Sejarah Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Sejarah Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Sejarah Di Balik 5 Juni, Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 juni merupakan hari bersejarah yang wajib untuk diperhatikan oleh dunia. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sebagai wujud untuk meningkatkan kesadaran global akan kebutuhan untuk mengambil suatu tindakan sebagai pelindungan alam serta planet bumi. Dibalik ditetapkannya hari tersebut, tentu saja terdapat sejarah di dalamnya. 
Berikut sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang ditetapkan setiap tanggal 5 juni. 

Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni

Permasalahan tentang lingkungan hidup memang telah menjadi perhatian dan menjadi suatu kekhawatiran masyarakat di dunia. Hari Lingkungan Hidup Sedunia pertama kali dicetuskan pada tahun 1972. Masalah lingkungan hidup telah menjadi perhatian yang cukup serius berbagai negara dunia pada saat itu mengingat berbagai pemasalahan telah terjadi seperti kabut asap yang menyelimuti Eropa hingga penyakit Minamata yang menjalar di Jepang. 

Kedua persoalan tersebut terjadi dikarenakan adanya pembangunan pada tahun 1960-an, dimana dari pembangunan tersebut terjadi pembakaran serta penebangan hutan dimana-mana serta adanya limbah industri yang tidak dikelola dengan baik. Kekhawatiran negara di dunia mencapai puncaknya pada tanggal 5 Juni 1972. 


Pada saat itu Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengadakan konferensi mengenai Lingkungan Manusia dimana konferensi tersebut berlangsung di Stockholm, Swedia. Dalam konferensi tersebut ditetapkan 5 Juni sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan dari konferensi tersebut disepakati beberapa hal sebagai berikut: 
  • Deklarasi Stockholm yang mana dalam deklarasi tersebut berisi prinsip-prinsip yang digunakan dalam mengelola lingkungan hidup di masa depan melalui adanya penerapan hukum lingkungan Internasional. 
  • Rencana Aksi, yang meliputi perencanaan dalam pemukiman, pengendalian pencermaran lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, pendidikan dan informasi tentang lingkungan hidup. 
  • Segi Kelembagaan, dimana dibentuknya United Nations Environment Program (UNEP) yang merupakan badan PBB yang menangani berbagai program lingkungan serta berpusat di Nairobi, Kenya, Afrika. 

Perkembangan Perayaan Sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia 5 Juni 

Hari Lingkungan Hidup Sedunia tentu memiliki makna yang begitu dalam mengenai kesadaran setiap individu dalam mengambil tindakan demi kelangsungan bumi. Hari bersejarah ini selalu diperingati oleh berbagai negara di dunia seperti Spanyol, Selandia Baru, Kenya, Amerika Serikat, Polandia bahkan Indonesia. Dalam memperingati hari tersebut berbagai negara pastinya akan mengadakan sebuah acara seperti parade, penanaman pohon, kampanye kebersihan, hingga konser amal. 

Di Tahun 2020 Indonesia merayakan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tema “Time For Nature”. Tema tersebut bertujuan untuk mengajak seluruh masyarakat agar menyadari bahwa minuman yang di minum, makanan yang di makan, ruang hidup di bumi, yang ditanggali adalah sebaik-baiknya manfaat dari alam sehingga kita harus menjaga kelestariannya. Nah bagaimana dengan perayaan tahun sekarang? Tentu Anda tidak sabar bukan? Maka pastikan Anda tidak boleh ketinggalan perayaannya walaupun mungkin kondisinya masih sama yaitu di masa Pandemi COVID-19. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni oleh berbagai negara di dunia. Hari peringatan tersebut memiliki tujuan untuk semakin meningkatkan kesadaran masyarakat tentang kondisi lingkungan sehingga diharapkan masyarakat bisa menjaga kelestariannya. 

Alam dan manusia menjadi satu kesatuan yang saling berhubungan, dimana kondisi lingkungan bergantung terhadap cara manusia dalam mengelola. Begitupun dengan manusia yang tergantung dengan kondisi alam. Dari simbiosis ini tentu sangat wajar jika manusia sebagai mahluk hidup yang berakal patut menjaga alam sekitar. 

Mudah-mudahan dengan informasi Hari Lingkungan Hidup Sedunia dapat membuka wawasan kita dan bisa menjadi rerferensi mengenai pentingnya untuk selalu menjaga kebersihan  dengan tidak membuat atau memicu polusi secara langsung maupun tidak. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari lingkungan hidup diperingati setiap tanggal 5 juni
  • hari lingkungan hidup indonesia 10 januari
  • tema hari lingkungan hidup sedunia 2021
  • kapan hari lingkungan hidup sedunia
  • tempa hari lingkungan hidup indonesia 2021
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com