Sejarah Singkat Hari Perawat Internasional 12 Mei

Sejarah Singkat Hari Perawat Internasional 12 Mei

Inilah Sejarah Dibalik 12 Mei, Hari Perawat Internasional

Seperti yang kita tahu profesi perawat belakangan ini memang telah menjadi sorotan. Hal tersebut tentu dikarenakan dedikasinya bersama tenaga medis untuk menjadi garda terdepan melawan COVID-19 yang masih belum berakhir. Namun, tahukah Anda? Setiap tanggal 12 Mei selalu diperingati sebagai Hari Perawat Internasional

Bagaimana sejarah dibalik hari tersebut? Simak ulasannya berikut ini!

Sejarah Dibalik 12 Mei, Hari Perawat Internasional Yang Sebaiknya Diketahui!

Sejarah Hari Perawat Internasional dimulai pada tahun 1854 saat Florence Nightingale membawa sebanyak 38 perawat yang secara sukarela merawat para tentara selama perang Krimea. Florence Nightingale merupakan orang pertama yang mengatur perawat serta memberikan peran dan tanggung jawab standar untuk profesi tersebut.  

Pada saat itu, Florence Nightingale bertugas sebagai perawat di rumah sakit Barack di Scutari. Beliau memimpin sekelompok perawat yang merawat tentara Inggris. Pada saat bertugas, betapa terkejutnya Florence saat melihat fasilitas rumah sakit yang begitu minim. Akhirnya melihat kondisi tersebut, beliau memberlakukan standar perawatan yang ketat serta memastikan bahwa bangsal tetap dalam keadaan bersih dan persedian obat tercukupi. 

Florence juga berperan sebagai ahli statistik yang mengumpulkan data tentang pasien yang berhasil dan tidak berhasil dalam perawatannya. Florence dan juga perawat lainnya senantiasa selalu meningkatkan kebersihan, gizi serta sanitasi. Mereka memberikan perawatan dan kenyamanan yang pastinya pada masa itu, efek dari perawatan terbaik tersebut  memberikan dampak besar terhadap kelangsungan hidup para prajurit. 


Pengalaman di Scutari tersebut membawanya pada kampanye untuk reformasi dalam dunia perawatan. Hingga pada tahun 1860, dengan penuh tekad beliau membuka Nightingale School Of Nursing di St. Thomas ‘Hospital di London”.  Pendirian sekolah keperawatan tersebut bisa dikatakan berhasil dimana keberhasilannya tersebut mendorong beliau untuk membentuk sekolah pelatihan yang serupa di tempat lain. 

Dari waktu ke waktu, para perawat telah meninggalkan kenyamanan, keamanan dan kehangatan rumah mereka untuk merawat para korban perang serta wabah. Dikarenakan adanya dedikasi tersebut banyak perawat yang meninggal saat merawat orang sakit. 

Menyoroti begitu pentingnya peran perawat dalam dunia kesehatan serta sebagai bentuk penghormatan atas jasanya. Pada tahun 1953, Dorothy Sutherland yang merupakan seorang pejabat di Departemen Kesehatan Pendidikan serta Kesejahteraan AS mengusulkan agar presiden Dwight D Eisenhower memproklamasi “Hari Perawat”. Namun sayang, permintaan tersebut ditolak.

Walaupun adanya penolakan, Dewan Perawat Internasional sendiri telah merayakan Hari Perawat sejak tahun 1965. Tepat pada Januari 1974, akhirnya ditetapkan 12 Mei sebagai Hari Perawat Internasional. Hari tersebut diambil bertepatan dengan hari kelahiran Florence Nightingali yang merupakan pendiri keperawatan modern. Florence Nightingale menjadi tokoh penting dalam keperawatan karena jasanya yang telah membantu para korban perang Krimea. 

Sejak saat  penetapan 12 Mei sebagai Hari Perawat Internasional, setiap negara termasuk Indonesia selalu memperingati hari tersebut dengan berbagai tema. Misalnya saja pada tahun 2020 kemarin dimana tema yang diambil yaitu “Nursing The World To Health”. Menurut WHO perawat berada di garis terdepan dalam memerangi epidemi serta pandemi global. Mereka selalu memberikan perawatan yang berkualitas tinggi dan terhormat. 

Pandemi COVID-19 ini merupakan salah satu pengingat betapa pentingnya peran perawat. Tanpa adanya perawat serta petugas medis maka peperangan melawan wabah ini tidak akan mencapai tujuan. Jadi, peringatan Hari Perawat Internasional yang selalu diperingati setiap tanggal 12 Mei menjadi hal penting yang harus diperingati. Hal ini tentu saja untuk menghormati jasa para perawat di seluruh dunia. 


Nah itulah sejarah singkat mengenai hari perawat internasional yang selalu di peringati setiap tanggal 12 Mei. Dengan adanya artikel ini diharapkan kita semua menjadi lebih tahu tentang sejarah panjang perawat dan jada pentingnya dari berbagai belahan dunia.

Semoga dengan informasi Sejarah Singkat Hari Perawat Internasional 12 Mei di atas dapat menjadi referensi untuk kita semua, serta dapat menambah wawasan kita terhadap betapa pentingnya perawat dalam dunia kesehatan. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari perawat sedunia 2021
  • hari perawat nasional 2021 tema
  • hari perawat nasional adalah
  • hari perawat nasional indonesia
  • hari perawat nasional 17 maret
  • sejarah hari perawat sedunia
  • kapan hari perawat internasional
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com