Sejarah Hari Surat Menyurat Internasional 9 Oktober

Sejarah Hari Surat Menyurat Internasional 9 Oktober

Inilah Sejarah 9 Oktober, Hari Surat Menyurat Internasional Yang Sebaiknya Diketahui! 

Seperti yang kita ketahui, perlahan-lahan kegiatan surat menyurat semakin banyak ditinggalkan. 

Ya, banyak sekali orang yang beralih menggunakan media elektronik seperti email, sms ataupun whatsapp karena dinilai lebih cepat dan mudah. 

Kini hampir semua sudut perkotaan, dari berbagai kalangan mulai dari kalangan mudah hingga tua sudah lincah menggunakan gadget. 

Beragam aplikasi penyedia pesan singkat pun berdatangan yang nyaris menggantikan tradisi surat menyurat. 

Berbicara tentang surat menyurat, tahukah Anda? Jika setiap tanggal 9 Oktober selalu diperingati sebagai Hari Surat menyurat Internasional

Berikut Ini Sejarah Hari Surat Menyurat Internasional 9 Oktober, Yang Perlu Diketahui! 

Selain diperingati sebagai Hari Pos Dunia, setiap tanggal 9 Oktober juga selalu diperingati sebagai Hari Surat Menyurat Internasional. 

Hari Surat Menyurat Internasional ini pertama kali dideklarasikan oleh Kongres Pos Sedunia pada tahun 1969 di Tokyo, Jepang. 

Tanggal tersebut dipilih sebagai sarana untuk menandai ulang tahun terbentuknya Universal Postal Union (UPU) atau yang dikenal dengan persatuan Pos Sedunia yang berdiri pada tahun 1874. 

Hari Surat Menyurat Internasional dilatarbelakangi pada masa paling awal dalam sejarah. 

Pada saat itu, layanan pos hanya ada dalam bentuk kurir yang tugasnya melakukan perjalanan jauh dengan berjalan kaki ataupun menunggang kuda. 

Pada tahun 1600-an sampai 1700-an, banyak sekali negara yang membuat sistem pengiriman pos Nasional serta mengadakan perjanjian bilateral untuk pertukaran surat antar negara. 

Di tahun 1800-an, terdapat jaringan besar perjanjian bilateral yang membuat distribusi surat Internasional menjadi rumit, tidak efisien serta tidak transparan. 

Hingga akhirnya pada tahun 1863, Montgomery Blair, Postmaster General di AS menyelenggarakan konferensi perwakilan dari sekitar 15 negara Eropa serta Amerika Serikat. 


Selama konferensi tersebut, para delegasi menetapkan sejumlah prinsip umum untuk mencapai kesepakatan bersama tentang layanan pos Internasional namun tidak membuat perjanjian pos Internasional. 

Pada tanggal 15 September 1874, Heinrich Von Stephan yang merupakan seorang pejabat pos senior membuka konferensi di Berne, Swiss yang dihadiri oleh 22 negara. 

Setelah konferensi tersebut maka menghasilkan sebuah kesepakatan bahwa tanggal 9 Oktober didirikan Serikat Pos Umum yang bernama Universal Postal Union (UPU)

Sebenarnya Hari Pos Dunia dan Hari Surat Menyurat Internasional sangat berkaitan erat karena memang hari surat menyurat ini diadakan atas dasar adanya Hari Pos Dunia. 

Lalu, Apa Yang Harus Dilakukan Dalam Memperingati Hari Surat Menyurat Internasional, 9 Oktober? 

Hari Surat Menyurat Internasional diperingati setiap tanggal 9 Oktober bersamaan dengan diperingatinya Hari Pos Sedunia. 

Tujuan dari hari peringatan ini tentu saja untuk mendukung dan juga menyemangati perkembangan pos di berbagai negara. 

Sampai saat ini terdapat 180 unit pos di berbagai negara termasuk Indonesia. Namun sayang, banyak sekali masyarakat yang mulai meninggalkan dunia perposan padahal zaman dulu pos menjadi primadona. 

Untuk memperingati Hari Surat Menyurat Internasional terdapat beberapa hal yang bisa anda lakukan. 

Hal yang paling sederhana yaitu dengan mengirimkan surat kepada keluarga atau tempat. 

Selain itu, selama 35 tahun terakhir, Universal Postal Union (UPU) telah bekerjasama dengan UNESCO untuk menyelenggarakan kompetisi penulisan surat Internasional bagi kaum muda. 

Memperingati Hari Surat Menyurat Internasional juga menjadi momen penghargaan pada para pekerja pos, staff dan orang yang terlibat didalamnya. 

Nah itulah sekilas tentang sejarah 9 Oktober, Hari Surat Menyurat Internasional yang sebaiknya anda ketahui. 

Mudah-mudahan informasi Sejarah Hari Surat Menyurat di atas dapat menambah wawasan serta bida menjadi referensi untuk kita semua. Semoga bermanfaat dan Selamat Hari Surat Menyurat Internasional! 

Pertanyaan yang paling banyak dicari

  • sejarah hari surat menyurat internasional
  • surat hari jadi untuk kekasih
  • post hari raya
  • surat menyurat adalah
  • surat menyurat bahasa indonesia
  • selamat hari surat menyurat
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com