Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September

Sejarah Dan Semangat  9 September, Hari Olahraga Nasional

Hari Olahraga Nasional (Haornas) selalu diperingati setiap tanggal 9 September dalam setiap tahunnya. Puluhan prestasi olahraga tentu saja telah dicapai oleh Indonesia hingga saat ini. Setiap peringatan hari tersebut tentu saja diharapkan menjadi titik awal implementasi sport science dalam dunia olahraga Nasional. 

Sejarah 9 September, Hari Olahraga Nasional 

Penetapan Hari Olahraga Nasional dihubungkan dengan pembukaan PON di Solo pada tahun 1948. Penetepatan Hari Olahraga Nasional ditetapkan oleh Presiden kedua Soeharto pada tanggal 9 September 1983 bertepatan dengan peresmian pemugaran stadion Sriwedari, Surakarta. 

Selain bertepatan dengan hari pemugaran stadion Sriwedari yang merupakan stadion pertama yang dibangun oleh Indonesia, pemilihan tanggal 9 September juga dimaksudkan untuk mengenang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke 1. Penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional tersebut terjadi karena adanya kesulitan yang dialami oleh para atlet Indonesia untuk mengikuti olimpiade Internasional. 


Pada tahun 1948, Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) ingin mempersiapkan atlet Indonesia untuk mengikuti ajang Olimpiade Musim Panas XIV di London. Namun dikarenakan status PORI  pada saat itu belum menjadi anggota dari Internasional Olympic Committe (IOC) maka para atlet Indonesia menghadapi kendala untuk berangkat. 

Tak hanya itu saja, pada saat itu status Indonesia sebagai sebuah negara dalam dunia Internasional masih belum jelas karena adanya pengaruh Belanda. Pada akhirnya Paspor atlet Indonesia tidak diakui oleh negara Inggris. Sedangkan para atlet hanya bisa berpartisipasi di London dengan menggunakan paspor Belanda. Berbagai upaya telah dilakukan oleh Indonesia namun hasilnya nihil. 

Gelaran PON Pertama 

Gagalnya bergabung dengan olimpiade tidak membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia patah arang. PORI kemudian ingin menghidupkan kembali acara olahraga bertaraf Nasional yang diikuti oleh berbagai provinsi Indonesia. Akhirnya kota Surakarta dipilih menjadi tempat penyelenggaraan perhelatan Pekan Olahraga Nasional tersebut. 

Saat itu, penyelenggaraan PON menghadapi berbagai tantangan, seperti terbatasnya dana serta waktu persiapan yang mepet hanya satu setengah bulan saja. Tak hanya itu, tantangan juga datang dari pihak kolonial Belanda yang ketika itu masih menjaga pos-pos penting di Indonesia. 

Setelah melewati berbagai tantangan tersebut akhirnya pada tanggal 9 September 1948 di Stadion Sriwedari, Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama berhasil digelar. Presiden pertama, Soekarno membuka acara tersebut sekaligus menandai momentum bersejarah bagi dunia olahraga di Indonesia. PON pertama diikuti oleh kurang lebih 600 atlet dengan sembilan cabang olahraga. Pada saat itu karesidenan Surakarta keluar sebagai juara dengan meraih 36 medali. 

Walaupun PON pertama pada tanggal 9 September di resmikan oleh Presiden Soekarno namun untuk Hari Olahraga Nasional baru diresmikan pada tahun 1983 oleh Presiden Soeharto. Sejak saat itu, Hari Olahraga Nasional secara resmi selalu diperingati setiap tanggal 9 September. Terhitung dari tanggal diresmikannya berarti Hari Olahraga Nasional tahun ini merupakan Haornas ke-38 sepanjang sejarah. 

Hari Olahraga Nasional biasanya diperingati dengan semarak di Indonesia. Misalnya saja pada tahun 2019 dimana Haornas ini perayaannya di gelar di Banjarmasin, Kalimantan Selatan yang di inisiasi oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Tak hanya itu saja, setiap tahunnya juga akan ada sejumlah penghargaan yang diberikan oleh Kemenpora terhadap pihak-pihak yang dianggap memberikan kontribusi untuk olahraga Nasional. 

Nah itulah sekilas tentang Sejarah 9 September Hari Olahraga Nasional. Moment ini tentu saja sangat dinantikan oleh para atlet Indonesia. Selamat Hari Olahraga Nasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari olahraga nasional 2021
  • hari olahraga nasional jatuh pada tangga
  • hari olahraga nasional disebut haornas
  • selamat hari olahraga nasional
  • logo hari olahraga nasional
  • tema hari olahraga nasional 2021
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com