah RI di Jakarta. 8 orang tersebut yaitu Abdulrahman Saleh, Adang Kadarusman, Soehardi, Sudomo Marto, Soemardi, Sutardji Hardjolukito, Maladi dan Harto. 

Dari pertemuan tersebut akhirnya di putuskanlah radio sebagai alat komunikasi dan media informasi saat itu dimana Radio Republik Indonesia menjadi stasiun pertama yang dimiliki Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu, radio tidak hanya berfungsi sebagai alat penyampaian pesan saja melainkan juga sebagai media hiburan. Dan saat ini sudah banyak sekali saluran radio yang bisa anda nikmati. 

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Radio Republik Indonesia 11 September 

Kumpulan Ucapan Selamat Hari Radio Republik Indonesia

Menyambut hari lahirnya Radio Republik Indonesia tentu berbagai rangkaian acara selalu diselenggarakan oleh semua stasiun radio yang kini ada. Sebagai pendengar, tentu saja kita juga sudah sepatutnya memberikan ucapan selamat Hari Radio Republik Indonesia melalui rangkaian kata-kata yang indah. 

Baca Juga: Quotes Ucapan Selamat Hari Rabies Sedunia 28 September

Berikut kumpulan ucapan selamat Hari Radio Republik Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk anda: 

Daftar Ucapan Hari Radio Republik Indonesia

1. No matter how forward the technology gets, there is some other kind of pleasure listening to radio… Wishing you a very Happy National Radio Day.

Artinya: Tidak peduli seberapa maju sebuah teknologi, ada kesenangan tersendiri saat mendengar radio. Selamat Hari Radio Nasional.

2. Whether you are driving a car or cooking something in the kitchen, radio is a friend which is always there with you to make every moment a special one…. Happy National Radio Day.

Artinya: Entah sedang berada di mobil ataupun di dapur, radio adalah teman yang selalu ada untuk membuat momen menjadi istimewa. Selamat Hari Radio Nasional

3. The most perfect way to relax simultaneously when you work is by listening to the radio as you do your work…. Warm wishes on National Radio Day.

Artinya: Salah satu cara untuk bersantai setelah bekerja adalah mendengarkan radio sambil mengerjakan sedikit pekerjaan. Selamat Hari Radio Nasional.

4. The most amazing thing about radio is the surprise that it brings along while playing music, the mood it sets in…. A very Happy National Radio Day.

Artinya: Hal yang paling istimewa dari radio adalah saat memutar musik dengan suasana khasnya. Selamat Hari Radio Nasional.

Baca Juga: Sejarah Hari Buku Sedunia 23 April

5. Radios will always be the most special invention by man as it is like a friend which stays with you all the time…. Warm greetings on National Radio Day to you.

Artinya: Radio menjadi sesuatu yang istimewa untuk manusia karena menemani sepanjang waktu. Selamat Hari Radio Nasional untuk kita semua.

6. On National Radio Day, let us enjoy the music and goodness of radios which make it an outstanding thing in this world…. Warm wishes on National Radio Day.

Artinya: Di Hari Radio Nasional, mari kita nikmati musik di radio yang menjadikannya luar biasa di dunia ini. Selamat Hari Radio Nasional.

“Teknologi yang dibutuhkan untuk akses radio pun lebih maju, cukup dengan smartphone, Sobat bisa langsung streaming radio kesayangan. Selamat Hari Radio Nasional,”

“11 September 2022! Semoga radio di Indonesia selalu menginspirasi dan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas. “Sekali di udara tetap di udara”,”

Ucapan Hari Radio RRI Dari Presiden Jokowi:

“Saya Joko Widodo Presiden Republik Indonesia, Menyampaikan Selamat ulang tahun ke 76 untuk RRI,” kata Jokowi, dalam ucapan HUT RRI ke-76, “Teruslah menyuarakan kebaikan ke Seluruh penjuru negeri mengedepankan kearifan budaya nusantara dan menjadi rujukan berita bagi semua kalangan,” Sabtu (11/9/2021).

Baca Juga: Kalender Bali September 2023 Lengkap

Tentang Ucapan Selamat Hari Radio Republik Indonesia (RRI)

Demikian sejarah hingga ucapan selamat Hari Radio Republik Indonesia. Semoga ulasan diatas bermanfaat! Selamat Hari Radio Republik Indonesia! 

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan