Sejarah Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 5 Mei

Sejarah Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 5 Mei

Inilah Sejarah 5 Mei Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 

Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) selalu diperingati setiap tanggal 5 Mei dalam setiap tahunnya. Kehadiran Lembaga Sosial Desa tersebut tentu saja bertujuan agar masyarakat desa turut andil dalam pembangunan serta pengelolaan sehingga bisa berjalan optimal. Nah, dibalik suskesnya LSD saat ini, tentu terdapat sejarah didalamnya. Bagaimana sejarahnya? Berikut ulasannya!

Sejarah 5 Mei, Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) 

Terbentuknya Lembaga Sosial Desa ini bermula dari kebutuhan masyarakat akan keteraturan hidup bersama dan gotong royong. Sebagaimana telah disebutkan oleh Soejono Soekanto yang menyebutkan bahwa lembaga sosial akan tumbuh karena adanya manusia dalam hidupnya yang membutuhkan keteraturan. 

Untuk mendapatkan keteraturan hidup bersama ini dirumuskan melalui norma-norma dalam masyarakat sebagai panduan tingkah laku. Mula-mula norma tersebut terbentuk secara spontan namun seiring berjalannya waktu norma tersebut dibuat secara sadar. Sejumlah norma yang telah dibentuk secara sadar tersebut kemudian di sebut sebagai lembaga sosial. 

Namun sayang, tidak semua norma yang ada dalam masyarakat tersebut merupakan lembaga sosial. Hal ini dikarenakan untuk menjadi sebuah lembaga sosial, sekumpulan norma harus melewati proses cukup panjang. 

Secara historial, desa merupakan cikal bakal terbentuknya politik serta pemerintahan yang jauh sebelum negara Indonesia terbentuk. Sejarah perkembangan desa-desa di Indonesia telah mengalami perjalanan yang cukup panjang bahkan lebih tua dari usia Republik Indonesia. Sebelum masa penjajahan Belanda, di berbagai wilayah tertentu telah dikenal kelompok masyarakat yang memiliki tujuan sama.


Pada saat itu, desa merupakan satuan masyarakat kecil misalnya seperti sebuah rumah tangga yang dipimpin oleh anggota keluarga yang paling dituakan serta dihormati. Pola hubungan serta tingkat komunikasi pada saat itu masih tergolong rendah terutama di wilayah pedalaman. 

Seiring berjalannya desa tidak lagi dipimpin berdasarkan derajat seseorang melainkan dipimpin oleh seorang kepala desa yang ditunjuk dari hasil pemilihan masyarakat. Desa juga berubah menjadi sebuah organisasi yang menampung aspirasi masyarakat yang akan disampaikan pada pemerintah atas secara kontinu. 

Kepala desa bukanlah pegawai negeri sipil dan jabatannya sendiri yaitu enam tahun. Setelah masa jabatannya selesai, kepala desa tersebut bisa menyalonkan kembali menjadi calon kepala desa. Dalam satu desa juga terdapat beberapa lembaga yang mana salah satunya yaitu Lembaga Sosial Desa yang bisa terlaksana dengan adanya Badan Permusyawaratan Desa (BPD). 

BPD dan Lembaga Sosial Desa (LSD) memiliki peranan yang cukup penting yaitu menampung, menetapkan peraturan desa serta menyalurkan aspirasi masyarakat. Dikarenakan peranannya sangatlah penting maka keberadaan Lembaga Sosial Desa (LSD) diakui dan pantas untuk diperingati hari pembentukkannya. 

Penetapan 5 Mei Sebagai Hari Lembaga Sosial Desa (LSD)

Hari Lembaga Desa ditetapkan dengan aturan dari Pemerintah Daerah. Nah, pemerintah daerah ini merupakan pemerintahan yang mewakili pemerintah pusat dari suatu wilayah tertentu. Penetapan ini juga sesuai dengan pasal 18 serta pasal 18B UUD 1945 dimana Hari Lembaga Sosial Desa atau LSD selalu diperingati setiap tanggal 5 Mei. 

Tujuan memperingati Hari Lembaga Sosial Desa yang diperingati setiap tanggal 5 Mei ini yaitu untuk meningkatkan rasa peduli sosial bagi para penggerak serta penggiat kemajuan masyarakat desa. Selain itu, hari peringatan ini juga dianggap penting karena sebagai upaya meningkatkan rasa aman serta tertib dalam kehidupan bermasyarakat. 

Walaupun peringatan setiap tahunnya tidak begitu ramai seperti hari peringatan lainnya, namun tetap saja Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) memiliki peranan penting dalam kemajuan bangsa Indonesia dan harus kita peringati setiap tanggal 5 mei mulai dari sekarang!

Nah itulah sedikit sejarah singkat mengenai Hari Penting Lembaga Sosial Desa atau disingkat LSD. Dengan informasi di atas diharapkan kita dapat mengetahui tentang sejarah dan mengapa terbentuknya LSD tersebut, selain sebagai referensi juga dapat menambah wawasan kita terhadap sejarah-sejarah yang ternyata penting dalam ruang lingkup kehidupan kita sehari-hari.

Semoga Informasi Sejarah Hari LSD (Lembaga Sosial Desa) di atas dapat menambah pengetahutan kita tentang sejarah hari-hari besar yang terdapat di Indonesia. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari lembaga sosial desa
  • lembaga sosial desa adalah yang
  • makalah lembaga sosial desa
  • tugas lembaga sosial desa
  • lembaga sosial masyarakat desa
  • pengertian lembaga sosial desa LSD
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com