Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret


Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret Yang Wajib Diketahui!

Tahukah anda? Setiap tanggal 17 Maret selalu diperingati sebagai Hari Perawat Nasional.

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Hari Perawat Nasional 17 Maret 2024

Walaupun menjadi momen penting khususnya untuk para perawat Indonesia, ternyata masih banyak yang belum mengetahui tentang hari tersebut.

Padahal seperti yang kita tahu bahwa jasa para perawat sangat dibutuhkan terlebih lagi di masa pandemi COVID-19.

Lalu, bagaimana sejarah 17 Maret, Hari Perawat Nasional? Simak berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret Yang Sebaiknya Diketahui!

Penetapan Hari Perawat Nasional tidak lepas dari sejarah organisasi profesi perawat yaitu Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI).

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Perawat Internasional 12 Mei 2024

Organisasi ini terbentuk pada tanggal 17 Maret 1974. Di Masa sebelum 1974, organisasi perawat Indonesia pada dasarnya sudah cukup berkembang.

Ketika zaman penjajahan, perawat Indonesia sudah ada seiring dengan adanya rumah sakit, misalnya seperti Resident Pabst di Batavia yang kini dikenal dengan Mangunkusumo Jakarta.

Pada masa itu perawat sudah memiliki perkumpulan serta menjalankan pergerakan dalam menentukan martabat profesi perawat.

Saat itu terdapat beberapa organisasi yaitu seperti Perkumpulan Kaum Verpleger Foster Indonesia (PKPI), Ikatan Perawat Indonesia (IPI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI) dan Persatuan Perawat Indonesia (PPI).

Pada tahun 1974, organisasi perawat menggelar sebuah pertemuan. Drs. Maskoed Surya Sumantri, Ojo Radiat dan HB. Barnas didaulat sebagai pemimpin sidang.

Ketiga tokoh tersebut sepakat untuk melakukan fusi organisasi serta menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang ketika itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional.

Lihat Juga: Sejarah Singkat Hari Perawat Internasional 12 Mei

Penggabungan organisasi tersebut dilakukan di Ruang Demonstration, Jalan Prof. Eyckman Nomor 34 Bandung, Jawa Barat pada tanggal 17 Maret 1974.

Setelah itu tanggal tersebut disepakati menjadi Hari Perawat Nasional. Dalam konferensi tersebut juga telah disepakati akan menggelar kongres perawat pertama pada tahun 1976.

Hari Perawat Nasional
Hari Perawat Nasional
Hari Perawat Nasional Selalu diperingati setiap tanggal 17 maret setiap tahunnya – Penetapan Hari Perawat Nasional tidak lepas dari sejarah organisasi profesi perawat yaitu Persatuan Perawat Nasional
Oleh Endik Eko

Persatuan Perawat Nasional Indonesia memiliki kode etik yang tentu saja harus dipenuhi. Berikut ini kode etik Perawat:

Perawat dan Klien:

1. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan menghargai harkat dan martabat manusia, keunikan klien, dan tidak terpengaruh oleh pertimbangan kebangsaan, kesukuan, warna kulit, umur, jenis kelamin, aliran politik, dan agama yang dianut serta kedudukan sosial.

2. Perawat dalam memberikan pelayanan keperawatan senantiasa memelihara suasana lingkungan yang menghormati nilai-nilai budaya, adat istiadat dan kelangsungan hidup beragama dari klien.

3. Tanggung jawab utama perawat adalah kepada mereka yang membutuhkan asuhan keperawatan.

Lihat Juga: Sejarah Singkat Hari Hak Konsumen Sedunia 15 Maret

4. Perawat wajib merahasiakan segala sesuatu yang diketahui sehubungan dengan tugas yang dipercayakan kepadanya kecuali jika diperlukan oleh berwenang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Perawat dan Praktik:

1. Perawat memelihara dan meningkatkan kompetensi di bidang keperawatan melalui belajar terus menerus.

2. Perawat senantiasa memelihara mutu pelayanan keperawatan yang tinggi disertai kejujuran profesional yang menerapkan pengetahuan serta keterampilan keperawatan sesuai dengan kebutuhan klien.

3. Perawat dalam membuat keputusan didasarkan pada informasi yang akurat dan mempertimbangkan kemampuan serta kualifikasi seseorang bila melakukan konsultasi, menerima delegasi dan memberikan delegasi kepada orang lain.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Bidan Internasional 5 Mei 2024

4. Perawat senantiasa menjunjung tinggi nama baik profesi keperawatan dengan selalu menunjukkan perilaku profesional.

Perawat dan Masyarakat:

1. Perawat mengemban tanggung jawab bersama masyarakat untuk memprakarsai dan mendukung berbagai kegiatan dalam memenuhi kebutuhan dan kesehatan masyarakat.

Perawat dan Teman Sejawat:

1. Perawat senantiasa memelihara hubungan baik dengan sesama perawat maupun dengan tenaga kesehatan lainnya, dan dalam memelihara keserasian suasana lingkungan kerja maupun dalam mencapai tujuan pelayanan kesehatan secara menyeluruh.

2. Perawat bertindak melindungi klien dari tenaga kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan secara tidak kompeten, tidak etis dan ilegal.

Lihat Juga: Sejarah Hari Dokter Indonesia 24 Oktober

Perawat dan Profesi:

1. Perawat mempunyai peran utama dalam menentukan standar pendidikan dan pelayanan keperawatan serta menerapkannya dalam kegiatan pelayanan dan pendidikan keperawatan.

Lihat juga: Hari Arsitektur Indonesia 18 Maret

2. Perawat berperan aktif dalam berbagai kegiatan pengembangan profesi keperawatan.

3. Perawat berpartisipasi aktif dalam upaya profesi untuk membangun dan memelihara kondisi kerja yang kondusif demi terwujudnya asuhan keperawatan yang bermutu tinggi.

Tentang Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret

Itulah sekilas tentang sejarah 17 Maret, Hari Perawat Nasional yang wajib diketahui.

Perawat memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan terutama di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Perawat menjadi garda terdepan yang siap melindungi kita dari paparan COVID-19.

Dengan adanya Hari Perawat Nasional menjadi momen penting sebagai rasa hormat dan ucapan terima kasih atas jasa-jasa para perawat di Indonesia.

Baca Juga: 50 Ucapan Selamat Hari Perawat Nasional 17 Maret 2024

Mudah-mudahan informasi singkat Sejarah Hari Perawat Nasional 17 Maret diatas dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari perawat nasional 2021-2024
  • ucapan selamat hari perawat nasional 2024
  • tema peringatan hari perawat nasional 2024
  • sejarah hari perawat nasional
  • quotes hari perawat nasional
  • logo hari perawat nasional 2024
  • hari perawat nasional tanggal 17 maret

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Perawat Nasional
Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional Hari Nelayan Nasional