10 November Sebagai Hari Peringatan Pahlawan

Tanggal Berapa Peringatan Hari Pahlawan?

Hari Besar Nasional : Hari Pahlawan 10 November

Hari pahlawan selalu diperingati pada setiap tanggal 10 November di setiap tahunnya. Biasanya para murid dari sekolah dasar hingga menengah atas akan memperingati hari pahlawan dengan melakukan upacara, upacara tersebut biasanya dipimpin oleh guru setempat. Bukan hanya muri sekolah tetapi terkadang para pegawai juga memperingati hari pahlawan tersebut dengan ber upacara di depan kantor masing masing, dan dengan dipimpin oleh atasan mereka.

Hal ini dilakukan bukan hanya semata mata karena ingin pamer, tetapi hal ini dilakukan agar kita dapat mengingat kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur karena memperjuangkan kemerdekaan yang kita rasakan sekarang. Hal ini juga dilakukan guna mengetes jiwa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia, demi menghormati jasa para pahlawan kita.

Tanggal Berapa Peringatan Hari Pahlawan?

Dipilihnya tanggal 10 November menjadi Hari Pahlawan ini tentu saja karena mengacu terhadap pecahnya pertempuran besar yang terjadi di Surabaya 10 November tahun 1945 lalu. Dimana pertempuran tersebut melibatkan antara pejuang Indonesia dengan Sekutu yaitu Tentara Inggris.

Sejarah Hari Pahlawan

Jaman dahulu Belanda berencana merusak kedaulatan Indonesia dengan berbagai cara. Padahal sudah jelas Indonesia sudah menyatakan kemerdekaannya. Tak lama dari Jepang yang secara tiba tiba menyerang sekutu , AFNEI dan NICA yang datang ke Surabaya dengan berniat akan melucuti senjata dan membebaskan tentara Jepang dari Indonesia setelah Jepang menyerang sekutu dengan tanpa alasan.

Dibalik itu semua AFNEI dan NICA ini telah memiliki niatan yang tidak baik terhadap Indonesia, yaitu ingin menjadikan Indonesia sebagai negara yang dijajah lagi oleh Hindia Belanda. Hal ini membuat seluruh rakyat Indonesia di Surabaya Menjadi marah. Apalagi AFNEI dan NICA dengan berani mengibarkan bendera Belanda pada menara Hotel Yamato.

Karena ini Indonesia merasa bahwa kemerdekaannya tidak diakui oleh Belanda. Padahal Indonesia telah menyatakan proklamasi pada 17 Agustus 1945 atau satu bulan sebelum pertempuran di Surabaya ini.

Lihat juga: Tanggal Berapa Peringatan Hari Pramuka?

Agresi yang dilakukan kedua pasukan ini rupanya lebih baik daripada sebelumnya. Dimana pembekalan persenjataan berat dilengkapi dengan pesawat. Hal ini dilakukan guna membuat pasukan Indonesia mundur. Namun Bung Tomo dengan semangatnya membuat aksi yang heroik untuk menumbuhkan semangat para tentara dan rakyat Indonesia untuk maju melawan penjajah.

Kemenangan rakyat Indonesia telah dirasakan pada saat pemimpin tertinggi pada AFNEI yaitu Jendral Mallaby pada 18 November 1945, memaksa AFNEI dan NICA untuk mundur karena merasa kalah oleh Indonesia. Kekalahan tersebut karena dirobeknya bendera Belanda yang biru Hingga bendera tersebut hanya tersisa dua warna yaitu merah dan putih.

Dimana itu adalah bendera bangsa Indonesia. Maka dari itu tanggal 10 November telah ditetapkan sebagai hari pahlawan karena peristiwa tersebut dimulai pada tanggal tersebut, dimana pada hari itu pertempuran sengit dengan penjajah dimulai.

Perayaan Hari Pahlawan Di Indonesia

Setiap tanggal 10 November dalam perayaannya, di Indonesia sendiri sering diadakan upacara-upacara bendera untuk merayakan Hari Pahlawan. Mulai dari siswa SD hingga SMA mengadakan upacara bendera secara besar-besaran di alun-alun kota untuk mengenang dan juga menghormati jasa para pahlawan yang sudah gugur mendahului kita.

Selain itu, perayaan hari pahlawan ini juga bertujuan untuk meningkatkan rasa patriotisme dan juga nasionalisme terhadap generasi penerus bangsa. Untuk menjadi pahlawan saat ini sebenarnya tidak harus mengangkat senjata, namun tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa saja sudah cukup.

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Pahlawan 10 November di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.

Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com