9 Hal Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pernikahan

Yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pernikahan

9 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Pernikahan

Salah satu keputusan besar yang harus dipikirkan matang-matang ialah mengakhiri masa lajang alias menikah. Sebab setiap pasangan yang sedang menjalani suatu hubungan tentu menginginkan tahapan yang lebih serius dan sakral. Lalu apa saja hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan?

Menurut sebagian orang, persiapan pernikahan memiliki tantangan tersendiri yang cukup membuatmu sakit kepala. Selain kamu akan dipusingkan dengan menentukan konsep, lokasi, catering maupun biayanya itu sendiri. Tidak jarang pasangan yang akan menikah juga dilanda keraguan dan rasa takut.

Hal ini wajar mengingat pergantian status ini akan mengubah keseluruhan hidupmu. Selain mendapatkan peran baru, kamu juga akan memiliki tanggung jawab yang besar sebagai pasangan berumah tangga. 

Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan menjelang pernikahan:

1. Menentukan Tanggal Pernikahan

Ketika memutuskan untuk menikah, hal pertama yang harus dipikirkan adalah tanggal pernikahan. Bicarakan hal ini dengan pasangan maupun keluarga kedua belah pihak. Karena biasanya pihak keluarga memiliki saran serta perhitungan sendiri mengenai kapan sebaiknya hari bahagiamu dilaksanakan. 

2. Tema Pernikahan

Jika sudah mendapatkan tanggal yang pas, hal selanjutnya yang perlu dipikirkan ialah tema pernikahanmu. Mengapa hal ini didahulukan? Karena dari tema pernikahan kamu bisa menentukan hal selanjutnya seperti budget, dekorasi, undangan, venue, dan lain-lain. 

3. Menentukan Budget

Dari tema pernikahan yang sudah ditentukan, maka kamu sudah bisa memikirkan estimasi budget yang akan dikeluarkan nantinya. Hal ini penting agar kamu bisa menyesuaikan budget dengan tema yang sudah ada. 

Pastikan untuk memilih vendor maupun venue yang sesuai dengan budget yang ada. Kalian juga bisa menentukan budget maksimal agar bisa mengontrol segala pengeluaran. 

4. Undangan

Menentukan jumlah undangan juga bisa disesuaikan dengan budget yang sudah ditentukan. Kamu bisa berdiskusi dengan pasangan sekaligus orangtua dalam memutuskan siapa saja yang hendak diundang. 

Apabila kamu hendak melangsungkan pernikahan yang sederhana, maka kamu bisa memberi pengertian pada orangtua untuk mengundang orang-orang yang memang penting saja. 

Proses mempersiapkan undangan sendiri bisa memakan waktu cukup lama mulai dari memilih tema hingga segala bentuk revisi dan proses cetak. 

5. Venue dan Lokasi

Pencarian lokasi serta venue yang sesuai dengan tema pernikahan juga bisa memakan waktu yang panjang. Selain menyesuaikan dengan tema, kamu juga perlu mempertimbangkan kesesuaian lokasi dengan jumlah undanganmu.

6. Dekorasi

Jika sudah menemukan lokasi yang cocok dan pas, maka kamu bisa menentukan dekorasi yang sesuai dengan tema sekaligus budget yang dimiliki. Pastikan dekorasimu sesuai dengan tema yang dipilih, apabila di awal kamu memilih tema berwana putih maka pastikan dekorasimu juga sesuai dengan sentuhan warna lain sebagai pelengkap.

7. Baju Pengantin

Untuk urusan baju pengantin sebenarnya kembali pada keinginan pasangan yang hendak menikah. Ada banyak pilihan konsep baju mulai dari yang simple hingga kekinian, kamu bisa menyewanya atau biasanya beberapa vendor ada yang memberikan paket lengkap berupa dekorasi dan baju pengantin. 

Jika ingin baju pengantin yang bisa dikenang selamanya, kamu juga bisa menjahit gaunmu sendiri sesuai dengan desain yang kamu inginkan.

8. Souvenir

Meski terkesan sederhana, namun nyatanya souvenir juga membutuhkan persiapan yang lama. Apalagi jika souvenir yang kamu pilih customize dimana tidak bisa mendadak prosesnya. Kecuali jika kamu memilih souvenir yang sudah tersedia dalam jumlah banyak di pasar.  

9. Cincin Pernikahan

Menjadi simbol yang sakral dalam pernikahan, ada banyak toko yang kini menyediakan cincin kawin yang bisa dibeli saat itu juga tanpa harus dipesan lebih dulu. Sehingga memudahkanmu karena prosesnya lebih cepat. 

Pastikan kamu tidak lupa dengan beberapa hal yang sudah dibahas di atas ya. Mudah-mudahan dengan informasi Persiapan Sebelum Acara Pernikahan di atas dapat bermanfaat dan Semoga acaramu lancar dan sukses. Amin!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • persiapan menikah bagi wanita
  • persiapan menikah apa saja
  • persiapan menikah berapa lama
  • persiapan menikah bagi wanita menurut islam
  • syarat persiapan menikah
  • list persiapan menikah
  • persiapan mental sebelum menikah
  • persiapan lahir dan batin 
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com