Sejarah Hari Internasional Penghapusan Perbudakan 2 Desember

Sejarah Hari Internasional Penghapusan Perbudakan 2 Desember

Sejarah 2 Desember, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan

Hari Penghapusan Perbudakan – Seperti yang kita ketahui bahwa perbudakan merupakan salah satu pengendalian terhadap diri orang lain dengan cara memaksa.

Hal ini biasanya terjadi untuk keperluan buruh maupun kegiatan seksual. Orang-orang yang mendapatkan pemaksaan atau dikendalikan tersebut disebut dengan budak.

Namun tahukah anda? Ternyata setiap tanggal 2 Desember diperingati sebagai Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 2 Desember, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Sejarah Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan 2 Desember

Sejarah peringatan Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan, 2 Desember menandai tanggal pengadopsian, Eksploitasi Terhadap Orang Lain.

Serta Konvensi Penindasan Terhadap Orang-orang yang diperdagangkan dalam sebuah resolusi Majelis Umum PBB Nomor 317 tanggal 2 Desember 1949.

Konvensi tersebut merupakan tonggak perjalanan PBB untuk memberikan perlindungan untuk para korban perbudakan.

Utamanya untuk kelompok yang rentan seperti perempuan hingga anak-anak atas kejahatan perdagangan manusia.

Fokus dari hari peringatan ini yaitu sebuah gerakan pemberantasan terhadap perbudakan kontemporer seperti perdagangan manusia, kawin paksa, perekrutan paksa anak-anak yang digunakan dalam konflik bersenjata, eksploitasi seksual hingga memperkerjakan anak-anak.

Menurut data pada tahun 2016, terdapat lebih dari 40 juta orang di dunia yang menjadi korban perbudakan, termasuk sekitar 15 juta dalam pernikahan paksa dan 25 juta dalam kerja paksa.

Tidak ada informasi yang lebih detail mengenai sejarah Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan.

Namun, hari peringatan ini tentu menjadi bagian yang penting dan harus menjadi perhatian dunia terutama seiring dengan berjalannya waktu semakin banyaknya kasus perbudakan.

Bentuk Perbudakan Modern Yang Perlu Diketahui

Terdapat beberapa bentuk perbudakan modern saat ini. Bentuk perbudakan ini tentu saja merupakan hasil diskriminasi yang sudah berlangsung lama.


Umumnya bentuk perbudakan tersebut terjadi kepada kelompok yang paling rentan dalam masyarakat.

Misalnya seperti kelompok masyarakat kasta rendah, masyarakat adat serta suku minoritas.

Berikut ini beberapa bentuk perbudakan modern yang sebaiknya diketahui:

1. Kerja Paksa

Bentuk perbudakan modern yang pertama yaitu kerja paksa.

Bentuk kerja paksa ini seperti bekerja sebagai budak dalam sebuah rumah tangga, industri makanan serta garmen, prostitusi paksa, industri konstruksi hingga budak di sektor pertanian.

2. Pekerja Anak

Tahukah anda? Hampir di berbagai negara satu dari sepuluh anak menjadi pekerja anak. Mayoritas pekerja anak ini terjadi untuk eksploitasi ekonomi.

Padahal, hal tersebut tentu sangat bertentangan dengan Konvensi Hak Anak yang menyatakan bahwa eksploitasi terhadap anak ini sangat berbahaya karena akan mengganggu pendidikan, kesehatan mental, perkembangan fisik, moral dan sosial.

3. Perdagangan Manusia

Bentuk perbudakan modern yang terakhir yaitu perdagangan manusia.

Perdagangan manusia yang satu ini tentu memiliki makna perekrutan, pemindahan, ancaman, menyembunyikan orang, pengangkutan dan tujuan lain yang memiliki tujuan eksploitasi.

Selain 3 bentuk perbudakan diatas, khususnya di Indonesia dan mungkin di beberapa negara lainnya, perbudakan dengan kedok pengemis juga kian marak dilakukan.

Banyak sekali anak-anak bahkan orang tua yang dipaksa untuk mengemis oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya para korban terpaksa melakukan hal tersebut karena mendapatkan ancaman dan lainnya.

Itulah sekilas tentang sejarah 2 Desember, Hari Internasional Untuk Penghapusan Perbudakan dan sekilas tentang bentuk-bentuk perbudakan yang terjadi saat ini.

Tujuan dari peringatan tersebut tentu untuk mengkampanyekan kepada seluruh masyarakat dunia bahwa perbudakan merupakan hal yang sangat merugikan.

Dengan adanya hari peringatan ini juga diharapkan seluruh tindakan perbudakan di dunia harus dihapuskan.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Internasional Penghapusan Perbudakan di atas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • selamat hari bebas perbudakan
  • sejarah hari penghapusan perbudakan sedunia
  • contoh-contoh perbudakan modern
  • perbudakan anak
  • perbudakan kerja paksa
  • macam-macam perbudakan
  • peringatan hari bebas perbudakan 2021
  • selamat hari anti perbudakan sedunia
Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

Tinggalkan komentar

Meme Stories Hari Ini Testimonial Kalender Bali Kalender Jawa Kalender Masehi Hari Penting