Sejarah Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret

Sejarah Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret

 

Inilah Sejarah 24 Maret, Hari Peringatan Bandung Lautan Api, Penyebab Dan Tokohnya!

Indonesia memiliki hari-hari penting yang selalu diperingati setiap tahunnya. Misalnya saja seperti pada tanggal 24 Maret dimana diperingati sebagai Hari Peringatan Bandung Lautan Api.

Peringatan ini tentu saja berkaitan erat dengan perjuangan bangsa kita untuk mempertahankan kemerdekaan.

Lihat Juga: Artikel Terbaru Bandung Lautan Api

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 24 Maret, Hari Peringatan Bandung Lautan Api? Simak berikut ulasannya!

Sejarah Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret

Peristiwa Bandung Lautan Api telah terjadi pada tanggal 23 Maret 1946.

Peristiwa ini menjadi titik penting dalam sejarah Kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan pengosongan serta pembakaran Bandung oleh rakyat dan tentara agar tidak dijadikan markas oleh sekutu dan NICA.

Aksi bumi hangus ini dinilai sebagai taktik yang dirasa paling ideal pada situasi saat itu karena kekuatan pasukan Republik Indonesia tidak sebanding dengan kekuatan sekutu dan juga NICA.

Peristiwa Bandung Lautan Api menjadi peristiwa yang paling heroik dalam sejarah untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia yang diabadikan dalam bentuk karya seni seperti film dan lagu.

Lihat Juga: Sejarah Hari Solidaritas Asia-Afrika 24 April

Peristiwa Bandung Lautan Api diawali dengan datangnya pasukan sekutu Inggris pada tanggal 12 Oktober 1945. Tepatnya beberapa pekan setelah Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dikumandangkan.

Pasukan sekutu yang tergabung dalam AFNEI atau Allied Forces Netherlands East Indies datang ke Indonesia usai memenangkan Perang Dunia II melawan Jepang.

Awalnya kedatangan sekutu tersebut hanya untuk membebaskan tentara sekutu dari jajahan Jepang.

Namun ternyata Belanda dan NICA membonceng pasukan tersebut dan ingin menguasai Indonesia lagi.

Melihat situasi tersebut maka bergejolak lah semangat perlawanan para prajurit dan rakyat Indonesia atas kehadiran Belanda.

Kronologi Kejadian Bandung Lautan Api

Pasukan sekutu mulai kembali melancarkan propaganda dimana seluruh rakyat Indonesia diperingatkan agar meletakan senjata serta menyerahkannya kepada sekutu.

Lihat Juga: Sejarah Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus

Namun tentu saja pihak Indonesia tidak menggubris ultimatum tersebut.

Angkatan perang Republik Indonesia merespon dengan melakukan penyerangan ke markas-markas sekutu di Bandung Utara termasuk Hotel Homan dan Hotel Preanger yang menjadi markas besar sekutu.

Penyerangan tersebut terjadi pada malam hari tanggal 24 November 1945.

Tiga hari setelahnya, Kolonel MacDonald yang merupakan panglima perang sekutu kembali menyampaikan ultimatum kepada Gubernur Jawa Barat yaitu Mr Datuk Djamin agar rakyat dan tentara segera mengosongkan wilayah Jawa Barat.

Peringatan tersebut berlaku di hari yang sama sampai pukul 12.00. Jika tidak dipenuhi maka sekutu akan bertindak keras.

Ultimatum tersebut tidak digubris sama sekali sehingga beberapa pertempuran pun terjadi, pos-pos sekutu di Bandung menjadi sasaran penyerbuan.

Lihat Juga: Sejarah Hari Bakti PU 3 Desember: Kisah Heroik Pemuda Bandung

Kemudian pada bulan Desember 1946, telah terjadi beberapa pertempuran di berbagai tempat antara lain di Sukajadi, Cihaurgeulis, Viaduct dan Pasir Kaliki.

Sekutu terus berusaha untuk merebut Balai Besar Kereta Api namun usaha tersebut gagal.

Tak hanya itu saja, sekutu juga berusaha untuk membebaskan interniran atau orang yang diasingkan Belanda di Ciater. Sampai memasuki tahun 1946, pertempuran semakin berkobar secara sporadis.

Akhir Peristiwa Bandung Lautan Api

Pada tanggal 23 Maret 1946, Sekutu kembali menyampaikan ultimatum kepada Perdana Menteri Syahrir agar selambat-lambatnya pukul 24.00 pada tanggal 24 Maret.

Selama batas waktu tersebut pasukan Indonesia harus segera mengosongkan Bandung Selatan sejauh 10 hingga 11 meter dari pusat kota.

Atas alasan penyelamatan Tentara RI dari kehancuran, Syahrir mendesak Nasution untuk memenuhi ultimatum tersebut.

Syahrir berpendapat bahwa tentara Indonesia belum mampu menandingi kekuatan sekutu. Hingga pada akhirnya, Indonesia dan sekutu tidak mencapai kesepakatan.

Lihat Juga; Daftar Universitas Terbaik di Bandung

Namun ketika itu Tentara Republik Indonesia mengambil jalan tengah yaitu meninggalkan Bandung dengan cara membumihanguskan Bandung sebelum kota tersebut ditinggalkan.

Pada malam hari di tanggal 24 Maret tepatnya mulai pukul 9 malam, Bumi Bandung mulai dihanguskan dengan meledakkan gedung Bank Rakyat.

Setelah itu disusul dengan pembakaran tempat seperti Braga, Cicadas, Banceuy dan Tegalega.

Lihat Juga: Sejarah Hari Tuberkulosis Sedunia 24 Maret

Dengan berat hati dan demi terbebas dari penjajahan, akhirnya rakyat beserta dengan pasukan bersenjata meninggalkan Bandung.

Sejak peristiwa malam itu, tanggal 24 Maret 1946, dikenal sebagai peristiwa Bandung Lautan Api.

Itulah sekilas tentang sejarah 24 Maret, Hari Peringatan Bandung Lautan Api yang tentu saja wajib anda ketahui.

Dari ulasan tentang sejarah di atas tentu saja kita bisa tahu bahwa betapa beratnya perjuangan bangsa kita untuk melawan penjajah, sehingga kita yang hidup di masa merdeka tentu patut menghormati jasa-jasa pahlawan yang telah gugur.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Solidaritas Asia-Afrika 24 April

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Peringatan Bandung Lautan Api 24 Maret diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • bandung lautan api terjadi pada tanggal 24 maret
  • bandung lautan api adalah salah satu perlawanan rakyat indonesia
  • peta pikiran bandung lautan api
  • bagaimana kronologi peristiwa bandung lautan api
  • tokoh bandung lautan api

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia