Sejarah Hari Anak-Anak Sedunia 20 November

Sejarah Hari Anak-Anak Sedunia Yang Perlu Diketahui

Inilah Sejarah Hari Anak-Anak Sedunia Yang Tidak Banyak Diketahui!

Apakah Anda pernah mendengar tentang Sejarah Hari Anak-anak Sedunia? Setiap tanggal 20 November, peringatan Hari Anak-anak Sedunia memang selalu dilaksanakan dengan berbagai tema. Semua negara pastinya akan memperingati hari tersebut. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah dari hari tersebut? Berikut ulasannya!

Sejarah Singkat Hari Anak-Anak Sedunia (Universal Children’s Day)

Hari Anak-anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada tahun 1954 berdasarkan resolusi dari PBB nomor 836 (XI) tanggal 14 Desember 1954. Keputusan PBB tersebut didasarkan pada kesadaran bahwa peringatan hari anak bisa berkontribusi pada solidaritas antar manusia serta kerjasama antarnegara. Terlepas dari itu, peringatan Hari Anak-anak Sedunia ini juga dipahami sebagai wujud nyata dukungan negara terhadap tujuan UNICEF. 

Pada tanggal 20 November 1959 dalam sidang Majelis Umum, PBB mendeklarasikan bahwa hak-hak anak berdasarkan 10 prinsip yang melindungi hak anak. Hak-hak tersebut diantaranya seperti pendidikan, hak atas jaminan kesehatan,  lingkungan yang suportif dan lainnya. 

Deklarasi tersebut diputuskan tentu bukan tanpa alasan. PBB menetapkan hal tersebut karena secara fisik serta mental anak-anak belum matang. Anak-anak membutuhkan perlindungan serta perawatan khusus termasuk salah satunya perlindungan hukum. 

Hari Anak-anak Sedunia ini dicetuskan untuk mengubah cara orang-orang khusunya orangtua untuk memperlakukan anak-anaknya menjadi lebih baik lagi. Bagi PBB, Hari Anak-anak Sedunia ini bisa menjadi suatu momen penting untuk orang tua, tokoh agama, pemerintah, aktivis dan elemen lainnya untuk bisa mewujudkan kesejahteraan anak. 

Sejak saat itu, PBB menyarankan kepada semua pemerintah di seluruh negara untuk selalu merayakan Hari Anak-anak Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 November dengan cara yang tepat. Selain deklarasi tentang hak-hak anak, PBB juga menggelar konvensi hak anak yang kemudian ditanda tangani oleh sekitar 191 negara dimana negara yang menandatangi konvensi tersebut wajib menjalankan pemenuhan hak-hak anak di negaranya. 


Dari sejarah panjang inilah setiap tanggal 20 November selalu diperingati Hari Anak-anak Sedunia. Memperingati hari tersebut tentu bukan bermakna perayaan bagi anak-anak. Melainkan merupakan hari yang menyadarkan seluruh masyarakat dunia bahwa masih banyak anak-anak yang mengalami kekerasan dalam bentuk diskriminasi, eksploitasi serta pelecehan. Sehingga tugas semua orang yaitu melindungi kesejahteraan anak-anak di dunia.

Fakta PentingTentang Hari Anak-Anak Sedunia 

Selain Hari Ibu dan Hari Ayah, masyarakat di berbagai negara turut memperingati Hari Anak-anak Sedunia. Dalam sejarahnya, Hari Anak sedunia telah ditetapkan sejak 1954 dimana sesuai disebutkan diatas bahwa terdapat tujuan dari perayaan tersebut. Tujuan tersebut diantaranya mempromosikan kebersamaan dan kerjasama internasional serta membantu meningkatkan kesejahteraan anak. 

Dibalik sejarah panjang yang terjadi, terdapat fakta-fakta penting tentang Hari Anak-anak Sedunia ini. Apa saja fakta menariknya? Berikut beberapa diantaranya: 
  • Selalu Dirayakan Setiap Tanggal 20 November 
Sejak diresmikannya, Hari Anak Seduinia selalu diperingati setiap tanggal 20 November dengan berbagai tema yang berhubungan dengan kesejahteraan anak.
  • Merupakan Wujud Dari Kesejahteraan Anak 
Dengan diresmikanya tanggal 20 November sebagai Hari Anak-anak Sedunia tentu tanpa disadari merupakan sebuah wujud perlindungan terhadap Anda. Seperti kita tahu bahwa di beberapa negara kekerasa terhadap anak masih banyak dialami seperti pelecehan, eksploitas hingga diskriminasi. Dengan adanya peringatan ini tentu akan menumbuhkan kesadaran masyarakat dunia terhadap anak. 
  • 10 Hak-Hak Anak Yang Wajib Dipenuhi
Setiap anak yang ada di dunia memiliki haknya masing-masing. Berdasarkan konvensi PBB ada 10 hal bagi anak seperti hak untuk bermain, mendapatkan pendidikan, perlindungan, nama identitas, status kebangsaan, makanan, akses kesehatan, rekreasi, kesamaan serta peran dalam pembangunan. 
  • Setiap Perayaan Hadir Dengan Berbagai Tema Menarik 
Sejak tahun 1954, perayaan Hari Anak Sedunia selalu mengusung tema yang berbeda. Misalnya saja pada tahun 2020 kemarin dimana tema yang diusung yaitu “A day to reimagine a better future for evey child”. Artinya “Satu hari untuk menata dunia yang lebih baik untuk setiap anak”.

Nah itulah fakta penting tentang Hari Anak-anak Sedunia. Sama halnya seperti tahun 2020, mungkin untuk perayaan Hari Anak Sedunia 21 November mendatang masih berbeda dengan 5 tahun atau puluhan tahun belakang. Namun walaupun demikian tetap saja Hari Anak-anak Sedunia akan dilaksanakan dengan tema yang pastinya lebih menarik lagi. 
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com