Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) 14 Februari


Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) 14 Februari

Hari Peringatan PETA – Apa yang terlintas di pikiran kalian ketika mendengar tanggal 14 Februari? 

Apakah hari Valentine? Memang setiap tanggal 14 Februari ini selalu diperingati sebagai hari Valentine. 

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) 14 Februari

Namun selain hari Valentine, setiap tanggal 14 Februari ini juga diperingati sebagai Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air Atau PETA.

Di tanggal 14 Februari dalam sejarah Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan sebagai hari peringatan Peristiwa Pemberontakan Pembela Tanah Air atau PETA yang terjadi di Kota Blitar tahun 1945 lalu. 

Setidaknya 6 bulan sebelum proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan, terjadi pemberontakan yang dipimpin oleh Shodanco Supriyadi.

Shodancho Supriyadi pun sampai saat ini juga dikabarkan hilang entah kemana. Namun namanya tetap dikenang menjadi salah satu pahlawan Nasional Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Perpustakaan Sekolah Sedunia

Apa Itu PETA?

PETA atau Pasukan Pembela Tanah Air ini dibentuk oleh Jepang di Indonesia, PETA sendiri didirikan pada bulan Oktober 1943 lalu. 

Para pemuda di Indonesia direkrut dan digembleng untuk menjadi prajurit perang dan juga Pembela Tanah Air.

Jadi tujuan dibentuknya PETA ini adalah untuk bisa mempertahankan Pulau Bali, Jawa dan juga Sumatera dari serangan pasukan Sekutu yaitu Belanda, Inggris, Australia dan juga Amerika Serikat.

Namun sejarah mencatat jika PETA mulai memberontak saat para komandan muda tidak tahan melihat penderitaan rakyat Indonesia yang dipaksa dan juga diperbudak oleh tentara Jepang. Romusha yang dilakukan Jepang saat itu membuat PETA ingin memberontak.

Lihat juga: Sejarah Peristiwa Serangan Umum 1 Maret

Di dalam cerita lainnya, Tentara PETA ini juga semakin dibuat geram ketika melihat kelakuan dari tentara Jepang yang menjadikan wanita-wanita Indonesia sebagai budak Seks mereka. 

Permasalah lainnya adalah saat para perwira PETA tidak mempunyai pangkat yang lebih tinggi dibandingkan prajurit kelas rendahan dari Jepang.

Jadi pasukan PETA ini merasa dilecehkan saat harus menghormat kepada prajurit-prajurit kelas kroco yang dimiliki oleh Jepang.

Hari Pemberontakan Pembela Tanah Air
Hari Pemberontakan Pembela Tanah Air
Hari Pemberontakan Pembela Tanah Air selalu diperingati setiap tanggal 14 februari setiap tahunnya – PETA atau Pasukan Pembela Tanah Air ini dibentuk oleh Jepang di Indonesia, PETA sendiri didirikan
Oleh Kiki Kinanti

Pemberontakan PETA

Karena sudah muak dengan itu semua, akhirnya pada tanggal 14 Februari 1945. pasukan PETA dibawah komando dari Shodancho Supriyadi melakukan pemberontakan dengan menyerang Hotel Sakura yang merupakan kediaman dari para perwira kekaisaran Jepang.

Baca Juga: Sejarah Hari Bakti PU 3 Desember: Kisah Heroik Pemuda Bandung

PETA juga menyerang markas Kempetai dan juga tempat lainnya yang menjadi rumah dari tentara Jepang. 

Namun sayangnya tempat yang diserang oleh PETA ini sudah kosong sebab rencana pemberontakan PETA sudah bocor lebih dulu dan diketahui oleh para tentara Jepang.

Nah oleh sebab itulah, sekarang ini setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya selalu diperingati sebagai hari Pemberontakan PETA di Indonesia saat melawan tentara Jepang. 

Setidaknya dengan kita mengingat kisah perjuangan dari PETA tersebut. Kita sebagai putra putri bangsa harus bisa mengambil sikap dengan cara mewarisi semangat juang dan juga nasionalisme yang dimiliki oleh tentara PETA.

Baca Juga: 30 Ucapan Hari Dharma Samudra 15 Januari

Jangan sampai kekayaan alam kita dirampok oleh negara luar dan kita yang sebagai tuan tanah justru tidak bisa merasakan kekayaan alam dari negeri kita. 

Hal ini karena dinikmati oleh segelintir pejabat di Pemerintahan yang mempunyai posisi nyaman di dalam pemerintahan.

Kita juga harus selalu sedia membela tanah air, jangan sampai ada perpecahan antar sesama bangsa Indonesia saat ini. 

Ingatlah Bhineka Tunggal Ika atau berbeda-beda namun tetap satu jua adalah semboyan dari Bangsa Indonesia yang harus selalu kita terapkan dan juga kita pertahankan selamanya.

Lihat juga: Sejarah Hari KOHANUDNAS Indonesia 9 Februari

Tentang Hari Peringatan Pembela Tanah Air

Semoga informasi dari Sejarah Hari Peringatan Pemberontakan Pembela Tanah Air (PETA) 14 Februari di atas bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah hari besar dan hari penting lainnya.

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Pemberontakan Pembela Tanah Air
Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni