Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia 19 Februari

Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia 9 Februari

Hari KOHANUDNAS Indonesia 19 Februari

Hari Komando Pertahanan Udara Nasional atau KOHANUDNAS adalah komando utama dan komando terpenting yang ada pada kekuatan Markas Besar TNI. Dimana KOHANUDNAS ini dibentuk pada tanggal 9 Februari 1962. Fungsi dari KOHANUDNAS itu sendiri adalah menjadi mata dna juga telinga yang akan mengawasi berbagai macam pergerakan pesawat udara yang terbang melintas wilayah Indonesia.

Pada awal pembentukan KOHANUDNAS ini dimulai dengan membentuk Sektor Operation Center atau SOC di tahun 1958. Pembentukan ini juga dengan unsur kekuatan dari ARhanud Angkatan Darat, pasukan penangis Serangan Udara dan juga Pasukan Pertahanan pangkalan.  Kemudian mulai dibentuk lagi Komando Pertahanan Udara Gabungan atau Kohanudgab di tahun 1961.

KOHANUDGAB ini terdiri dari setidaknya tiga angkatan dan juga Polri. Tujuan dari adanya ini adalah agar bisa melindungi pusat offensive daerah Mandala Yudha yang ada di wilayah Timur Indonesia.

Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia

Presiden yang merupakan Panglima Tertinggi Atas Angkatan Perang RI juga mengeluarkan Kepres Nomor 8 PLM-PS di tahun 1962 tanggal 19 Februari terkait pembentukan Komando Pertahanan Udara Nasional atau KOHANUDNAS, akhirnya tanggal tersebut juga ditetapkan untuk menjadi Hari Jadi KOHANUDNAS Indonesia. Hal ini juga dibuat untuk mengingat terkait betapa pentingnya Komando Pengendalian Tunggal terkait operasi pertahanan udara.


Pembentukan ini juga dilakukan karena Pimpinan dari KOHANUDNAS merasa betapa pentingnya suatu pengendalian tunggal dari adanya operasi pertahanan udara. Pembentukan, pertumbuhan serta perkembangan KOHANUDNAS tentu saja tidak bisa terlepas dari perkembangan TNI AU.

KOHADNUDNAS adalah ujung tombak Kotama Operasional TNI untuk menegakkan kedaulatan negara di bagian udara dan juga mengatur segala potensi kekuatan udara untuk Indonesia. Sepanjang sejarah Indonesia, sejak pertama kali lahir pada tanggal 19 Februari 1962, KOHADNUDNAS sudah berhasil memberikan peran yang aktif untuk keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas dair TNI.

Sama seperti tugasnya, KOHADNUDNAS ini menyelenggarakan operasi pertahanan udara dengan menggunakan kekuatan inti dari TNI AU. Selain itu juga didukung oleh komponen utama dari ANgkatan Udara secara ideal apda sistem pertahanan udara nasional. KOHADNUDNAS juga harus bisa mengawasi dan juga melindungi semua wilayah kedaulatan NKRI dari ancaman yang memungkinkan menyerang di udara.

Selama ini, KOHADNUDNAS juga sudah berhasil melaksanakan penindakan terhadap adanya pelanggarana udara dengan memaksa mendarat atau Force Down oleh pesawat asing yang melintas di udara Indonesia tanpa izin. Dibutuhkan juga kerjasama yang rata dari berbagai macam komponen yang terdapat pada KOHANUDNAS. Oleh sebab itu tentu saja dibutuhkan KOHANUDNAS yang bisa membangun keterpaduan sistem komunikasi entah itu pada audio, visual atau secara data Tri Matra yang terpadu.

KOHADNUDNAS ini menjadi pengawal dari keamanan wilayah Nusantara, KOHADNUDNAS saat pelaksanaan tugasnya ini juga didukung bersama komponen angkatan lainnya seperti satuan radar dari TNI AU yang berada di seluruh penjuru Indonesia. Saat ini KOHANUDNAS mempunyai setidaknya empat komando Sektor atau Kosek. Yaitu berada di Kosek HANUDNAS I di Jakarta, Kosek Hanudnas II di Makassar, Kosek HANUDNAS II di Medan dan juga Kosek Hanudnas IV yang berada di Biak.

Nah itulah sejarah dari hari KOHANUDNAS di Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 19 Februari di Indonesia, khususnya di setiap pangkalan Angkatan Udara di seluruh Indonesia. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat untuk anda. 

Pengunjung lainnya juga mencari

  • tanggal berapa Hari KOHANUDNAS
  • apa Hari KOHANUDNAS
  • perayaan Hari KOHANUDNAS
  • template ucapan Hari KOHANUDNAS
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com