Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September


Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September

Sejarah Hari Ozon Internasional 16 September! Selamatkan Dan Lestarikan Bumi!

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa setiap tanggal 16 September, dunia sedang memperingati Hari Ozon Internasional.

Seperti yang kita ketahui bahwa bumi  memiliki pelapis pelindung yang bernama lapisan ozon.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Ozon Internasional 16 September

Ya, lapisan ozon ini memiliki peranan yang sangat penting untuk kehidupan di bumi.

Jika lapisan ozon tidak ada maka kehidupan di bumi kemungkinan besar akan mengalami kepunahan.

Dikarenakan hal ini sangat penting maka setiap tanggal 16 September dunia selalu memperingati Hari Lapisan Ozon Internasional.

Berikut Sejarah 16 September, Hari Ozon Internasional

Hari Ozon Internasional atau yang dikenal juga sebagai Hari Pelestarian Lapisan Ozon Internasional merupakan hari peringatan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya lapisan ozon. 

Lapisan ozon memiliki peranan yang sangat penting sebagai lapisan perisai bumi. 

Lapisan ini akan menyelamatkan bumi dan makhluk hidup didalamnya dari radiasi ultraviolet berbahaya matahari.

Pada tanggal 16 September, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Lapisan Ozon Internasional. 

Di hari tersebut seluruh masyarakat dunia diajak untuk kembali turut aktif dalam melestarikan lapisan ozon yang melindungi kehidupan manusia serta makhluk hidup lainnya.

Baca Juga: Kumpulan Ucapan Selamat Hari Radio Republik Indonesia 11 September 

Adanya hari peringatan inipun di inisiasi untuk memperingati penandatangan Protokol Montreal mengenai “Zat Yang Mengikis Lapisan Ozon” pada tahun 1987 yang dilaksanakan di Wina, Austria. 

Konvensi ini lahir akibat adanya keresahan para ilmuwan di akhir tahun 1970 yang menemukan bahwa umat manusia telah membuat lubang besar pada lapisan ozon.

Jika lapisan tersebut berlubang semakin besar maka tentu akan mengancam kesehatan serta kelestarian kehidupan di muka bumi ini.

Lapisan ozon yang semakin berlubang bisa menyebabkan peningkatan kasus kanker kulit serta katarak hingga merusak ekosistem dan tanaman.

Konvensi yang melahirkan Protokol Montreal itu mengajak pemerintah, ilmuwan serta berbagai industri untuk bekerjasama memotong 99% dari semua zat yang bisa merusak ozon.

Zat perusak ozon tersebut bisa ditemukan banyak di dalam aerosol serta pendingin seperti AC dan lemari es.

Tak hanya itu, sejumlah bahan kimia misalnya seperti halokarbon juga memiliki potensi yang cukup besar merusak lapisan ozon. Halokarbon sendiri merupakan bahan kimia yang terdiri dari satu bahkan lebih atom karbon yang berkaitan dengan satu atau lebih halogen.

Lihat juga: Sejarah Hari Perhubungan Nasional 17 September

Di sisi lain, Protokol Montreal juga terus didukung oleh upaya pelestarian lapisan ozon lainnya seperti lahirnya Amandemen Kigali yang mulai berlaku sejak 2019 lalu. 

Amandemen tersebut mengatur seluruh masyarakat dunia untuk mengurangi gas rumah kaca hidrofluorokarbon (HFC) yang memiliki potensi pemanasan iklim yang kuat serta merusak lingkungan.

Seperti yang kita ketahui bahwa bumi merupakan tempat tinggal paling aman untuk manusia dan makhluk hidup lain salah satunya karena berkat adanya lapisan ozon. NASA menyebutkan bahwa ozon merupakan gas pada atmosfer yang berada di atas lapisan stratosfer.

Sementara lapisan ozon sendiri terdiri dari tiga atom oksigen yang bisa melindungi kehidupan bumi dari radiasi ultraviolet matahari.

Tanpa adanya lapisan ozon maka paparan radiasi ultraviolet (UV) matahari yang intens akan mensterilkan permukaan bumi.

Tentang Sejarah Singkat Hari Ozon Sedunia

Nah itulah sekilas tentang Sejarah 16 September Hari Ozon Sedunia.

Hari peringatan tersebut tentu sangat penting sekali untuk diperingati mengingat lapisan ozon memiliki peranan penting untuk kehidupan kita. 

Baca Juga: Sejarah Hari Bumi 22 April dan Maknanya

Selamat Hari Ozon Internasional! Selamat dan lestarikan bumi kita!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari ozon internasional
  • tema hari ozon
  • hari ozon bumi
  • selamat hari ozon sedunia
  • arti hari ozon sedunia
  • caption hari ozon internasional

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa
Informasi Kalender, Hari Penting, Sejarah dan hal-hal lainnya yang bermanfaat ditulis oleh tim enkosa dengan Avatar  for Kiki Kinanti

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini.

Tinggalkan komentar


Hari Ozon Internasional