Peraturan Sepakbola Standar FIFA Singkat dan Padat

Peraturan Sepakbola Standar FIFA Singkat dan Padat

Peraturan Sepakbola Standar FIFA Lengkap

Peraturan Sepakbola FIFA - Sepakboa merupakan salah satu olahraga bergengsi yang memiliki banyak peminatnya. Olahraga yang satu ini sudah sangat terkenal di seluruh dunia, khususnya di Indonesia sendiri yang menjadikan olahraga Sepakbola banyak digemari oleh kalangan masyarakat. 

Olahraga Sepakbola memberikan keseruan tersendiri, dimana permainan tersebut dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari 11 pemain. Dalam permainan Sepakbola sendiri juga terdapat berbagai macam peraturan yang harus dipatuhi oleh para pemain Sepakbola. 


Jadi, dalam bermain Sepakbola tidak hanya sekedar menendang bola. Melainkan Anda harus memahami banyak hal tentang Sepakbola itu sendiri, baik dari segi praktek maupun teorinya. Hal ini tentu akan menjadikan Anda lebih baik dalam bermain Sepakbola.

Peraturan Sepakbola FIFA

Peraturan Sepakbola FIFA merupakan suatu peraturan yang sifatnya resmi karena sudah sesuai dengan kesepakatan yang ditentukan. Peraturan ini harus dipatuhi dan tidak boleh dilanggar, akan ada konsekuensi tersendiri bilamana Anda melanggarnya. Untuk peraturan Sepakbola FIFA sendiri sudah ditentukan secara bersama-sama dan disepakati melalui perkumpulan yang sudah ditentukan.

Ada banyak sekali peraturan FIFA untuk olahraga Sepakbola yang harus Anda pahami, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Peraturan Lapangan

Untuk lapangan Sepakbola dibuat tidak asal-asalan namun harus sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Ukuran lapangan standar yakni sesuai dengan ketetapan FIFA yang memiliki panjang kurang lebih 90 meter - 120 meter dan memiliki lebar lapangan antara 45 meter - 90 meter. Hal ini berhubungan dengan keberadaan  jumlah pemain di lapangan supaya tidak penuh.

Ukuran Bola

Bola yang digunakan untuk Sepakbola juga harus sesuai dengan standar peraturan yang ditetapkan oleh FIFA. Ukuran Sepakbola yakni kurang lebih sekitar 70 inchi sampai dengan 28 inchi. Ukuran bola sangat penting dan harus sesuai, hal ini menjadi tanggung jawab bagi para produsen bola agar ukuran bola sesuai dengan yang telah ditentukan oleh badan hukum Sepakbola FIFA.

Jumlah Pemain

Dalam bermain Sepakbola, ada ketentuan mengenai jumlah pemain yang harus bermain di lapangan. Dimana setiap tim terdiri dari 11 pemain yang memiliki tugas masing-masing sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan oleh pelatih. Beberapa diantaranya seperti penjaga gawang, pemain bertahan, gelandang, penyerang dan lain sebagainya. Ada juga beberapa pemain cadangan yang nantinya bisa menggantikan pemain utama.

Kapten Tim

Kapten tim merupakan pemimpin dalam sebuah tim, dimana sang kapten akan memberikan berbagai macam arahan ketika berada di dalam sebuah lapangan. Kapten tim ini biasanya akan menentukan awal pertandingan dimulai.

Menggunakan Wasit

Dalam permainan Sepakbola, terdapat wasit utama yang berada di dalam lapangan Sepakbola. Ada juga wasit yang bertugas di pinggir lapangan untuk melihat apakah bola keluar lapangan atau tidak. Wasit yang bertugas digaris gawang dan bertugas melihat apakah bola sudah melewati garis atau belum disebut Hakim Garis.

Waktu Permainan Sepakbola

Waktu permainan Sepakbola secara normal yaitu 2x45 menit, dimana ada babak tambahan extra time bilamana skor imbang dikarenakan sedang memainkan pertandingan Play Off, durasi extra time adalah 2x15 menit. Namun ada juga tambahan waktu yang ditentukan oleh wasit itu sendiri, biasanya antara 2-4 menit tergantung kelancaran suatu pertandingan.

Kick Off

Kick off dimulai ketika wasit mulai meniup peluit. Hal ini dilakukan ketika awal mulainya babak pertama dan babak kedua. Selain itu, bila terjadi gol akan kembali lagi terjadinya kick off, begitu juga dengan babak extra time.

Demikian beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Peraturan Sepakbola yang ditentukan oleh FIFA. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk Anda, terima kasih.
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com