Sejarah Hari Ulang Tahun TVRI 24 Agustus


Sejarah Hari Ulang Tahun TVRI 24 Agustus

Sejarah Hari Ulang Tahun TVRI 24 Agustus

Setiap tanggal 24 Agustus TVRI (Televisi Republik Indonesia) selalu memperingati hari ulang tahunnya.

Hari peringatan ini biasanya diperingati dengan berbagai kegiatan dan acara yang menarik.

Baca Juga: Ucapan Selamat HUT TVRI 24 Agustus

Lalu, bagaimana peristiwa yang terjadi dibalik penetapan 24 Agustus, Hari Ulang Tahun TVRI? Penasaran bagaimana peristiwanya? Simak ulasannya berikut ini!

Sejarah 24 Agustus, Hari Ulang Tahun TVRI Dari Masa Ke Masa

Berdasarkan SK Menpen RI No. 20/SK/VII/61, TVRI berdiri pada tanggal 24 Agustus 1962.

Hari berdirinya Televisi RI ini ditandai dengan adanya siaran perdana Asian Games ke IV di Stadion Utama Gelanggang Olahraga Bung Karno.

Kehadiran TVRI disiapkan dalam jangka waktu kurang dari sepuluh bulan.

Menempati gedung yang mana semula dihajatkan sebagai Kampus Akademi Penerangan- Departemen Penerangan RI, di Gerbang Pemuda – Senayan Jakarta, program siaran disiapkan, dikemas serta dipancarluaskan dengan menggunakan jaringan teresterial.

Setelah itu, pembangunan tahap berikutnya di luar Jawa seperti Sumatera, Kalimantan serta Sulawesi.

Siaran TVRI Merata ke Penjuru Nusantara

Genap seperempat abad, infrastruktur penyiaran televisi sudah tersebar hampir ke seluruh penjuru Nusantara.

Secara kronologis, status TVRI tahun 1863 sudah berbentuk Yayasan Televisi Republik Indonesia (TVRI) berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 215 Tahun 1963 Tentang Pembentukan Yayasan Televisi Republik Indonesia.

Lahirnya TVRI ini menjadi tonggak sejarah pertelevisian di Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Hari Televisi Sedunia 21 November

TVRI merupakan stasiun televisi tertua di Indonesia dan satu-satunya televisi yang jangkauannya mencapai seluruh wilayah Indonesia.

Memasuki Era Reformasi bersamaan dengan dilikuidasinya Departemen Penerangan, maka status hukum TVRI menjadi mengambang.

Pada tahun 1976 TVRI berubah status menjadi UPT atau Unit Pelaksana Teknis dibawah Departemen Penerangan.

Namun Menteri Pendayagunaan Aparatur Pemerintah Negara melalui Kepmen nomor I01/KEP/m.pan/1/2005 menugaskan agar pejabat dan pegawai di lingkungan tersebut untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku saat itu.

TVRI Bertransformasi Menjadi Media Televisi Independent

Pada tahun 2000 status TVRI berubah menjadi PERJAN (Perusahaan Jawatan) berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2000 tentang Pendirian Perusahaan Jawatan Televisi Republik Indonesia tanggal 7 Juni 2000.

Setelah terbitnya PP ini, TVRI memperoleh kejelasan status hukum yaitu sebagai perusahaan jawatan yang menyelenggarakan berbagai kegiatan penyiaran televisi sesuai dengan prinsip televisi publik.

Prinsip-prinsip tersebut yaitu independen, mandiri, netral, dan program dengan siarannya yang selalu berorientasi pada kepentingan masyarakat tidak semata-mata mencari keuntungan pribadi.

Lihat juga: Daftar Universitas di Semarang

Secara kelembagaan TVRI berada di bawah pembinaan dan bertanggung jawab kepada Departemen Keuangan RI.

Hingga pada September 2001, diterbitkanlah Peraturan Pemerintah Nomor 64 Tahun 2001 tentang Pengalihan Kedudukan, Tugas dan Kewenangan Menteri Keuangan pada Perusahaan Perseroan (Persero), Perusahaan Umum (Perum) dan Perusahaan Jawatan (Perjan) kepada Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara.

Dengan terbitnya PP tersebut Pembinaan Perjan TVRI dari Departemen Keuangan dialihkan pada Menteri Negara BUMN.

TVRI Menjadi Bagian dari BUMN

Status TVRI berubah menjadi Perseroan Terbatas (PT) TVRI di bawah pengawasan Departemen Keuangan RI dan Kantor Menteri Negara BUMN.

Pengalihan bentuk perusahaan tersebut tepat pada tanggal 17 April 2002.

Melalui Persero tersebut, Pemerintah berharap TVRI bisa menyelenggarakan kegiatan penyiaran televisi sesuai dengan prinsip-prinsip televisi publik yang independen, netral dan mandiri.

Sejak tahun 2005 hingga saat ini, status TVRI berubah menjadi lembaga Penyiaran Publik.

Sesuai dengan PP Nomor 13 Tahun 2005 tentang Lembaga Penyiaran Publik Televisi Republik Indonesia.

Lihat juga: Sejarah Hari Penghilangan Paksa 30 Agustus

Sebagai televisi publik, LPP TVRI memiliki tugas untuk memberikan pelayanan informasi, hiburan yang sehat, perekat sosial, pendidikan, kontrol dan melestarikan budaya bangsa untuk kepentingan seluruh lapisan masyarakat.

Era pertama kehadiran TVRI juga dikenal sebagai Era Keemasan. TVRI menjadi media tunggal penyiaran televisi pemerintah yang beroperasi ke seluruh Indonesia.

Sejak berstatus Yayasan TVRI, hingga sebagai unit Pelaksana Teknis Penyiaran televisi di bawah Departemen Penerangan, diterapkannya kebijakan diseminasi informasi model Top Down.

Hari Ulang Tahun TVRI
Hari Ulang Tahun TVRI
Hari Ulang Tahun TVRI dirayakan setiap tanggal 24 Agustus untuk memperingati berdirinya Televisi Republik Indonesia (TVRI). Berikut adalah sejarah singkat tentang Hari Ulang Tahun TVRI:
Oleh Endik Eko

Siaran TVRI Diminati Oleh Masyarakat Indonesia

Dengan memanfaatkan teknologi penyiaran televisi analog melalui hibah peralatan luar negeri, kru TVRI bisa menyiarkan program non berita dengan prima.

Hal ini didukung juga dengan kekayaan seni budaya, diversitas etnis dan sosial sebagai sumber inspirasi, maka hal tersebut menjadi kunci sukses program.

Berbagai program yang disajikan tentu saja banyak diminati pemirsa karena mencerminkan pembangunan bangsa atau nation & character building.

Baca Juga: 30 Ucapan Selamat Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

Hingga saat ini, TVRI masih menjadi pilihan masyarakat Indonesia sebagai saluran televisi yang selalu menyajikan berbagai program yang bermanfaat. Itulah sekilas tentang 24 Agustus, Hari Ulang Tahun TVRI. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah tvri di di indonesia
  • tokoh sejarah TVRI
  • sejarah tvri jawa tengah, jawa timur, lampung, dan gorontalo
  • pertama kali tvri menyiarkan televisi
  • tvri dibentuk pada tahun

Reels:

Artikel Terkait:

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Ulang Tahun TVRI
Kalender Jawa Mei 2024 Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Hari Malaria Sedunia Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia