Sejarah Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober

Sejarah Hari Penglihatan Sedunia 14 Oktober

Sejarah 14 Oktober, Hari Penglihatan Dunia: Jaga Mata Tetap Sehat Di Hari Penglihatan Sedunia! 

Seperti yang kita ketahui bahwa mata merupakan salah satu panca indera yang memiliki peranan sangat penting. 

Tanpa adanya mata, maka kita tidak dapat melihat indahnya dunia yang bisa kita nikmati setiap hari. 

Dikarenakan begitu berharganya organ penglihatan ini maka diperingati lah satu hari yang didedikasikan untuk mata, yaitu Hari Penglihatan Dunia yang jatuh pada tanggal 14 Oktober. 

Bagaimana Sejarah Hari Penglihatan Dunia 14 Oktober? Simak Berikut Sekilas Sejarahnya! 

Tidak seperti hari peringatan lain yang tepat ditunjuk sebagai suatu tanggal berharga misalnya Hari Kemerdekaan RI yang selalu jatuh pada tanggal 17 Agustus. 

Hari Penglihatan Dunia umumnya selalu diperingati setiap hari Kamis, minggu kedua di bulan Oktober yang dikenal dengan ”World Sight Day” yang sudah dilakukan sejak tahun 1988 oleh Lions Club International. 

Peringatan Hari Penglihatan Dunia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap kebutaan serta gangguan penglihatan yang menjadi salah satu masalah kesehatan masyarakat secara global. 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa pada tahun 1999 sampai tahun 2099 terdapat 285 juta orang penduduk bumi ini memiliki masalah penglihatan. 

Dari sekitar 285 juta orang ini, hampir 39 juta mengalami kebutaan dan 246 juta mengalami masalah penglihatan. 

Ironisnya, 90% dari para penderita gangguan penglihatan tersebut hidup di negara berkembang dengan pendapatan yang rendah. 

Untuk mengatasi hal tersebut maka WHO bersama dengan International Agency for Prevention of Blindness (IAPB) menyusun strategi penanggulangan gangguan penglihatan serta kebutaan yang dikenal dengan program Vision 2020 yang bernama “Right to Sight”


Salah satu tujuan dari program tersebut yaitu untuk memenuhi hak bagi setiap warga negara untuk memperoleh penglihatan yang optimal. 

Dengan gerakan inisiatif ini pihak terlibat sangat berupaya untuk mengeliminasi berbagai penyebab penyakit kebutaan serta gangguan penglihatan yang dialami oleh masyarakat dunia. 

Tentu saja berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah Indonesia khususnya untuk menurunkan angka kebutaan tersebut, yaitu seperti diadakannya program Vision 2020 pada tanggal 15 Februari Tahun 2000 oleh wakil presiden RI yang kala itu dijabat oleh Megawati Soekarnoputri.

Seperti yang kita tahu bahwa mata yang sehat merupakan dambaan semua orang bahkan karena saking berharganya pada tahun 2017, Indonesia mengusung tema “Mata Sehat, Investasi Bangsa” yang mencerminkan begitu pentingnya kesehatan mata. 

Namun mirisnya, kesehatan mata justru kini semakin menurun. Saat ini banyak sekali anak-anak yang masih dibawah umur yang mengalami masalah penglihatan misalnya seperti minus. 

Hal tersebut tentu saja diakibatkan oleh penggunaan gadget yang berlebihan. Alhasil, banyak sekali usia anak-anak yang sudah menggunakan kacamata. 

Selain anak-anak, kini banyak sekali orang-orang yang memasuki usia remaja bahkan dewasa yang telah terserang gangguan penglihatan seperti katarak yang jika dibiarkan akan menyebabkan kebutaan. 

Di Indonesia sendiri kasus katarak memang bisa dikatakan paling tinggi dibandingkan dengan negara-negara lain. 

Mata sehat memanglah sangat penting, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Oleh karena itu maka penting sekali untuk selalu menjaga kesehatan mata. 

Melalui Hari Penglihatan Sedunia ini diharapkan semua masyarakat dunia mengetahui betapa pentingnya kesehatan mata dan sebagai salah satu hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah. 

Itulah sekilas tentang sejarah 14 Oktober, Hari Penglihatan Sedunia yang sebaiknya kita ketahui. 

Untuk memiliki mata yang sehat, terdapat beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan yakni salah satunya yaitu mengkonsumsi makanan yang bergizi. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Penglihatan Sedunia diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Penglihatan Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari penglihatan sedunia 2021
  • hari penglihatan sedunia tanggal 14 oktober
  • tanggal berapa penglihatan hari sedunia
  • sejarah hari penglihatan sedunia
  • tema hari penglihatan sedunia 2020 dan 2021
  • selamat hari penglihatan sedunia
  • hari penglihatan sedunia adalah
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com