Sejarah Hari Migran Internasional 18 Desember

Sejarah Hari Migran Internasional 18 Desember

Sejarah 18 Desember, Hari Migran Internasional ”Migrant Day” 

18 Desember, Hari Migran Internasional – Hari Migran Internasional atau dikenal juga dengan International Migrant Day diperingati pada tanggal 18 Desember setiap tahunnya. 

Dalam sebuah negara, migrasi merupakan hal yang paling lumrah. 

Banyak orang memutuskan untuk pindah kewarganegaraan dan bekerja disana menjadi hal yang biasa terutama untuk negara-negara maju. 

Didukung oleh kemajuan teknologi, komunikasi dan transportasi tentu semakin memudahkan orang untuk berpindah ke negara lain. 

Namun kenyataannya migran di negara orang tidak sebahagia yang dibayangkan. Masih banyak sekali hak pekerja migran yang belum terpenuhi dan masih mengalami diskriminasi. 

Nah karena hal tersebut maka Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan 18 Desember sebagai Hari Migran Internasional. 

Sejarah 18 Desember, Hari Migran Internasional 

Majelis Umum PBB telah menetapkan Hari Migran Internasional pada tanggal 18 Desember sejak 4 Desember 2000. 

Ketika itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menghitung banyak sekali penduduk yang bermigrasi ke negara lain semakin meningkat. Umumnya untuk mereka yang bermigrasi mencari pekerjaan yang layak. 

Namun jauh sebelum penetapan Hari Migran Internasional ini, negara Filipina dan organisasi migran mulai mempromosikan 18 Desember sebagai Hari Solidaritas Internasional dengan para migran. 

Penetapan tanggal 18 Desember ini bertepatan dengan momen dimana PBB telah mengadopsi konvensi perlindungan hak-hak untuk para pekerja migran. 

Konvensi tersebut diinisiasi oleh negara-negara pengirim migran untuk merumuskan standar perlindungan khusus untuk buruh secara global. 


Dengan ditetapkannya Hari Migran Internasional di sini agar seluruh negara memberikan berbagai perlindungan kepada para pekerja migran serta menghapus segala bentuk diskriminasi terhadap perempuan. 

Hari Migran di Indonesia

Pada tanggal 12 April 2012, Pemerintah Indonesia mengesahkan konvensi buruh migran menjadi Undang-undang. 

Hak-hak migran telah ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2012 tentang Perlindungan Hak Buruh Migran dan Anggota Keluarganya. 

Seperti yang kita miliki, para migran juga berhak dan bebas dari kebebasan seperti, memiliki kebebasan untuk berpikir, beragama, bebas dari tahu, berkeyakinan dan kebebasan berekspresi. 

Tak hanya itu, pekerja migran juga memiliki hak untuk bebas dari pajak yang sewenang-wewenangnya, hak untuk diperlakukan sama dimata hukum, hak mendapatkan perawatan dan hak-hak lainnya. 

Masalah-Masalah Yang Dihadapi Oleh Para Migran 

Meskipun migrasi telah menjadi tren di beberapa negara namun masih ada berbagai permasalahan yang ditemui oleh para migran. 

Misalnya saja seperti di India dimana permasalahan migran bukan hanya terbatas pada permasalahan tenaga kerja saja, banyak sekali para migran yang menjadi korban perdagangan manusia, diskriminasi dan kekerasan. 


Apa lagi untuk para migran yang tidak memiliki dokumen lengkap. 

Tidak hanya India saja, banyak negara lain yang menganggap migran sebagai salah satu ancaman, sehingga mereka akan sangat ketat dalam menyeleksi orang-orang yang masuk ke negaranya. 

Tak dipungkiri para migran banyak sekali mengalami kekerasan saat proses penyeleksian. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah 18 Desember, Hari Migran Internasional yang harus diketahui. 


Melalui hari peringatan ini tentu saja diharapkan agar seluruh negara mulai dapat meningkatkan perlindungan terhadap migran-migran di seluruh negara. 

Setiap tahun peringatan Hari Migran Internasional diperingati dengan tema yang berbeda-beda.

Misalnya seperti di tahun 2020 dimana tema yang diangkat yaitu “Tetap Bekerja Keras Pandemi COVID-19, Berangkat Aman Pulang Mapan”. 

Pada tahun 2021, hari peringatan ini juga tentu akan berbeda namun dipastikan dalam kondisi yang sama. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Migran Internasional 18 Desember diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari migran sedunia
  • hari migran internasional
  • hari migrasi sedunia 2021
  • tema hari migran 2020 2021
  • selamat hari migran 2021
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting