Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Tanggal Berapa Peringatan Hari Pendidikan Indonesia?

Tanggal Berapa Peringatan Hari Pendidikan Indonesia?

Hari Pendidikan Nasional Indonesia Tanggal 2 Mei

Hari Pendidikan - Pada tanggal 2 Mei di setiap tahunnya kita memperingati hari pendidikan nasional. Tanggal tersebut tepat pada hari ulang tahun dari Ki Hajar Dewantara, dimana beliau merupakan pahlawan pendidikan bagi kita semua. Atau biasanya beliau disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional.

Biasanya Hardiknas diperingati oleh semua orang termasuk murid dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas. Peringatan Hardiknas ini ditetapkan setelah adanya surat keputusan presiden RI no. 305 Tahun 1959. Berikut ini merupakan ulasan mengenai sejarah Hari pendidikan nasional yang diperingati di setiap tahunnya oleh warga Indonesia.

Sejarah Hari Pendidikan Indonesia

Ki Hajar lahir dengan nama Raden Mas Soewardi Soeryaningrat, dimana beliau berasal dari keluarga Kadipaten Pakualaman Yogyakarta. Keluarga tersebut merupakan salah satu kerajaan pecahan dari Mataram pada saat itu. Setelah beliau tamat dari Sekolah Dasar Belanda, beliau melanjutkan sekolah ke Sekolah Dokter Bumiputera, walaupun tidak berakhir tamat dikarenakan sakit yang dideritanya.

Pada masa mudanya beliau dikenal dengan aktivis dan jurnalis pada pergerakan nasional yang pemberani. Beliau juga menjadi wartawan pada beberapa surat kabar seperti DeExpress, poesara, Oetoesan Hindia, Midden Jaya, Sedyotomo dan masih banyak lagi lainnya.

Pada 20 Mei 1908 ia bergabung dengan Boedi Oetomo di Batavia, setelah itu beliau keluar dan mendirikan sendiri Indische Partij dengan Cipto Mangunkusumo, serta Ernest Douwes Dekker. Atau mereka bertiga biasa disebut dengan julukan tiga serangkai di tahun 25 Desember 1912.

Beliau menyampaikan kritik melalui tulisan-tulisannya, yang ditujukan oleh pendidikan di Indonesia. Yang pada saat itu hanya bisa dirasakan oleh keturunan Belanda dan orang yang memiliki uang yang lebih saja.

Tiga serangkai tersebut sempat diasingkan ke Belanda dari tahun 1913 mengenai tulisan yang terkesan menghina pemerintah pada saat itu. Pertama kalinya kata Indonesia dipakai di internasional juga karena Ki Hajar Dewantara. Hal itu dilakukannya saat mendirikan sebuah kantor berita yang bernama Indonesische Persbureau yang berada di Den Haag.

Selain itu ia juga bergabung pada Indische Vereeniging saat berada di Belanda, organisasi ini merupakan organisasi yang beranggotakan para pelajar Indonesia yang berada di Belanda. Beliau dipulangkan ke Indonesia pada 6 September 1919. Setelah pulang beliau mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bernama Taman Siswa yang berada di Yogyakarta.

Setelah Indonesia merdeka dari penjajah, beliau diangkat menjadi menteri pendidikan, pengajar dan kebudayaan. Pada tahun 1957 ia mendapat gelar fair Universitas Gadjah Mada yaitu Dr.H.C. Setelah dua tahun mendapatkan gelar tersebut beliau wafat pada tanggal 28 April 1959 di Yogyakarta. Dari perjuangannya tersebut ia mendapat julukan sebagai bapak pendidikan Indonesia, dimana tanggal lahir beliau diperingati hari pendidikan nasional.

Perayaan Hari Pendidikan Di  Indonesia

Biasanya dalam merayakan Hari Pendidikan di Indonesia ini diperingati dengan melakukan Upacara Bendera, dan juga kegiatan lainnya. Ada juga yang merayakan Hari Pendidikan dengan cara mengadakan lomba-lomba cerdas cermat berbagai macam jenjang pendidikan seperti cerdas cermat tingkat SD, SMP hingga SMA.

Selain itu terkadang hari pendidikan juga diadakan dengan kegiatan kerja bakti bersih-bersih Sekolah yang menjadi tempat menempuh jalur pendidikan. Dimana kegiatan tersebut tidak hanya dilakukan oleh para Siswa Siswi namun juga dilakukan oleh para Guru dan juga karyawan sekolah. Gotong Royong tersebut dilakukan untuk merayakan hari Pendidikan di Indonesia. 

Semoga informasi hari besar atau hari penting Hari Pendidikan Indonesia Tanggal 2 Mei di atas bisa membantu menyelesaikan tugas sekolah atau tugas kantor Anda.