Sejarah Hari Internasional Sukarelawan 5 Desember

Sejarah Hari Internasional Sukarelawan 5 Desember

Inilah Sejarah 5 Desember, Hari Internasional Sukarelawan Yang Sebaiknya Diketahui!

Setiap tanggal 5 Desember, hampir semua negara di dunia memperingati Hari Internasional Sukarelawan atau International Volunteer Day.

Hari peringatan ini merupakan moment tepat untuk para relawan ataupun organisasi relawan untuk semakin meningkatkan kesadaran serta mendapatkan pemahaman atas segala kontribusi yang diberikan kepada masyarakat.

Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah 5 Desember, Hari Internasional Sukarelawan? Simak berikut ulasannya!

Berikut Sejarah Hari Internasional Sukarelawan “International Volunteer Day” 5 Desember, Yang Wajib Diketahui

Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, PBB telah mendirikan Relawan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau dikenal dengan United Nations Volunteers (UNV) pada tahun 1971.

Sampai saat ini, Perserikatan Bangsa-Bangsa selalu mengadvokasi peran para relawan dalam pembangunan dan selalu diikutsertakan dalam proyek kemanusiaan ataupun menjaga perdamaian.

Nah United Nations Volunteers (UNV) sendiri merupakan program yang mengadvokasi peran para sukarelawan dalam sebuah pembangunan untuk PBB.

Untuk bisa menjadi bagian dari UNV ini, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi misalnya seperti usia, pendidikan, penempatan kerja dan bahasa.

Hari Internasional Sukarelawan diadopsi oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tanggal 17 Desember 1985 melalui resolusi yaitu A/RES/49/212/.

Dalam resolusi tersebut ditetapkan 5 Desember sebagai Hari Internasional Sukarelawan.

Kemudian PBB mengajak seluruh pemerintah di berbagai negara untuk memperingati hari peringatan ini.

Tujuan utamanya yaitu untuk pembangunan sosial, ekonomi dan mendesak agar pemerintah bisa mengambil langkah untuk meningkatkan kesadaran tentang kontribusi penting dalam pelayanan sukarela.

Selain itu, dengan adanya peringatan Hari Internasional Sukarelawan juga diharapkan bisa merangsang banyak orang di dunia dari berbagai lapisan masyarakat untuk menawarkan diri menjadi relawan.

Terdapat banyak sekali manfaat menjadi relawan. Apa saja manfaat tersebut? Berikut beberapa diantaranya!

Manfaat-Manfaat Menjadi Sukarelawan

Dalam KBBI, sukarelawan adalah orang yang melakukan kegiatan kemanusiaan dalam bentuk tenaga, pikiran, waktu, uang dan lainya dengan kehendak sendiri tanpa adanya paksaan.

Saat menjadi seorang sukarelawan berarti orang tersebut rela memberikan kemampuan, tenaga dan waktunya untuk membantu orang lain.

Kerennya, sukarelawan juga melakukan segala hal karena kesadaran serta tanpa mengharapkan imbalan.


Menjadi seorang sukarelawan tentunya tidak hanya memberikan manfaat untuk orang lain saja, melainkan anda juga akan merasakan efek positif dari apa yang telah anda lakukan.

Berikut ini beberapa manfaat menjadi sukarelawan yang sebaiknya diketahui:

1. Membangun Komunitas

Menjadi sukarelawan dalam memperkuat komunitas serta jaringan sosial. Anda tentu saja bisa menjalin hubungan dengan orang yang anda bantu.

Tak heran, anda juga akan terus memupuk persahabatan dengan komunitas sukarelawan lainnya.

2. Meningkatkan Sosialisasi

Dari segi sosial, manfaat menjadi sukarelawan muncul dengan begitu cepat serta memiliki efek jangka panjang.

Dengan menjadi sukarelawan maka interaksi sosial anda akan semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan berpengaruh untuk meningkatkan kesehatan mental serta fisik.

3. Mengembangkan Stabilitas Emosional

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mengembangkan stabilitas emosional.

Saat orang dengan OCD, PTSD ataupun masalah pengelolaan amarah menjadi sukarelawan, mereka akan merasa terhubung dengan orang lain.

Hal ini tentu akan memberikan manfaat untuk menstabilkan emosi.

4. Menambah Pengalaman

Menjadi sukarelawan tentu saja akan menambah pengalaman. Pengalaman menjadi seorang relawan ini tentu saja berguna saat seseorang akan memasuki lingkungan sosial baru.

Mereka akan lebih siap dalam beradaptasi serta menghadapi segala hal yang berbeda dari apa yang telah didapat.

Itulah berbagai manfaat menjadi sukarelawan yang sebaiknya anda ketahui.

Melalui Hari Internasional Sukarelawan ini juga sebagai bentuk penghormatan untuk para sukarelawan yang telah bersedia mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan hal lainnya untuk urusan kemanusiaan.

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Sukarelawan Sedunia 5 Desember diatas dapat menambah wawasan kita semua.

Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Internasional Sukarelawan!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari sukarelawan internasional
  • sejarah singkat hari sukarelawan internasional
  • tema peringatan hari sukarelawan 2021
  • logo hari sukarelawan sedunia
  • selamat hari sukarelawan internasional
  • quotes hari sukarelawan sedunia

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari Artileri Hari Penyandang Cacat Internasional Hari Bakti PU Hari Konvensi Ikan Paus Hari Penghapusan Perbudakan Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja