Sejarah Hari Aksara Internasional 8 September

Sejarah Hari Aksara Internasional 8 September

Beginilah Sejarah 8 September, Hari Aksara Internasional Yang Tidak Banyak Diketahui!

Selain diperingati sebagai Hari Pamong Praja, tanggal 8 September juga diperingati sebagai Hari Aksara Internasional. Pada tanggal tersebut seluruh dunia juga akan memperingati hari yang disebut sebagai Hari Literasi Internasional.

Peringatan Hari Aksara Internasional ini terus dilakukan untuk menjaga kesadaran akan pentingnya melek huruf bagi manusia, sehingga bisa terus memajukan agenda literasi menuju masyarakat yang lebih melek huruf dan berkelanjutan.

Baca Juga: 100 Quotes Ucapan Selamat Hari Aksara Internasional 8 September

Awal Mula Hari Aksara Internasional

Peringatan Hari Aksara Internasional ini muncul sejak diadakannya konferensi tentang Pemberantasan Buta Huruf, di Teheran Iran pada 8 September hingga 19 September 1965. 

Hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan komitmen serta mengajak seluruh masyarakat agar peduli terhadap penuntasan buta aksara.

Sejak penyelenggaraan Hari Aksara Internasional (HAI) pertama pada tahun 1966, peringatan tersebut terus dilakukan oleh berbagai negara dalam setiap tahunnya sebagai salah satu wujud untuk memajukan agenda keaksaraan di tingkat global, regional hingga nasional.

Berdasarkan data UNESCO walaupun dari waktu ke waktu mengalami kemajuan, tantangan serta masalah literasi di berbagai dunia masih tetap ada. Setidaknya sebanyak 773 juta orang dewasa di seluruh dunia kini mengalami kekurangan keterampilan keaksaraan atau literasi dasar.

Literasi dasar ini terdiri dari berbagai jenis yaitu literasi baca tulis, finansial, digital, numerasi dan lain sebagainya. Seseorang yang mengalami  kekurangan literasi dasar berarti tidak mengerti atau tidak mampu mengerti tentang literasi-literasi tersebut.

Baca Juga: Sejarah Hari Bahasa Ibu Internasional 21 Februari

Untuk di Indonesia sendiri, masalah tersebut tentu saja masih banyak sekali ditemukan. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional BPS (Badan Pusat Statistik) pada tahun 2018, jumlah penduduk Indonesia yang buta aksara turun menjadi 3,39 juta orang atau hanya 1,93% dari total populasi penduduk. 

Hal ini jauh berbeda dari tahun sebelumnya yaitu tahun 2017 dimana jumlah penduduk buta aksara tercatat sebanyak 3,4 juta orang dimana hal tersebut tidak luput dari berbagai usaha pemerintah.

Penghargaan pertama terkait literasi dikeluarkan oleh UNESCO pada tahun 1967-1978 yang dikenal dengan nama penghargaan The Mohammad Reza Pahlevi. Penghargaan tersebut diberikan kepada kurang lebih 495 inisiatif dari seluruh negara baik yang berasal dari Pemerintahan ataupun dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Lihat juga: Sejarah Hari Pamong Praja (Satpol PP) 8 September

Pada tahun 2020, terdapat dua penghargaan keaksaraan Internasional UNESCO. Penghargaan pertama tersebut yaitu The UNESCO King Sejong Literacy Price dan penghargaan Konfusius UNESCO untuk literasi.

The  UNESCO King Sejong Literacy didirikan pada tahun 1989 dengan dukungan dari Pemerintah Korea untuk memberikan pertimbangan khusus kepada pengembangan serta penggunaan pendidikan dan pelatihan keaksaraan bahasa ibu. 

Sedangkan penghargaan Konfusius UNESCO untuk literasi pertama kali didirikan pada tahun 2005 dengan dukungan Pemerintah Republik Tiongkok. 

Pertimbangan tersebut yaitu khusus untuk orang-orang yang melek huruf terutama untuk orang dewasa di lingkungan pedesaan, para remaja putus sekolah serta perempuan.

Dalam setiap tahunnya peringatan Hari Aksara Internasional ini diperingati dengan tema yang berbeda-beda. Misalnya pada tahun 2020 dimana UNESCO hanya fokus pada tema Pengajaran dan Pembelajaran Keaksaraan di tengah krisis COVID-19. 

Bagaimana dengan peringatan tahun ini? Mungkin saja akan sama dengan tahun kemarin karena beberapa negara termasuk Indonesia masih sedang dalam kondisi pandemi COVID-19.

Baca Juga: Kalender Bali September 2023 Lengkap

Itulah sekilas tentang Sejarah 8 September Hari Aksara Internasional. Hari peringatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan semua orang terhadap pentingnya melek huruf untuk kemajuan bangsa dan negara. Selamat Hari Aksara Internasional!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari aksara internasional
  • hari aksara 2021
  • sejarah hari literasi sedunia
  • tema perayaan hari literasi 2021
  • peringatan hari aksara
  • ucapan hari aksara internasional
  • hari aksara jawa

aplikasi crypto terbaik
gudang meme enkosa

Ahli dalam menulis artikel sejarah seperti sejarah hari besar dan hari penting baik di Indonesia maupun Dunia. Semoga artikel yang saya terbitkan dapat bermanfaat. Lebih dekat dengan saya bisa cek disini

   
   
Hari AIDS Sedunia Hari Solidaritas Rakyat Palestina HUT KORPRI Hari Menanam Pohon Hari Tanpa Belanja Hari Anti Kekerasan Terhadap Wanita Hari Guru 25 November Hari Evolusi 24 November Hari Perhubungan Darat Hari Pohon Sedunia