Sejarah Hari Vegetarian Sedunia 1 Oktober

Sejarah Hari Vegetarian Sedunia 1 Oktober

Inilah Sejarah 1 Oktober, Hari Vegetarian Sedunia Yang Tidak Banyak Diketahui! 

Tidak hanya Hari Kesaktian Pancasila Saja, tanggal 1 Oktober juga selalu diperingati sebagai Hari Vegetarian Sedunia.

Hari peringatan tersebut ditetapkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat sosial, kesehatan, serta lingkungan dari makanan tanpa daging.

Walaupun merupakan hari yang cukup penting khususnya bagi para vegetarian, namun banyak yang belum mengetahui sejarah dari penetapan hari tersebut.

Nah, agar Anda mengetahuinya, simak berikut sejarah 1 Oktober Hari Vegetarian Sedunia yang tidak banyak diketahui!

Berikut Sejarah Hari Vegetarian Sedunia 1 Oktober

Hari Vegetarian Sedunia pertama kali dicetuskan oleh masyarakat vegetarian Amerika Utara pada tahun 1977.

Dimana hari tersebut mendapatkan dukungan dari Persatuan Vegetarian Internasional setahun setelah dicetuskan yaitu pada tahun 1978.

Menurut American Dietetic Association, pola makan sayuran yang direncanakan dengan tepat, misalnya seperti diet vegetarian total merupakan hal yang sangat menyehatkan, cukup bergizi, serta dapat memberikan manfaat untuk kesehatan serta pencegahan untuk penyakit tertentu.

Istilah vegetarian pertama kali diperkenalkan oleh Joseph Brotherton di Inggris pada tahun 1847. Kemudian digunakan oleh Komunitas The Vegetarian Society.

Banyak sekali yang mengira jika kata vegetarian sama dengan kata vegan. Padahal hal tersebut jelas salah, vegetarian dan vegan merupakan dua hal yang berbeda.

Vegetarian merupakan gaya hidup yang dijalani oleh individu atau seseorang yang tidak mengkonsumsi protein hewani.


Protein hewani tersebut misalnya seperti daging sapi, daging ayam, dan protein laut seperti ikan, udang dan lainnya. 

Biasanya protein yang dikonsumsi oleh vegetarian yaitu protein nabati seperti kacang-kacangan, sayuran, buah, jamur dan biji-bijian.

Vegetarian terdiri dari beberapa tipe dan tidak semua tipe vegetarian tidak mengkonsumsi protein hewani sama sekali.

Terdapat beberapa tipe vegetarian yang masih mengkonsumsi turunan dari protein misalnya seperti susu, keju dan telur. 

Berikut tipe-tipe vegetarian yang sebaiknya diketahui: 

  1. Lacto Ovo Vegetarian yang merupakan tipe vegetarian yang menghindari untuk mengkonsumsi semua daging hewan, namun masih mengkonsumsi produk turunan hewani seperti susu, keju dan telur. 
  2. Lacto Vegetarian, tipe vegetarian yang menghindari semua daging hewan dan telur namun masih bisa mengkonsumsi susu, keju dan yoghurt. 
  3. Ovo Vegetarian, tipe vegetarian yang menghindari untuk mengkonsumsi semua daging hewan dan produk turunan, namun masih bisa mengkonsumsi telur. 
  4. Demi Vegetarian merupakan tipe vegetarian yang menghindari konsumsi daging mamalia serta unggas, namun masih mengkonsumsi daging dari hewan laut, susu, dan produk turunan lainnya. 
  5. Semi Vegetarian adalah tipe vegetarian yang masih dalam proses membatasi untuk mengkonsumsi protein hewan, namun tipe ini masih belum sepenuhnya menghindari konsumsi protein hewani.
Sementara vegan umumnya menganut gaya hidup yang berusaha untuk menghindari segala bentuk eksploitasi terhadap hewan seperti membunuh, mengolah, serta memakannya. 

Oleh sebab itu maka pola makan vegan tidak hanya menjauhi daging hewan saja, melainkan produk turunan hewani seperti susu, telur, dan lainnya. 

Sama halnya seperti vegetarian, vegan juga terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu: 

Tipe-Tipe Vegan

  1. Vegan Etis, merupakan tipe vegan dengan populasi paling banyak di dunia. Tipe ini selalu mengedepankan rasa cinta dan etika terhadap populasi hewan serta lingkungan. Vegan etis sama sekali tidak mengkonsumsi seluruh produk hewani termasuk dengan turunannya. 
  2. Vegan berbasis tumbuhan, tipe yang masih mengkonsumsi produk nabati serta apapun yang tumbuh dari tanah. 
  3. Vegan mentah, merupakan tipe yang tidak memakan makanan apapun yang dimasak di atas suhu 46 derajat celcius. Hal ini karena mereka percaya bahwa makanan yang dimasak diatas suhu tersebut berpotensi kehilangan nutrisi serta kandungan penting yang berharga. 
Nah itulah sekilas tentang sejarah 1 Oktober, Hari Vegetarian Sedunia. 

Dari ulasan diatas tentu saja sedikit banyaknya Anda sudah tahu bagaimana sejarah dari hari penting ini. 

Mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Vegetarian Sedunia!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari vegetarian sedunia
  • tema hari vegetarian 2021
  • peringatan hari vegetarian sedunia
  • cara memperingati hari vegetarian
  • sejarah hari vegetarian di dunia
  • kapan hari vegetarian
  • menu vegetarian
  • tipe-tipe vegetarian
  • perbedaan vegetarian vs vegan
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com