Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret


Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret Yang Penting Untuk Diketahui!

Setiap tanggal 21 Maret, hampir semua negara di dunia memperingati Hari Puisi Sedunia.

Peringatan tersebut menjadi momentum yang sangat penting khususnya untuk para pecinta karya ini.

Baca Juga: 40 Ucapan Selamat Hari Puisi Sedunia 21 Maret 2024

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 21 Maret, Hari Puisi Sedunia? Penasaran bagaimana Sejarahnya? Simak berikut ulasan lengkapnya!

Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Hari Puisi Sedunia selalu diperingati setiap tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

Peringatan ini telah ditetapkan dan diresmikan berdasarkan resolusi Organisasi Pendidikan, Keilmuan serta Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sekitar tahun 1999.

UNESCO pertama kali mengadopsi tanggal 21 Maret sebagai Hari Puisi Sedunia sejak adanya Konferensi Umum ke-30 yang dilakukan di Paris.

Penetapan tanggal tersebut tentu bukan tanpa alasan, UNESCO mengakui sepenuhnya bahwa kemampuan unik puisi dapat menangkap semangat kreatif dari pikiran manusia.

Lihat Juga: Ucapan Selamat Hari Puisi Nasional 28 April 2024

Menurut UNESCO, Hari Puisi Sedunia ini dimaksudkan untuk mendorong kembali tradisi lisan pembacaan puisi, mempromosikan pengajaran puisi hingga memulihkan dialog antara puisi dan seni.

Tak hanya itu saja, Hari Puisi Sedunia ini juga bertujuan untuk mendukung para penerbit kecil serta menciptakan citra puisi positif sehingga karya puisi tidak lagi dianggap sebagai seni yang ketinggalan zaman.

Dengan puisi, hal yang perih bisa diubah menjadi suatu hal yang indah.

Lihat Juga: Sejarah Hari Arsitektur Indonesia 18 Maret

Peringatan Hari Puisi Sedunia Di Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara yang memperingati Hari Puisi Sedunia pada tanggal 21 Maret.

Ternyata selain memperingati Hari Puisi Sedunia, Indonesia juga memiliki hari khusus untuk memperingati Hari Puisi yaitu pada tanggal 28 April.

Jika berbicara tentang puisi, di Indonesia banyak sekali para tokoh inspiratif dimana salah satu tokoh yang paling terkenal dan menjadi salah satu alasan mengapa terdapat Hari Puisi Nasional yaitu Chairil Anwar.

Chairil Anwar merupakan seorang anak tunggal dari pasangan Toeloes dan Saleh dimana sang ayah berada dari Nagari Taeh dan sang Ibu berasal dari Kota Gadang.

Baca Juga: Perlu Kamu Tahu Berikut 40 Ucapan Selamat Hari Puisi Sedunia 21 Maret 2024

“Si Binatang Jalang” merupakan julukan khas dari Chairil Anwar yang sejak kecil sangat senang membaca buku.

Kecintaannya pada literasi ini telah membawanya bertemu dengan teman-teman sastrawan seperti Subagio Sastrowardoyo.

Chairil Anwar lahir di Medan pada tanggal 26 Juli 1922. Namanya semakin populer ketika tulisannya dimuat pada majalah Nisan tahun 1942.

Selain puisi perjuangan “Siap Sedunia” yang cukup kontroversial bagi penjajah Jepang, beliau juga membuat puisi berjudul “Aku”.

Puisi ini diterbitkan di Majalah Timur pada tahun 1945 dimana puisi “Aku” ini mampu mendobrak cara berpuisi bagi sebagian khalayak.

Lihat Juga: Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Hingga saat ini Chairil Anwar memang masih dikenal sebagai sastrawan yang sangat terkemuka di Indonesia walaupun memang bukan satu-satunya sastrawan.

Terlepas dari itu, setiap negara juga memiliki tokoh inspiratifnya masing-masing yang menjadi salah satu alasan mengapa Hari Puisi Sedunia selalu diperingati di setiap negara.

Demikian sekilas tentang sejarah 21 Maret, Hari Puisi Sedunia yang tentu saja jangan sampai anda lewatkan.

Ketika peringatan Hari Puisi Sedunia ini tiba, banyak sekali tema hingga kegiatan yang dilakukan yang pastinya sangat menarik dan bermanfaat.

Lihat Juga: Kalender Event Maret 2024 Lengkap

Hari Puisi Sedunia
Hari Puisi Sedunia
Hari Puisi Sedunia Selalu diperingati setiap tanggal 21 maret setiap tahunnya – Peringatan ini telah ditetapkan dan diresmikan berdasarkan resolusi Organisasi Pendidikan, Keilmuan serta Kebudayaan Per
Oleh Endik Eko

FAQ Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

  1. Kapan Hari Puisi Sedunia diperingati?

    Hari Puisi Sedunia diperingati setiap tanggal 21 Maret setiap tahunnya.

  2. Mengapa tanggal 21 Maret dipilih sebagai Hari Puisi Sedunia?

    Tanggal tersebut dipilih berdasarkan resolusi UNESCO yang mengakui kemampuan unik puisi dalam menangkap semangat kreatif manusia.

  3. Apa tujuan dari Hari Puisi Sedunia?

    Tujuan dari Hari Puisi Sedunia adalah untuk mendorong tradisi lisan pembacaan puisi, mempromosikan pengajaran puisi, dan mendukung para penerbit kecil serta menciptakan citra positif bagi karya puisi.

  4. Bagaimana Indonesia memperingati Hari Puisi Sedunia?

    Indonesia memperingati Hari Puisi Sedunia pada tanggal 21 Maret, dan juga memiliki Hari Puisi Nasional yang diperingati pada tanggal 28 April.

  5. Siapakah tokoh inspiratif dalam dunia puisi di Indonesia?

    Salah satu tokoh terkenal dalam dunia puisi di Indonesia adalah Chairil Anwar, yang merupakan salah satu alasan mengapa Hari Puisi Nasional ada.

  6. Apa sajakah karya terkenal dari Chairil Anwar?

    Chairil Anwar terkenal dengan puisinya yang kontroversial bagi penjajah Jepang, seperti “Siap Sedunia” dan “Aku”.

  7. Mengapa penting untuk memperingati Hari Puisi Sedunia?

    Hari Puisi Sedunia penting untuk mempromosikan seni puisi, memperkuat tradisi lisan pembacaan puisi, dan menciptakan citra positif bagi karya puisi.

Tentang Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret

Nah itulah sedikit ulasan mengenai Sejarah Hari Puisi Sedunia 21 Maret, mudah-mudahan informasi diatas dapat menambah wawasan untuk kita semua. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari puisi sedunia 2024
  • sejarah hari puisi sedunia
  • tema peringatan hari puisi sedunia 2024
  • caption hari puisi sedunia 2024
  • kapan hari puisi sedunia
  • selamat hari puisi sedunia 2024

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Puisi Sedunia