Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia 26 September

Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia 26 September

Inilah Sejarah 26 September, Hari Kontrasepsi Sedunia: Dukung Hak Reproduksi Melalui Hari Kontrasepsi Sedunia 

Pengetahuan mengenai reproduksi dan juga seksual hingga saat ini memang masih dianggap tabu. 

Padahal, pengetahuan seksual serta reproduksi untuk perempuan maupun laki-laki merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari sedini mungkin. 

Melalui Hari Kontrasepsi Sedunia tentu diharapkan pengetahuan akan hal yang menyangkut reproduksi dan seksual bisa segera teratasi. 

Bagaimana sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia? Simak berikut ulasannya!

Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia 26 September Yang Sebaiknya Diketahui!

Hari Kontrasepsi Sedunia merupakan kampanye jangka panjang yang diperuntukkan bagi semua kaum perempuan dan laki-laki usia subur. 

Your Life merupakan brand yang dikembangkan secara khusus untuk Hari Kontrasepsi Sedunia. 
Hari Kontrasepsi Sedunia pertama kali dirayakan pada tanggal 26 September 2007. 

Kampanye global tersebut digagaskan oleh Badan Kesehatan Seksual Dan Reproduksi Global, Marie Stopes International (MSI), The European Society Of Contraception (ESC), Centro Latinoamericano Salud De la Mujer (CELSAM), The International Federation Of Pediatric And Adolescent Gynecology (FIGIJ), The Asia Pacific Council On Contraception (APCOC), serta didukung oleh Bayer Schering Pharma AG. 

Tak hanya dunia saja, Indonesia juga turut berperan dan mendukung adanya kampanye global tersebut melalui Badan Koordinasi Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), APCOC Indonesia, Ginekologi Indonesia (POGI), Bayer Schering Pharma dan Ikatan Bidan Indonesia (IBI). 


Melalui program tersebut diharapkan kontrasepsi bisa mendukung program Keluarga Berencana yang pelaksanaannya telah dimulai sejak awal tahun 1970. 

Kemajuan kontrasepsi diharapkan akan memberikan kontribusi positif dalam menciptakan masa depan yang lebih baik lagi. 

Di Indonesia sendiri peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia pada tanggal 26 September 2019, yakni dengan mengambil tema Meningkatkan Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi Mencapai Indonesia Sehat. 

Selain itu, Hari Kontrasepsi Sedunia juga didasari dengan beberapa kasus seperti adanya peristiwa kehamilan di luar nikah dan resiko kehamilan. 

Peristiwa kehamilan yang terjadi pada perempuan dianggap sebagai salah satu sebab akibat dari kurangnya pengetahuan akan seksual dan hubungan seksual bersama laki-laki. 

Ketika terjadinya hamil yang tidak direncanakan, perempuan akan menanggung resiko kematian serta kerusakan organ reproduksi karena aborsi yang tidak aman. 

Hal reproduksi dan seksual dimaksudkan untuk merencanakan jumlah anak, paksaan, kekerasan dan terbebas dari diskriminasi. 

Angka kehamilan di luar nikah dan dibawah umur di Indonesia semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga hal ini perlu menjadi perhatian pemerintah untuk mengatasinya. 

Makna Serta Tujuan Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia 

Terdapat beberapa makna dari tujuan memperingati Hari Kotrasepsi Sedunia ini. Berikut beberapa diantaranya: 
  • Kebutuhan Utama Keluarga 
Kepala BKKBN menyampaikan bahwa makna Hari Kontrasepsi Sedunia yaitu untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa kontrasepsi merupakan kebutuhan utama keluarga dalam rangka membentuk keluarga kecil bahagia sejahtera. 
  • Meningkatkan Kesadaran dan Edukasi 
Tujuan dari Hari Kontrasepsi Sedunia yaitu untuk membantu meningkatkan kesadaran semua pihak mengenai kontrasepsi.

Serta meningkatkan edukasi mengenai kesehatan reproduksi serta kesehatan seksual sehingga mampu menciptakan keluarga yang sehat serta maju di masa depan. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah 26 September Hari Kontrasepsi Sedunia yang sebaiknya diketahui oleh semua kalangan termasuk generasi muda. 

Melalui Hari Kontrasepsi Sedunia ini diharapkan semua masyarakat di dunia khususnya Indonesia memahami pentingnya kontrasepsi, kesehatan reproduksi, dan kesehatan seksual. 

Biasanya setiap tahunnya beberapa negara mengadakan berbagai rangkaian acara seperti edukasi di instansi pemerintahan, konser amal, road show, dan masih banyak lagi. 

Itulah ulasan mengenai Sejarah Hari Kontrasepsi Sedunia 26 September. Mudah-mudahan informasi di atas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Kontrasepsi Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kontrasepsi sedunia 
  • tema hari kontrasepsi sedunia 2021
  • hari kontrasepsi sedunia 26 september
  • sejarah hari kontrasepsi sedunia
  • contoh kegiatan peringatan hari kontrasepsi sedunia
  • selamat hari kontrasepsi sedunia
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com