Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September

Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September

Sejarah 16 September, Hari Ozon Internasional! Selamatkan Dan Lestarikan Bumi!

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa setiap tanggal 16 September, dunia sedang memperingati Hari Ozon Internasional. Seperti yang kita ketahui bahwa bumi  memiliki pelapis pelindung yang bernama lapisan ozon. Ya, lapisan ozon ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan di bumi. 

Jika lapisan ozon tidak ada maka kehidupan di bumi kemungkinan besar akan mengalami kepunahan. Dikarenakan hal ini sangat penting maka setiap tanggal 16 September dunia selalu memperingati Hari Lapisan Ozon Internasional. 

Berikut Sejarah 16 September, Hari Ozon Internasional  

Hari Ozon Internasional atau yang dikenal juga sebagai Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional merupakan hari peringatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya lapisan ozon. Lapisan ozon memiliki peranan yang sangat penting sebagai lapisan perisai bumi. Lapisan ini akan menyelematkan bumi dan mahluk hidup di dalamnya dari radiasi ultraviolet berbahaya matahari. 

Pada tanggal 16 September, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Lapisan Ozon Internasional. Di hari tersebut seluruh masyarakat dunia diajak untuk kembali turut aktif dalam melestarikan lapisan ozon yang melindungi kehidupan manusia serta mahluk hidup lainnya. 

Adanya hari peringatan inipun di inisiasi untuk memperingati penandatangan Protokol Montreal mengenai “Zat Yang Menguras Lapisan Ozon” pada tahun 1987 yang dilaksanakan di Wina, Austria. Konvensi ini lahir akibat adanya keresahan para ilmuwan di akhir tahun 1970 yang menemukan bahwa umat manusia telah membuat lubang besar pada lapisan ozon

Jika lapisan tersebut berlubang semakin besar maka tentu akan mengancam kesehatan serta kelestarian kehidupan di muka bumi ini. Lapisan ozon yang semakin berlubang bisa menyebabkan peningkatan kasus kanker kulit serta katarak hingga merusak ekosistem dan tanaman. 

Konvensi yang melahirkan Protokol Montreal itu mengajak pemerintah, ilmuwan serta berbagai industri untuk bekerjasama memotong 99% dari semua zat yang bisa merusak ozon. Zat perusak ozon tersebut bisa dtemukan banyak di dalam aerosol serta pendingan seperti AC dan lemari es. 

Tak hanya itu, sejumlah bahan kimia misalnya seperti halokarbon juga memiliki potensi yang cukup besar merusak lapisan ozon. Halokarbon sendiri merupakan bahan kimia yang terdiri dari satu bahkan lebih atom karbon yang berkaitan dengan satu atau lebih halogen. 


Di sisi lain, Protokol Montreal juga terus didukung oleh upaya pelestarian lapisan ozon lainnya seperti lahirnya Amandemen Kigali yang mulai berlaku sejak 2019 lalu. Amandemen tersebut mengatur seluruh masyarakat dunia untuk mengurangi gas rumah kaca hidroflourokarbon (HFC) yang memiliki potensi pemanasan iklim yang kuat serta merusak lingkungan. 

Seperti yang kita ketahui bahwa bumi merupakan tempat tinggal paling aman untuk manusia dan mahluk hidup lain salah satunya karena berkat adanya lapisan ozon. NASA menyebutkan bahwa ozon merupakan gas pada atmosfer yang berada di atas lapisan stratosfer. 

Sementara lapisan ozon sendiri terdiri dari tiga atom oksigen yang bisa melindungi kehidupan bumi dari radiasi ultraviolet matahari. Tanpa adanya lapisan ozon maka paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari yang intens akan mensterilkan permukaan bumi. 

Nah itulah sekilas tentang Sejarah 16 September Hari Ozon Sedunia. Hari peringatan tersebut tentu sangat penting sekali untuk diperingati mengingat lapisan ozon memiliki peranan penting untuk kehidupan kita. Selamat Hari Ozon Internasional! Selamat dan lestarikan bumi kita!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari ozon internasional
  • tema hari ozon 2021
  • hari ozon bumi
  • selamat hari ozon sedunia
  • arti hari ozon sedunia
  • caption hari ozon internasional
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com