Sejarah Hari Gizi Nasional 25 Januari


Sejarah Hari Gizi Nasional 25 Januari

Sejarah Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional 25 Januari – Jika kita melihat sejarah Gizi di Indonesia, upaya perbaikan Gizi di Indonesia ini sudah dimulai sejak tahun 1950 lalu. 

Dimana saat itu Menteri Kesehatan, Dokter J Leimena yang merupakan Bapak Gizi Indonesia mulai mengangkat Prof. 

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Gizi dan Makanan 25 Januari

Poorwo Soedarmo untuk menjadi LMR atau Lembaga Makanan Rakyat dimana saat itu juga dikenal sebagai IVV atau Instituut Voor Volksvoeding yang menjadi bagian dari lembaga penelitian kesehatan atau yang dikenal menjadi Lembaga Eijkman.  Prof Poorwo Soedarmo ini kemudian dikenal menjadi bapak Gizi Indonesia.

Hari Gizi Nasional atau HGN ini diselenggarakan guna memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi di Indonesia dengan berdirinya Sekolah Juru Penerang Makanan yang didirikan oleh LMR di tanggal 25 Januari 1951. 

Nah sejak saat itulah pendidikan tenaga gizi terus mengalami perkembangan di banyak Universitas di Indonesia. Kemudian mulai disepakati jika tanggal 25 Januari ini diperingati menjadi Hari Gizi Nasional.

Baca Juga: 100 Ucapan Selamat Hari Anak Sedunia 20 November

Pertama Kali Diperingati Sebagai Hari Gizi Nasional

Hari Gizi Nasional ini pertama kali diperingati oleh LMR atau Lembaga Makanan Rakyat di pertengahan tahun 1960an. 

Selanjutnya dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 70 an sampai sekarang. 

Untuk saat ini tema dari Hari Gizi Nasional ini adalah untuk bisa membangun gizi menuju bangsa yang sehat dan berprestasi.

Peringatan Hari Gizi Nasional ini adalah momentum yang paling penting untuk menggalang kepedulian Gizi seimbang

Lihat juga: Sejarah Hari Gizi Nasional 28 Februari

Serta untuk meningkatkan komitmen dari berbagai macam pihak untuk bersama dalam membangun gizi agar bisa menuju bangsa yang sehat dan berprestasi lewat gizi yang seimbang dan juga produksi pangan yang berkelanjutan. 

Sehingga bisa turut serta mendorong pencapaian dari RPJMN di bidang kesehatan.

Nah menjelang berakhirnya periode dari RPJMN ini, Indonesia sudah mengalami perbaikan dalam hal prevalensi terkait masalah gizi. Terlebih pada prevalensi gizi yang kurang serta stunting. 

Berdasarkan Riskesdas, walaupun Prevalensi masih tinggi serta diatas ambang WHO terkait masalah Kesehatan masyarakat, Prevalensi gizi kurang serta stunting menurun berturut-turut dari yang pada awalnya 19.6% menurun jadi 17.7%.

Lihat juga: Sejarah Hari Lahirnya Nahdlatul Ulama 31 Januari

Namun, kedepannya Indonesia masih akan menghadapi tantangan terkait masalah gizi lebih serta obesitas dan juga penyakit tidak menular yang semakin meningkat. 

Hal itu sama seperti yang diungkapkan oleh Dirjen Kesehatan Masyarakat yaitu Dr. Kirana Pritasari, MGIH. Dimana dalam laporannya di acara workshop Peringatan Hari Gizi Nasional yang ke 59.

JIka kita melihat perkembangan pencapaian target RPJMN guna perbaikan gizi serta pengalaman dan juga pelaksanaan program perbaikan gizi masyarakat. 

Ada beberapa tantangan yang khusus terkait koordinasi dan juga penguatan intervensi sensitif dan juga konvergensi serta program yang berkelanjutan.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Kesehatan Nasional 12 November

Intervensi spesifik yang sudah dilakukan sektor kesehatan ini bukan hanya bisa mencapai hasil yang maksimal tanpa didukung. 

Misalnya saja seperti peningkatan produksi pertanian guna mendukung ketahanan pangan serta gizi dan juga tingkat rumah tangga. 

Program Perlindungan Sosial ini guna mengentaskan kemiskinan lewat Program Keluarga Harapan serta PNPM, misalnya seperti penyediaan air bersih dan juga sanitasi serta program pemberdayaan perempuan.

Dengan berbagai macam upaya yang sudah dilakukan, terdapat berbagai tantangan yang khususnya koordinasi serta penguatan intervensi sensitif dan juga konvergensi.

Keberlanjutan program yang dulunya masih butuh diperhatikan bersama oleh berbagai macam pemangku kepentingan, sektor pemerintahan dan juga swasta atau masyarakat.

Baca Juga: Kalender Hijriyah Bulan Januari 2023 dan Jadwal Puasanya

Semoga informasi dari Sejarah Hari Gizi Nasional 25 Januari di atas bisa menambah wawasan kita terhadap sejarah hari besar dan hari penting lainnya.

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari gizi nasional indonesia
  • hari gizi dan makanan 2021
  • hari gizi nasional 2021
  • hari gizi internasional
  • hari gizi sedunia
  • hari gizi 28 februari atau 25 januari
  • hari gizi nasional adalah
  • hari gizi nasional tanggal berapa

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Ikuti Telegram Chanel kami?
chanel telegram enkosa kalender online

Tinggalkan komentar