Sejarah Bank Danamon Indonesia Tbk

Sejarah Bank Danamon Indonesia Tbk

Sejarah PT Bank Danamon Indonesia Tbk

Sejarah Bank Danamon – Bank Danamon merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia. Saat ini Bank Danamon sudah memiliki 846 jaringan kantor cabang konvensional, unit Syariah dan kantor cabang anak perusahaan.

Bank Danamon juga memiliki 60.000 lebih jaringan ATM Danamon, ATM Bersama, PRIMA dan ALTO di seluruh pelosok tanah air. Bank Danamon juga telah memiliki lebih dari 72.000 karyawan.

Bank ini juga memiliki anak perusahaan yang cukup terkenal yaitu PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau biasa dikenal dengan nama Adira Finance.

Lihat Juga: Sejarah Bank Rakyat Indonesia (Persero)

Bersama Adira Finance, Bank Danamon mengelola aset konsolidasi sebesar Rp 194 triliun melalui data per 30 Juni 2020. Bank Danamon juga menjadi bank terbesar nomor 6 di Asia.

Bagaimana perjalanan Bank Danamon hingga sebesar ini? Mari simak ulasan singkat berikut ini.

Perjalanan Singkat Bank Danamon

Bank Danamon berdiri pada tanggal 16 Juli 1956. Namun saat itu namanya bukan Bank Danamon, melainkan Bank Kopra Indonesia.

Setelah beberapa tahun, yaitu pada tahun 1976 Bank Kopra Indonesia berubah menjadi Bank Danamon Indonesia. Danamon sendiri merupakan singkatan dari kata dana dan moneter.

Seiring berjalannya waktu, Bank Danamon berkembang di Indonesia. Akhirnya pada tahun 1988 menjadi bank devisa pertama di Indonesia.

Lalu, meluncurkan layanan perbankan dengan nama Pakto 88 yang merupakan singkatan dari Paket Oktober 1988. Di tahun berikutnya, saham Bank Danamon berhasil tercatat di Bursa Efek Jakarta.

Namun sayang, krisis moneter yang melanda pada tahun 1998 membuat Bank Danamon terkena imbasnya. Pada tahun itu juga, Bank Danamon masuk dalam daftar pengelolaan Bank Penyehatan Perbankan Nasional Indonesia (BPPN) sehingga harus diambil alih Pemerintah Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Bank Mandiri (Persero) Tbk

Pada tahun 2000, Bank Danamon melakukan penggabungan dengan 8 bank lain yang juga terkena dampak krisis moneter.

Tahun berikutnya, saham Bank Danamon diakuisisi oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd. Tahun 2004, Bank Danamon mengakuisisi Adira Finance. Tahun 2006, Bank Danamon mengakuisisi Kartu Bisnis American Express di Indonesia.

Bank Danamon juga meluncurkan kartu kredit syariah pertama di Indonesia dengan nama Dirham Card.

Demikian sekilas mengenai perjalanan dan Sejarah Singkat Bank Danamon di Indonesia. Mudah-mudahan dapat menambah wawasan kita semua. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Hard work never fail you. Find me on IG @violaent_ atau bisa cek disini

   
   
Hari Armada Indonesia Hari Penerbangan Sipil Internasional Hari Internasional Sukarelawan Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina