Daftar Istilah di Dalam Kalender Bali Yang Perlu Kamu Ketahui

Daftar Istilah di Dalam Kalender Bali Yang Perlu Kamu Ketahui

Istilah-Istilah Kalender Bali dan Penjelasannya

Istilah-istilah di Dalam Kalender Bali - Sebelum langsung ke topik pembahasan mari kita ketahui dulu apa yang dimaksud kalender bali itu sendiri. Kalender bali adalah sistem penanggalan yang dipakai oleh penduduk pulau bali yang menganut agama hindu. 

Kalender bali berbeda dengan jenis penanggalan pada umumnya seperti kalender masehi misalnya. Mungkin bagi Kamu yang sebelumnya belum pernah melihat penanggalan ini akan kebingungan dan tidak mengerti apa maksud dari tulisan-tulisan yang terdapat di dalamnya.

Terdapat beberapa istilah yang mungkin cukup asing ditelinga. Ya memang itu semua hal yang wajar, karena yang kita pakai sehari - hari kalender masehi. Namun Kamu tak perlu khawatir karna kami akan menjelaskan beberapa istilah dalam kalender bali pada tulisan kali ini. Jadi jangan beranjak kemana-mana dulu yuk terus baca sampai selesai.

Sejarah Kalender Saka Bali

Awal mula adanya kalender bali pada masa itu terjadi di abad ke 4 masehi yang mana saat itu agama hindu berkembang pesat di pulau jawa. Sebenarnya pembawa penanggalan tersebut bukanlah warga lokal melainkan pendeta bangsa yang mempunyai gelar aji saka dari Gujarat India bergelar Kshatrapa, yang pertama kali disebarkan di jawa tengah (Rembang) pada sekitar tahun 450an masehi.

Pada zaman kerajaan majapahit  kalender saka bali digunakan di berbagai daerah pulau jawa dan bali hingga sampai abad ke 17. Puncaknya baru dihapus dan digantikan dengan kalender jawa yang mengikuti hijriah oleh sultan kerajaan mataram yaitu sultan sultan Agung Hanyokrokusuma seperti yang telah di jelaskan pada postingan sebelumnya.

Daftar Istilah-Istilah Kalender Bali dan Penjelasannya

Berikut kumpulan istilah dalam kalender bali yang perlu Kamu ketahui :
  • Istilah Wuku
Wuku adalah termasuk dari siklus penanggalan bali yang berjumlah 7 hari perpekan (1 minggu), perhitungan wuku biasanya sering dilakukan untuk meramalkan hari baik atau buruk menurut kepercayaan orang bali. Terciptanya wuku berasal dari penjumlahan antara sistem pasaran atau pancawara dan saptawara menjadi satu. 
  • Istilah Ala Ayuning Dewasa
Ala ayuning dewasa adalah salah satu istilah yang mungkin pernah kita dengar namun belum mengerti apa maksudnya. Ala ayuning adalah sebutan hari yang diyakini oleh orang bali dapat meramalkan mengenai baik atau tidaknya jika melaksanakan kegiatan sakral di hari tersebut.

  • Istilah Dewasa Ayu
Istilah hari yang di percaya sebagai hari yang baik untuk melaksanakan sesuatu yang sakral.
  • Istilah Dewasa Ala Ayu
Hari yang dipercaya sebagai hari yang baik namun ada kemungkinan juga tidak baik untuk melakukan kegiatan tertentu.
  • Istilah Dewasa Ala
Hari yang dipercaya sebagai hari kurang baik untuk memulai sesuatu kegiatan.
  • Istilah Yadnya atau Yajna
Adalah hari penting bagi penganut agam hindu bali, pada hari itu biasanya orang akan melakukan pemujaan. Jika di agama islam seperti hari raya idul fitri dan idul adha.
  • Istilah Saptawara
Nama sebuah pekan yang terdapat di kalender bali. Saptawara berjumlah 7 hari yakni Raditya - Soma - Anggara - Budha - Wrespati - Sukra - Saniscara.
  • Istilah Raditya
Nama hari dalam 1 saptawara yang jika dalam kalender masehi adalah hari minggu.
  • Istilah Soma
Soma termasuk nama hari yang terdapat dalam saptawara, jika di dalam kalender masehi disebut hari senin. Untuk hari hari berikutnya inilah urutannya Raditya, Soma, Anggara , Budha, Wrespati,  Sukra, dan Saniscara.

Bagaimana menurutmu, cukup asing di telinga kan? Semoga dengan ditulisnya artikel mengenai istilah-istilah kalender bali dan penjelasannya di atas dapat menambah wawasan dan menjadi referensi untuk kedepannya. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • kalender bali jodoh
  • istilah dalam kalender bali
  • istilah bali kuno
  • istilah gotong royong dibali
  • jelaskan istilah bali
  • kalender bali detail 
  • kalender jodoh bali
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com