Sejarah Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional 13 Agustus


Sejarah Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional 13 Agustus

Sejarah 13 Agustus Hari Pengguna Tangan Kiri (Kidal) Internasional Dan Fakta Menariknya!

Tanggal 13 Agustus merupakan moment spesial bagi para pengguna tangan kiri di dunia. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja karena setiap tanggal 13 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Tangan Kiri Internasional atau dikenal juga sebagai Hari Kidal Sedunia.

Sejarah Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional 13 Agustus

Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional selalu diperingati oleh para pengguna tangan kiri. Perayaan satu ini awalnya dimulai sejak tahun 1976.

Sesuai dengan namanya, hari peringatan tersebut digunakan sebagai bentuk kampanye akan ketidaknyamanan yang dialami oleh orang kidal dalam dunia yang didominasi oleh orang dengan dominan tangan kanan.

Di tanggal 13 Agustus 1976, semua orang memperingati keunikan serta perbedaan yang dimiliki oleh mereka yang mendominasi 7 hingga 10% populasi dunia.

Ribuan orang kidal yang ada di dunia ini harus beradaptasi menggunakan peralatan serta objek yang dikhususkan umumnya untuk orang yang dominan tangan kanan.

Hari Kidal Internasional ini dideklarasikan oleh Dean R. Campbell yang merupakan pendiri Left-Handers International, Inc.

Tanggal 13 Agustus ditetapkan untuk merayakan keunikan dari orang-orang yang menggunakan tangan kiri dalam kegiatan sehari-harinya.

Peringatan tersebut menjadi hal yang lebih serius dimana bukan hanya mengkampanyekan kesadaran akan kebutuhan khusus bagi orang pengguna tangan kiri saja.

Melainkan juga mengingatkan semua orang bahwa orang kidal kemungkinan bisa mengalami skizofrenia karena kreativitas serta imajinasi yang berlebihan.

Fakta Menarik Tentang Orang Pengguna Tangan Kiri (Kidal)

Setelah Anda mengetahui tentang sejarah 13 Agustus, Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional.

Tahukah Anda? Bahwa terdapat fakta menarik tentang orang yang dalam kesehariannya lebih dominan menggunakan tangan kiri. Apa saja fakta menariknya? Berikut beberapa diantaranya!
  • Cenderung Lebih Kreatif 
Mereka yang menggunakan tangan kiri dalam kesehariannya cenderung lebih baik dalam hal multi-tasking. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang bertangan kidal memiliki IQ diatas 140.

Beberapa orang yang bertangan kidal yang terkenal yaitu seperti Alberts Einstein, Charles Darwin, Paul McCartney, Isaac Newton, Kurt Cobain, dan Jilmi Hendrix.
  • 10% Dari Populasi Dunia 
Orang yang menggunakan tangan kiri atau kidal hanya ada sekitar 10% dari seluruh populasi di dunia yang rata-rata adalah laki-laki.

  • Lebih Mudah Merasa Takut 
Dalam sebuah eksperimen film horor, orang yang menggunakan tangan kiri yang menonton film berdurasi delapan menit menunjukkan lebih banyak rasa takut.

Dari eksperimen tersebut, para ilmuwan percaya bahwa hal ini mungkin saja karena otak kanan lebih dominan pada orang kidal yang lebih terlihat dalam respon rasa takut.
  • Lima Dari Tujuh Presiden Amerika Menulis Dengan Tangan Kiri
Fakta menarik yang terakhir terungkap fakta bahwa lima dari tujuh presiden Amerika Serikat menulis dengan tangan kiri.

Mereka adalah Gerald Ford, Ronald Reagan, George H.W. Bush, Bill Clinton, dan Barack Obama. Selain itu, orang yang kidal juga dianggap sebagai orang yang pintar.

Nah itulah beberapa fakta menarik tentang orang yang menggunakan tangan kiri (kidal) dalam kesehariannya.

Kidal tentu bukanlah sebuah aib melainkan keunikan yang diberikan oleh Sang Pecinta. Jadi, jika masih ada yang suka membully orang kidal, sebaiknya STOP mulai dari sekarang.

Demikian sekilas tentang sejarah 13 Agustus, Hari Pengguna Tangan Kiri Internasional dan fakta menariknya.

Dari ulasan diatas sedikit banyaknya Anda pasti sudah tahu mengenai sejarah serta fakta menarik tentang orang kidal. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari kidal sedunia 2021
  • tema hari peringatan tangan kidal sedunia 2021
  • sejarah hari tangan kidal internasional
  • selamat hari tangan kidal sedunia
  • tarikh hari tangan kidal sedunia
  • ucapan selamat hari tangan kidal sedunia
  • sejarah lengkap hari tangan kidal sedunia

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni