Pengertian Throw In atau Lemparan ke Dalam Pada Sepak Bola


Penjelasan Throw In atau Lemparan ke Dalam Pada Sepak Bola

Throw in atau lemparan ke dalam merupakan salah satu peraturan penting dalam permainan sepak bola yang sering kali terjadi di sisi lapangan.

Sebagai salah satu metode untuk melanjutkan permainan setelah bola keluar dari batas lapangan, throw in sangat berpengaruh dalam mengatur alur permainan.

Kemudian memberikan kesempatan bagi tim untuk memulai serangan atau menguasai bola.

Baca Juga: Mengenal Tendangan Bebas Dalam Permainan Sepak Bola

Bagi yang belum paham istilah ini, kami akan menjelaskan secara rinci pengertian, aturan, dan teknik dasar dalam pelaksanaan lemparan ke dalam atau  throw in dalam sepak bola.

Pengertian Throw In atau Lemparan ke Dalam

Throw in adalah situasi di mana bola harus dilemparkan kembali ke lapangan dari sisi garis lapangan setelah melewati batas lapangan.

Hal ini terjadi ketika bola terakhir disentuh oleh pemain dari salah satu tim sebelum keluar dari lapangan di sisi samping.

Throw in bisa dibilang sangat menguntungkan bagi tim yang mendapatkannya, hal ini dikarenakan tim tersebut dapat mengontrol permainan atau memulai serangan kembali berkat adanya Throw in tersebut.

Aturan Throw In Dalam Sepakbola

Ada beberapa aturan terkait Lemparan ke dalam atau throw in. Berikut adalah beberapa aturan dasarnya:

Posisi Pelaksanaan

Throw in dilakukan dari tempat di sepanjang garis samping di mana bola keluar dari lapangan.

Pemain yang melakukan throw in harus berada di sepanjang garis tepi lapangan dan harus memegang bola dengan kedua tangan di belakang dan di atas kepala.

Posisi Pemain

Pemain yang melakukan throw in harus berdiri dengan kedua kaki di luar lapangan dan kaki harus menyentuh permukaan tanah di luar garis lapangan.

Pemain dari tim lawan harus berjarak minimal dua meter dari tempat throw in dilakukan.

Bola Tidak Perlu Dilempar Jauh

Bola tidak perlu dilempar jauh ke dalam lapangan, yang penting adalah bola harus masuk kembali ke dalam lapangan dan disentuh oleh pemain lain sebelum bola keluar dari lapangan lagi.

Baca Juga: Mengenal Arti Kartu Kuning Dalam Sepak Bola

Pelanggaran

Jika pemain yang melakukan throw in melanggar aturan, seperti tidak memegang bola dengan kedua tangan di atas kepala atau tidak berdiri di luar lapangan, throw in akan diberikan kepada tim lawan.

Wasit juga dapat memberikan kartu kuning jika pemain melakukan pelanggaran berulang kali.

Teknik Dasar Throw In

Terdapat beberapa teknik dasar yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan throw in.

Berikut beberapa teknik dasar untuk melakukan lemparan ke dalam tersebut:

Memegang Bola dengan Kedua Tangan

Pemain harus memegang bola dengan kedua tangan di atas kepala untuk menjaga keseimbangan dan memberikan kekuatan yang cukup dalam lemparannya.

Posisi Tubuh

Pemain harus berdiri dengan kaki terbuka dan sedikit membungkuk ke depan untuk memberikan momentum saat melemparkan bola.

Tujuan

Tujuan utama dalam throw in adalah untuk mengarahkan bola ke area yang diinginkan, biasanya ke arah rekan setim terdekat atau ke area tengah lapangan.

Variasi

Pemain juga dapat menggunakan variasi dalam pelaksanaan throw in, seperti melempar bola langsung ke arah gawang.

Dengan tujuan untuk mendapatkan gol atau menggunakan teknik lemparan panjang agar mengejutkan pertahanan lawan.

Tentang Pengertian Throw In atau Lemparan ke Dalam Pada Sepak Bola

Throw in adalah bagian penting dalam permainan sepak bola yang memungkinkan permainan berlanjut setelah bola keluar dari lapangan.

Dengan memahami aturan dan teknik dasar dalam pelaksanaan throw in, pemain dapat mengoptimalkan peluang mereka untuk memulai serangan atau menguasai bola. 

Baca Juga: Ukuran Lapangan Sepakbola Internasional Lengkap

Dalam hal strategi, throw in juga dapat menjadi momen krusial yang bisa dimanfaatkan dengan baik untuk meraih keunggulan dalam permainan.

Mudah-mudahan informasi Pengertian Throw In atau Lemparan ke Dalam Pada Sepak Bola diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

Artikel Terkait:

Tinggalkan komentar