Sejarah Hari Zeni 15 April di Indonesia

Sejarah Hari Zeni 15 April di Indonesia

Beginilah Sejarah 15 April, Hari Zeni Di Indonesia Yang Wajib Diketahui!

15 April, Hari Zeni – Tahukah anda? Setiap tanggal 15 April Indonesia memperingati Hari Zeni.

Lalu, apa sebenarnya Hari Zeni tersebut? Simak berikut sejarah lengkapnya!

Sejarah Hari Zeni Di Indonesia 15 April

Perlu anda ketahui jika seluruh angkatan darat di dunia sangat membutuhkan satuan Zeni terlebih di masa modern seperti sekarang ini.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Zeni 15 April Terbaru

Satuan Zeni dikenal juga dengan istilah genie atau teknik. Pada masa Hindia Belanda, terdapat tentara kerajaan yang bernama Koninklijk Nederlands Indische Leger (KNIL) yang juga memiliki satuan kesenjataan bernama Zeni atau dikenal Wapen Der Genie.

Satuan Zeni ini termasuk ke dalam bantuan tempur yang membantu melancarkan pergerakan pasukan infanteri.

Lihat juga: Ucapan Selamat Hari Solidaritas Asia-Afrika 24 April

Dalam satuan kesenjataan tersebut terdapat pengawas dan perwira. Tugas dari satuan Zeni yaitu untuk membangun perbentengan, jembatan, landasan udara, kamp, penghancuran serta sarana perhubungan.

Namun pada tahun 1981, tugas dari satuan ini bertambah yaitu mengurus mobil sampai melatih para sopir dan montir.

Terdapat beberapa tokoh Indonesia yang telah menjalani dinas di Zeni KNIL.

Toko tersebut seperti Jenderal Tahi Bonar Simatupang selaku mantan kepala Staf Angkatan Perang, Frederich Silaban yang merupakan arsitek Masjid Istiqlal dan Mayor Jenderal Hein Victor Worang selaku Gubernur Sulawesi Utama.

Lihat Juga: Sejarah Hari Kesehatan Internasional 7 April

Satuan Zeni Pada Masa Revolusi Sampai Pasca Kemerdekaan

Di masa revolusi, anggota Zeni tidak mengalami perkembangan. Hal tersebut termasuk kavaleri, pasukan tank, artileri dan meriam yang dikuasai oleh anggota TNI.

Pada masa revolusi ini telah diketahui bahwa pembangunan TNI pasukan darat lebih berfokus pada infanteri.

Dilain sisi, sekelompok pemuda yang dipimpin oleh Ir Suratin telah sukses membuat komandan tentara Jepang untuk menyerahkan peralatan.

Akhirnya, Moehkardi, Ir Nowo dan Suratin membentuk satuan Zeni dengan nama Dinas Genie di Kementrian Pertahanan pada tanggal 15 Oktober 1945 yang kemudian diberi nama Zeni.

Di Jawa Barat, mantan Zeni KNIL Indonesia membangun sekolah Genie di Batujajar, Bandung Barat pada tanggal 12 November 1945.

Lihat juga: Sejarah Hari Kesehatan 7 April

Pembangunan tersebut dibawah pimpinan Adijat Soeparmadi. Para pelajar yang dididik menjadi kompi Zeni pada Divisi Siliwangi.

Ketika Bandung dikuasai sekutu, Indonesia masih mempunyai Sekolah Kader Genie di Kleco, Solo. Sekolah tersebut menghasilkan 58 prajurit bawahan, 10 letnan dan 38 sersan.

Sementara di Jawa Tengah, para laskar dari pegawai teknik bidang minyak, angkutan serta pekerjaan umum merupakan salah satu anggota Zeni.

Orang-orang tersebut diurus Biro Perjuangan Kementerian Pertahanan untuk Zeni. Di masa revolusi juga terdapat Tentara Genie Pelajar yang terdiri dari pemuda pelajar sekolah teknik serta sekolah menengah lainnya pada tanggal 2 Februari 1947.

Di masa revolusi persoalan koordinasi merupakan masalah yang sangat khusus di dunia lembaga militer.

Para perwira sulit menciptakan kondisi solid, namun setelah para perwira Zeni berkumpul di Yogyakarta maka Zeni disatukan dengan bagian perhubungan TNI.

Pada tanggal 26 November 1946, Inspektorat Zeni dibentuk sebagai bagian dari Direktorat Angkatan Darat di Markas Besar Tentara (MBT) di Yogyakarta.

Baca juga: Sejarah Hari KOPASSUS 16 April

Isi dari direktorat Zeni tersebut yaitu Genie Pioner, Dinas Perhubungan dan Dinas Genie. Setelah sekutu angkat kaki, instalasi Zeni Belanda diambil alih ke angkatan darat Indonesia.

Pada tanggal 3 Oktober 1950, dibentuklah sekolah Perwira Genie Angkatan Darat karena kekurangan perwira dari satuan Zeni.

Di tahun 1952, SPGi AD menerima lulusan SMA bagian B. Pada tahun 1956, SPGi AD diubah menjadi Akademi Genie Angkatan Darat (AgiAD) tepatnya pada tanggal 1 Januari.

Ejaan Genie diganti menjadi Zeni pada tahun 1958 nama sekolahnya pun diganti menjadi AziAD.

Sejak 10 Mei 1960, nama sekolah tersebut berganti menjadi Akademi Teknik Angkatan Darat (ATEKAD).

Itulah sekilas tentang sejarah 15 April, Hari Zeni yang sebaiknya anda ketahui.

Satuan ini tentu saja memiliki peranan yang sangat penting, terlebih lagi dalam naungan dunia militer Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Hari Juang Kartika TNI-AD 15 Desember

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Zeni 15 April diatas dapat menambah wawasan kita semua tentang sejarah di Indonesia.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Zeni!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari zeni adalah
  • sejarah hari zeni 15 april
  • tema peringatan hari zeni 2022
  • apa itu hari zeni
  • mengapa diperingati 15 april hari zeni
  • latar belakang peringatan hari zeni
  • selamat hari zeni 15 april 2022
  • sejarah puspendik zeni
  • batalyon zeni tempur 8

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita Hari Guru 25 November