Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia 19 Februari


Hari KOHANUDNAS Indonesia 19 Februari

Hari Komando Pertahanan Udara Nasional atau KOHANUDNAS adalah komando utama dan komando terpenting yang ada pada kekuatan Markas Besar TNI.

Dimana KOHANUDNAS ini dibentuk pada tanggal 9 Februari 1962. 

Baca Juga: 20 Ucapan Selamat Hari KOHANUDNAS 19 Februari

Fungsi dari KOHANUDNAS itu sendiri adalah menjadi mata dna juga telinga yang akan mengawasi berbagai macam pergerakan pesawat udara yang terbang melintas wilayah Indonesia.

Pada awal pembentukan KOHANUDNAS ini dimulai dengan membentuk Sektor Operation Center atau SOC di tahun 1958. 

Pembentukan ini juga dengan unsur kekuatan dari ARhanud Angkatan Darat, pasukan penangkis Serangan Udara dan juga Pasukan Pertahanan pangkalan.  

Kemudian mulai dibentuk lagi Komando Pertahanan Udara Gabungan atau Kohanudgab di tahun 1961.

KOHANUDGAB ini terdiri dari sedikitnya tiga angkatan dan juga Polri. Tujuan dari adanya ini adalah agar bisa melindungi pusat offensive daerah Mandala Yudha yang ada di wilayah Timur Indonesia.

Baca Juga: Web Stories Hari KOHANUDNAS

Hari KOHANUDNAS
Hari KOHANUDNAS
Hari KOHANUDNAS Selalu diperingati setiap tanggal 19 September setiap tahunnya – Presiden yang merupakan Panglima Tertinggi Atas Angkatan Perang RI juga mengeluarkan Kepres Nomor 8 PLM-PS di tahun 196
Oleh Kiki Kinanti

Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia

Presiden yang merupakan Panglima Tertinggi Atas Angkatan Perang RI juga mengeluarkan Keppres Nomor 8 PLM-PS di tahun 1962 tanggal 19 Februari terkait pembentukan Komando Pertahanan Udara Nasional atau KOHANUDNAS.

Akhirnya tanggal tersebut juga ditetapkan untuk menjadi Hari Jadi KOHANUDNAS Indonesia. 

Hal ini dibuat untuk mengingat terkait betapa pentingnya Komando Pengendalian Tunggal terkait operasi pertahanan udara.

Pembentukan ini juga dilakukan karena Pimpinan dari KOHANUDNAS merasa betapa pentingnya suatu pengendalian tunggal dari adanya operasi pertahanan udara. 

Lihat juga: Sejarah Peringatan Hari Kusta Dunia 25 Januari

Pembentukan, Pertumbuhan serta Perkembangan KOHANUDNAS tentu saja tidak bisa terlepas dari perkembangan TNI AU.

KOHANUDNAS adalah ujung tombak utama Operasional TNI untuk menegakkan kedaulatan negara di bagian udara dan juga mengatur segala potensi kekuatan udara untuk Indonesia. 

Sepanjang sejarah Indonesia, sejak pertama kali lahir pada tanggal 19 Februari 1962, KOHANUDNAS sudah berhasil memberikan peran yang aktif untuk keberhasilan pelaksanaan tugas-tugas dari TNI.

Sama seperti tugasnya, KOHANUDNAS ini menyelenggarakan operasi pertahanan udara dengan menggunakan kekuatan inti dari TNI AU

Selain itu juga didukung oleh komponen utama dari ANgkatan Udara secara ideal pada sistem pertahanan udara nasional. 

Tugas-Tugas Kohanudnas Pada Perannya Untuk Indonesia

KOHANUDNAS juga harus bisa mengawasi dan juga melindungi semua wilayah kedaulatan NKRI dari ancaman yang memungkinkan menyerang di udara.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Bhakti TNI Angkatan Udara

Selama ini, KOHANUDNAS juga sudah berhasil melaksanakan penindakan terhadap adanya pelanggaran udara dengan memaksa mendarat atau Force Down oleh pesawat asing yang melintas di udara Indonesia tanpa izin. 

Dibutuhkan juga kerjasama yang rata dari berbagai macam komponen yang terdapat pada KOHANUDNAS. 

Oleh sebab itu tentu saja dibutuhkan KOHANUDNAS yang bisa membangun keterpaduan sistem komunikasi entah itu pada audio, visual atau secara data Tri Matra yang terpadu.

KOHANUDNAS ini menjadi pengawal dari keamanan wilayah Nusantara, KOHANUDNAS saat pelaksanaan tugasnya juga didukung bersama komponen angkatan lainnya seperti satuan radar dari TNI AU yang berada di seluruh penjuru Indonesia. 

Saat ini KOHANUDNAS mempunyai setidaknya empat komando Sektor atau Kosek. Yaitu berada di Kosek HANUDNAS I di Jakarta, Kosekhanudnas II di Makassar, Kosek HANUDNAS II di Medan dan juga Kosek Hanudnas IV yang berada di Biak.

Baca Juga: Sejarah Hari Korps Wanita Angkatan Laut 5 Januari

Tentang Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia 19 Februari

Nah itulah sejarah dari hari KOHANUDNAS di Indonesia yang selalu diperingati setiap tanggal 19 Februari di Indonesia.

Khususnya di setiap pangkalan Angkatan Udara di seluruh Indonesia. 

Mudah-mudahan informasi sejarah Kohanudnas yang selalu diperingati setiap tanggal 19 Februari dapat menjadi referensi serta menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari KOHANUDNAS