Sejarah Hari Demokrasi Internasional 15 September

Sejarah Hari Demokrasi Internasional 15 September

Sejarah 15 September, Hari Demokrasi Internasional

Tanggal 15 September seringkali diperingati sebagai Hari Demokrasi Internasional oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Hari peringatan tersebut bertujuan untuk menggalakkan serta menegakkan prinsip-prinsip demokrasi dengan mengundang seluruh negara dan organisasi untuk memperingati hari tersebut dengan cara yang tepat. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah Hari Demokrasi Internasional ini? Simak ulasannya berikut ini!

Berikut Sejarah 15 September, Hari Demokrasi Internasional Yang Tidak Banyak Diketahui!

Pada tahun 2007, Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa memutuskan untuk memperingati tanggal 15 September sebagai Hari Demokrasi Internasional. Hari peringatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan serta menegakkan prinsi demokrasi dan mengajak semua negara anggota PBB untuk memperingati hari tersebut dengan cara yang tepat. 

Secara umum, demokrasi merupakan sebuah sistem pemerintahan dimana hukum, kebijakan, kepemimpinan, serta usaha besar dari suatu negara atau pemerintah secara langsung maupun tidak langsung yang diputuskan oleh rakyat. 

Dengan kata lain bisa disimpulkan bahwa demokrasi merupakan sebuah pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, untuk rakyat dan oleh rakyat. Dalam negara demokrasi setiap negara diperbolehkan untuk berpartisipasi baik itu secara langsung maupun perwakilan untuk perumusan, pengembangan serta pembuatan hukum. 

Pada bulan September 1997, Inter Parliamentary Union (IPU) mengadopsi Deklarasi Universal tentang Demokrasi. Deklarasi tersebut menegaskan prinsip demokrasi, unsur demokrasi dan pelaksanaan pemerintah demokratis serta ruang lingkup Internasional Demokrasi. 

Pada tahun 1998, Konferensi Internasional tentang Demokrasi baru dan dipulihkan berdasarkan inisiatif dari Presiden Corazon C. Aquino dari Filipina setelah apa yang disebut dengan “Revolusi Kekuatan Rakyat” yang damai menggulingkan kediktatoran Ferdinand Marcos selama 20 tahun. 

Awal mulanya hal tersebut merupakan sebuah forum antar pemerintah ICNRD ini mulai berkembang menjadi struktur triparit dengan partisipasi pemerintah, parlemen, serta masyarakat sipil. Setelah itu konferensi ICNRD ke enam yang berlangsung di Doha, Qatar pada tahun 2006 memperkuat sifat tripartit dari proses tersebut. Hal tersebut kemudian diakhiri dengan adanya deklarasi serta Rencana Aksi yang menegaskan kembali prinsip serta nilai dasar Demokrasi. 


Menindaklanjuti hasil dari ICNRD keenam, dewan penasehat yang dibentuk oleh ketua proses Qatar yang memutuskan untuk mempromosikan Hari Demokrasi Internasional. Qatar lalu memimpin dalam penyusunan teks resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa serta mengadakan konsultasi dengan negara anggota PBB. 

Penetapan 15 September Sebagai Hari Demokrasi Internasional

Atas usul IPU, maka pada tanggal 15 September dipilih sebagai hari dimana masyarakat Internasional merayakan Hari Demokrasi Internasional setiap tahunnya. Perayaan tersebut lalu dirayakan setiap tahunnya dimana perayaan pertama yaitu pada tahun 2008. IPU mengadakan acara khusus di House of Parliaments, Jenewa. Parlemen Nasional diundang untuk menyelenggarakan kegiatan yang terkait dengan demokrasi dimana mereka sendiri pada saat itu menyoroti tentang peran parlemen sebagai landasan demokrasi. 

Sejak perayaan pertama pada tahun 2008, Hari Demokrasi Internasional selalu diperingati setiap tahunnya. Hingga pada tahun 2020, peringatan Hari Demokrasi Internasional ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana hampir semua negara anggota PBB khususnya, menerapkan langkah-langkah untuk memerangi pandemi COVID-19. Selain itu, peringatan tersebut juga mengusung sebuah tema dimana pentingnya untuk negara-negara menegakkan supremasi hukum, melindungi serta menghormati standar Internasional dan prinsip dasar legalitas. 

Perayaan Hari Demokrasi Internasional di Tengah Pandemic Covid-19

Bagaimana dengan tahun sekarang? Sepertinya peringatan Hari Demokrasi Internasional ini masih tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Itulah sekilas tentang 15 September, Hari Demokrasi Internasional. Dari ulasan diatas tentu sedikit banyaknya Anda sudah mengetahui bagaimana sejarah demokrasi. 

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah Hari Demokrasi Internasional, mudah-mudahan dengan informasi yang kami sampaikan di atas dapat menambah wawasan sekaligus menjadi referensi untuk kita semua. Selamat Hari Demokrasi Internasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari demokrasi internasional 2021
  • demokrasi dunia internasional
  • demokrasi menurut konferensi internasional
  • caption hari demokrasi nasional
  • terciptanya demokrasi internasional
  • sejarah hari demokrasi internasional
  • tema hari demokrasi internasiona 2021
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com