Ucapan Selamat HUT Perpustakaan Nasional 17 Mei

Ucapan Selamat HUT Perpustakaan Nasional 17 Mei

Daftar Ucapan Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional RI 17 Mei 

Ucapan Selamat HUT Perpustakaan Nasional 17 Mei – Hari besar di Indonesia memanglah banyak, mulai dari hari Pendidikan Nasional hingga hari Kemerdekaan Republik Indonesia. 

Kali ini, Hari Perpustakaan Nasional juga diperingati. Mulai dari yang menjadi hari libur dan ada yang sekedar hari besar namun tak diliburkan. 

Hari besar yang masuk ke dalam hari besar nasional selanjutnya adalah Hari ulang tahun Perpustakaan Nasional RI. 

Peringatan hari Perpusnas ini dirayakan setiap tanggal 17 Mei. Sejarahnya, dimulai ketika Perpustakaan Nasional RI resmi berdiri pada tanggal 17 Mei 1980 silam.

Lihat juga: Sejarah Hari Kunjung Perpustakaan 14 September

Dalam halaman ini kami akan memberikan daftar ucapan selamat Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Mei setiap tahunnya.

Sebelumnya mari kita lihat sejarah singkat HUT PERPUSNAS dan latar belakang peringatannya setiap tanggal 17 Mei, simak dibawah ini:

Sejarah Singkat Hari Perpustakaan Nasional 17 Mei

Tanggal berdirinya perpustakaan inilah yang disahkan menjadi hari perpusnas. Bahkan hari ini juga ada hubungannya dengan hari buku Nasional yang jatuh ditanggal yang sama yakni setiap tanggal 17 Mei. 

Tentu, fungsi dari diadakannya peringatan hari perpustakaan nasional RI ini adalah untuk memberikan pengingat bahwa pentingnya dunia literasi dan membaca bagi masyarakat. 

Bahkan perpustakaan juga bisa dijadikan bahan referensi atau rujukan dalam masalah studi. 

Lalu, hubungan hari Perpustakaan Nasional dan Buku Nasional adalah dunia literasi. Di mana motivasi dari Harbuknas ini yang dilatar belakangi oleh tanggal berdirinya Perpustakaan Nasional. 

Di sisi lain, ini menjadi pengingat sebagai pentingnya literasi dan budaya membaca bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Minat membaca penduduk memang kurang, bahkan seseorang yang gemar membaca di Indonesia masih kalah jauh dari negara lain. 

Lihat Juga: Sejarah Hari Perpustakaan Sekolah Internasional 18 Oktober

Hal inilah yang menjadi pedoman hari Perpusnas diperingati setiap tanggal 17 Mei. Untuk mengkampanyekan literasi, budaya membaca, dan menyebarkan pesan positif untuk mengubah pola hidup dan mencintai buku bacaan.

Maka dari itu, untuk memberikan kesan positif dan menyebarkan hal yang baik, kita bisa ikut memeriahkan peringatan hari perpusnas dengan mengunggah beberapa poster atau kata – kata yang bisa mewakili hari perpustakaan RI. 

Daftar Ucapan Selamat Hari Perpustakaan Nasional 17 Mei

Berikut ini ada beberapa daftar tulisan pilihan yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk merayakan hari perpustakaan nasional RI, di antaranya sebagai berikut ini:

1. Kalau kita membaca buku yang sama dengan yang dibaca orang lain, kita cuma bisa berpikir seperti orang lain – Haruki Murakami

2. Hal-hal yang ingin kutahu ada di dalam buku, sahabat terbaik adalah orang yang akan memberikanku sebuah buku yang belum aku ketahui – Abraham Lincoln

3. Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas – Mohammad Hatta

4. Buku itu seperti cermin: kalau yang berkaca padanya adalah seorang yang bodoh, engkau tak bisa berharap yang terpantul adalah seorang yang jenius – J.K Rowling

5. Selama toko buku ada, selama itu pustaka bisa dibentuk kembali. Kalau perlu dan memang perlu, pakaian dan makanan dikurangi – Tan Malaka

6. Ada kejahatan yang lebih kejam daripada membakar buku. Salah satunya adalah tidak membacanya – Joseph Brodsky

Baca juga: Ucapan Selamat Hari Buku Nasional 17 Mei

7. Buku harus dijadikan kapak untuk mencairkan lautan beku dalam diri kita – Franz Kafka

8. Ada lebih banyak harta di dalam buku daripada yang didapat perampok di Pulau Harta – Walt Disney

9. Ada dua motif untuk membaca buku. Pertama, kau menikmatinya dan yang lain, kau bisa menyombongkannya – Bertrand Russell

10. Saya pilih menjadi orang miskin yang tinggal di pondok penuh buku daripada menjadi raja yang tak punya hasrat untuk membaca – Thomas B. Macaulay

Lihat Juga: Gambar Ucapan HUT Perpustakaan Nasional

Harapan di Hari Perpustakaan Nasional 17 Mei

Dari daftar ucapan selamat di atas bisa kita unggah di media sosial kita untuk menyebarkan hal positif. 

Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi mencari pengetahuan dengan membaca buku atau datang ke Perpustakaan. Selain itu, menyadarkan masyarakat bahwa membaca adalah hal penting. 

Membaca menjadi salah satu jembatan ilmu. Semakin banyak buku yang dibaca, semakin banyak ilmu yang didapat. 

Lihat juga: Sejarah Hari Perpustakaan Sekolah Internasional 18 Oktober

Mari sebarkan kebaikan dan hal positif tentang hari perpustakaan nasional dan tumbuhkan gemar membaca.

Demikian ulasan menarik seputar hari Perpustakaan Nasional RI atau biasa disingkat sebagai Harpusnas dan daftar ucapan paling keren yang bisa dishare ke teman-teman sosial media. 

Semoga bisa memberikan motivasi dan inspirasi bagi kita semua untuk terus menanamkan minat belajar dan terus membaca. Salam Literasi dan Selamat HUT PERPUSNAS 2022!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Akurat dan terpercaya. Suka berbagi informasi bermanfaat seperti kalender, sejarah, dan adat-istiadat. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos atau bisa cek disini

   
   
Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional Hari Kerjasama Selatan-Selatan Hari Trikora Hari Bela Negara Hari Juang Kartika TNI-AD Hari Nusantara Hari Transmigrasi Hari Gunung Internasional Hari Migran Internasional Hari Hak Asasi Manusia