7 Tips Menikah Low Budget dan Praktis

7 Tips Menikah Low Budget dan Praktis

Tips Menikah Low Budget, Hemat dan Anti Ribet

Menghabiskan banyak uang hanya untuk melangsungkan pernikahan merupakan tindakan yang tak bijak. Terlebih lagi, setelah menikah akan ada banyak pengeluaran guna kebutuhan rumah tangga. 

Untuk itu, agaknya kita perlu membahas tips menikah low budget sebagai solusi.

7 Tips menikah low budget simpel & pasti hemat

1. Gunakan undangan pernikahan online

Bagi yang ingin menikah secara sederhana, menggunakan undangan online merupakan solusi terbaik. Menggunakan undangan online tentu saja lebih praktis, lebih simpel juga lebih hemat secara budget. 

Terlebih jika kamu memiliki teman baik yang memiliki skill dan terbiasa membuat undangan online. Bisa-bisa kamu dapatkan undangan tersebut secara gratis. 

Kamu tetap membutuhkan undangan fisik? Jika memang perlu, kamu dapat mencetak undangan fisik juga. Hanya saja, cetak saja seperlunya dan ditujukan untuk orang-orang yang benar-benar penting dan kamu hormati. 

2. Selektif memilih tamu yang diundang

Jika memang budget yang kamu miliki tak banyak, tips nikah hemat yang dapat kamu lakukan adalah selektif dalam memilih tamu. 

Akan lebih baik jika kamu mengundang orang-orang yang benar-benar berkontribusi besar dalam kehidupan. Misalnya sanak saudara beserta teman dekat terbaik dan memang akrab. 

Untuk tamu undangan, kamu juga bisa meminta pendapat orang tua. Kira-kira siapa saja yang perlu diundang guna menyaksikan pernikahan sakral kamu. 

3. Pilih souvenir unik

Souvenir tentu bukanlah hal yang benar-benar diharapkan oleh tamu undangan. Akan tetapi, rasanya akan kurang lengkap jika tidak ada souvenir untuk tamu. Nah, kamu bisa memilih souvenir unik dan bermanfaat. 


Misalnya saja buat souvenir sendiri dengan menonton video DIY di YouTube. Jika sekiranya merepotkan, kamu dapat membeli bibit tanaman sebagai hadiah souvenir. Bisa bibit bunga hingga bibit sayuran. 

4. Minta bantuan kerabat maupun teman

Tips menikah low budget selanjutnya adalah meminta bantuan teman maupun kerabat dekat. 

Misalnya saja, jika kamu memiliki teman pandai make up maka kamu dapat meminta tolong untuk dirias. 

Atau jika kamu memiliki teman yang jago dalam hal fotografi, kamu dapat meminta tolong untuk di fotokan. 

Selain itu, jika sekiranya perlu membayar, tentu kamu akan dapat harga yang sesuai dan cocok. 

Kamu bisa make up sendiri? Nah, jika kamu bisa dan pandai memainkan alat make up, akan lebih baik jika merias diri sendiri. Pasalnya untuk saat ini, biaya MUA juga cukup tinggi, mulai dari 1 sampai 3 jutaan. 

5. Dekor pelaminan sendiri

Mendekor pelaminan sendiri bukanlah hal mustahil. Terlebih lagi jika kamu hanya ingin melakukan prosesi akad sederhana saja. 

Saat ini sudah banyak penjual online yang menjual berbagai riasan dekorasi pelaminan. Bahkan kamu dapat menonton video di YouTube jika kekurangan ide guna mendekornya. 

6. Beli dress sendiri

Bagi calon mempelai pria mungkin tidak akan dipusingkan dengan baju. Terlebih jika sudah memiliki kemeja putih juga jas. Akan tetapi bagaimana dengan mempelai wanita? 

Tak mengapa, kamu dapat membeli dress simpel tapi elegan. Saat ini sudah banyak dress dengan budget 300 an yang dijual di toko-toko online. 

Selain memang hemat, tentu saja dress tersebut menjadi milik kamu. Sehingga, jika dibutuhkan lagi kamu dapat menggunakannya. Tips menikah super hemat ini tentu perlu kamu coba. 

7. Masak-masak sendiri

Jika ingin menikah secara sederhana, tidak perlu menggunakan jasa katering. 
Cukup membeli bahan-bahan pokok mentah dan minta bantuan tetangga maupun kerabat untuk memasak. 

Hasilnya tentu jauh lebih hemat dibandingkan menggunakan jasa catering. 
Bagaimana, sudah siap mengikuti tips menikah low budget di atas? Coba dan buktikan sendiri kebenarannya. 

Mungkin cukup sekian pembahasan kita tentang Tips Menikah Low Budget di atas. Mudah-mudahan informasi tersebut dapat membantu dan menjadi referensi untuk kalian semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • tips menikah low budget
  • pernikahan low budget
  • thread nikah low budget
  • inspirasi nikah low budget
  • cara nikah low budget
  • cara nikah low budget di jakarta
  • nikah murah di jakarta, bandung, depok, bogor dan jogja
  • souvenir unik buat pernikahan
  • paket pernikahan murah di jakarta
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com