Sejarah Hari Halo Sedunia 21 November

Sejarah Hari Halo Sedunia 21 November

Sejarah 21 November, Hari Halo Sedunia: Kata Menarik Perhatian Dari Tahun 1830!

Seperti yang kita tahu bahwa berkomunikasi merupakan bagian dari keseharian makhluk hidup yang semakin dipermudah dengan penemuan telepon oleh Alexander Graham Bell.

Terdapat beberapa kebiasaan yang hampir selalu dilakukan ketika menelepon. Salah satunya yaitu mengawali kata dengan Halo atau dalam bahasa Inggrisnya yaitu Hello.

Dibalik kata Halo yang sering kita sebutkan ternyata terdapat sejarahnya, lho! Bagaimana sejarahnya? Simak berikut Ini Sejarah Hari Halo Sedunia 21 November yang sebaiknya diketahui!

Sejarah 21 November, Hari Halo Sedunia!

Banyak sekali orang yang belum mengetahui jika pada tanggal 21 November setiap tahunnya selalu diperingati sebagai Hari Halo Sedunia.

Menurut The Oxford English Dictionary, kata Halo muncul sekitar tahun 1827. Awal mulanya kata Halo digunakan bukan untuk mengawali sebuah percakapan ataupun kata sapaan saja.

Ketika itu, kata Halo digunakan untuk mengundang perhatian orang lain misalnya seperti “Halo, apakah anda fokus mendengarkan penjelasan saya?” atau menunjukkan bahwa kita sedang terkejut akan sesuatu hal misalnya seperti “Halo, anda kira anda siapa bisa memperlakukan saya seperti itu”.


Alexander Graham Bell merupakan orang yang pertama kali menciptakan telepon, namun siapa pencipta kata Halo?

Nah, sosok dibalik penemuan lampu pijar pertama di dunia, Thomas Alva Edison ternyata seorang pencetus dari kata tersebut.

Hal tersebut dibuktikan oleh seorang profesor, Allen Konigsberg melalui sebuah surat yang tidak dipublikasikan yang ditulis oleh Thomas Alva Edison di akhir era tahun 1800-an.

Isi Surat Thomas Alva Edison

Surat yang dituliskan oleh Thomas Alfa Edison ditujukan kepada David yang merupakan seorang pimpinan perusahaan Telepon dan Telegraf Amerika Serikat di Pittsburgh, Manhattan, New York.

Ditemukan oleh Allen ketika dirinya sedang menjalani lima tahun penelitian sejarah perekam suara. Isi dari surat tersebut yaitu:

“Temanku David, sepertinya kita membutuhkan kata untuk mengawali percakapan telepon seperti “ahoy”, yang mampu terdengar dari kejauhan 3 sampai 6 meter. Bagaimana menurutmu?”.

Isi surat yang ditulis Thomas Alva Edison pada tanggal 15 Agustus 1877.

Namun sayang, sang pencipta telepon, Alexander Graham Bell tidak menyambut dengan baik ide tersebut karena dirinya memandang jika kata “ahoy” sudah ada sejak dulu yang digunakan sebagai kata sapaan untuk mengawali percakapan telepon.

Ide dari Thomas Alva Edison akhirnya dapat memenangkan hati para pekerja yang bekerja di perusahaan perangkat komunikasi sampai level pemerintah.

Akhirnya kata “Halo” dijadikan sebagai standar kata pengawal percakapan melalui telepon di seluruh Amerika Serikat baik itu personal maupun resmi.

Percakapan melalui telepon dengan diawali dengan kata “Halo” pertama kali terjadi di New York pada tanggal 28 Januari 1878.

Jika kata Halo sudah populer di tahun 1800-an, ternyata Hari Halo Sedunia populer di sekitar tahun 1970-an.

Hari Halo Sedunia dicetuskan pada tahun 1973 untuk menunjukkan bahwa konflik seharusnya bisa diselesaikan dengan komunikasi bukan kekerasan.

Hari Halo Sedunia merupakan salah satu respon terhadap Perang Yom Kippur yang terjadi di tahun 1973.

Saat itu, konflik yang terjadi antara Israel dan Mesir sangat hebat sehingga membuat banyak orang khawatir akan terjadi perang besar.

Gagasan Hari Halo Sedunia ini pertama kali muncul pada tahun 1973 oleh McCormack yang prihatin terhadap perang Yom Kippur. Tujuannya sebagai aksi damai terhadap peperangan.

Cara Memperingati Hari Halo Sedunia

Hari Halo Sedunia diperingati oleh kurang lebih 180 negara. Hari peringatan tersebut menjadi momen dimana anda bisa menyapa setidaknya 10 orang pada hari itu.

Tentu tidak harus orang asing saja, anda juga bisa menyapa keluarga ataupun teman. Hari peringatan ini juga bisa menjadi salah satu moment untuk menyapa kembali kawan lama.

Nah itulah sekilas tentang sejarah 21 November, Hari Halo Sedunia yang sebaiknya anda ketahui.

Hari Halo Sedunia pertama kali dirayakan pada tahun 21 November 1973. Sampai saat ini Hari Halo Sedunia selalu diperingati oleh berbagai negara dengan cara yang berbeda-beda.

Mudah-mudahan informasi menarik Sejarah Hari Halo Sedunia 21 November diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari halo sedunia
  • penemu hari halo sedunia
  • pencetus hari halo seduni
  • peringatan hari halo sedunia 2021
  • caption hari halo sedunia 2021
  • cara memperingati hari halo sedunia 21 november
  • orang dibalik kata halo
Baca juga:  4 Daftar Hari Yang Dikeramatkan Orang Jawa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar