Sejarah Sepak Bola Modern

Sejarah Sepak Bola Modern Yang Perlu Kamu Ketahui

Sejarah Sepak Bola Modern Yang Perlu Kamu Ketahui

Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi seputar Sejarah Sepak Bola Modern. Informasi ini kami tujukan kepada Anda yang sedang mencari informasi tentang sejarah permainan ini.

Sepak Bola menjadi salah satu olahraga yang paling terkenal di seluruh dunia, salah satunya di Indonesia. Seperti yang kita ketahui, Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak peminat di bidang olahraga olah bola. Dimana olahraga yang satu ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan olahraga lainnya. Anda bisa memainkannya secara efektif dimanapun dan kapanpun tanpa batasan usia.

Permainan Sepak Bola dilakukan oleh dua tim, dimana masing-masing tim terdiri dari 11 pemain dan beberapa pemain cadangan. Bagi Anda yang ingin memainkan olahraga ini bisa memainkannya dengan tim Anda untuk berhadapan dengan tim lain. Tujuan utamanya adalah untuk mencetak gol ke gawang lawan agar bisa meraih kemenangan. 

Sejarah Sepakbola Modern Yang Perlu Kita Ketahui

Sepak bola atau juga disebut bola sepak merupakan permainan di mana dua tim yang terdiri dari 11 pemain. Dalam permainannya mereka menggunakan seluruh bagian tubuh mereka kecuali tangan dan lengan. Kemudian mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan. Hanya penjaga gawang yang diizinkan untuk memegang bola dan hanya boleh melakukannya di dalam kotak penalti yang mengelilingi gawang. Tim yang mencetak gol lebih banyak akan menjadi pemenangnya.

Sepak bola modern berasal dari Inggris pada abad ke-19. Sejak sebelum abad pertengahan, permainan sepak bola telah dimainkan di kota-kota dan desa-desa sesuai dengan adat istiadat setempat tanpa ada aturan yang baku. Industrialisasi dan urbanisasi, yang mengurangi jumlah waktu luang dan ruang yang tersedia bagi kelas pekerja, dikombinasikan dengan sejarah larangan hukum terhadap bentuk-bentuk sepak bola telah mengacaukan permainan sepakbola pada abad ke-19. 


Namun, sepak bola dipilih sebagai permainan musim dingin di sekolah umum (independen) seperti Winchester, Charterhouse, dan Eton. Setiap sekolah memiliki aturannya sendiri, beberapa mengizinkan permainan bola secara terbatas dan yang lainnya tidak. Perbedaan aturan membuat sulit bagi anak sekolah negeri yang memasuki universitas untuk terus bermain kecuali dengan mantan teman sekolahnya. 

Sejak tahun 1843, upaya untuk membakukan dan memodifikasi aturan permainan dilakukan di Universitas Cambridge, yang siswanya bergabung dengan sebagian besar sekolah umum pada tahun 1848 dalam mengadopsi "aturan Cambridge," yang kemudian disebar alumni Cambridge dengan membentuk klub sepak bola. Pada tahun 1863, berbagai pertemuan klub-klub dari London  menghasilkan aturan sepak bola yang jelas. Namun, peraturan baru tidak diterima secara universal di Inggris.

Tahun di Bentuknya Organisasi Sepak Bola FIFA

Pada awal abad ke-20, sepak bola telah menyebar ke seluruh Eropa hingga membutuhkan organisasi internasional. Sebuah solusi ditemukan pada tahun 1904, ketika perwakilan dari asosiasi sepak bola Belgia, Denmark, Prancis, Belanda, Spanyol, Swedia, dan Swiss mendirikan Fédération Internationale de Football Association (FIFA).

Meskipun orang Inggris Daniel Woolfall terpilih sebagai presiden FIFA pada tahun 1906 dan semua negara asal (Inggris, Skotlandia, Irlandia, dan Wales) diterima sebagai anggota pada tahun 1911, asosiasi sepak bola Inggris meremehkan badan baru tersebut. Anggota FIFA menerima kendali Inggris atas aturan sepak bola melalui Dewan Internasional, yang telah dibentuk oleh negara asal pada tahun 1882.

Namun demikian, pada tahun 1920 asosiasi Inggris mengundurkan diri dari keanggotaan FIFA, setelah gagal membujuk anggota lain yaitu Jerman, Austria, dan Hongaria agar dikeluarkan setelah Perang Dunia I. Asosiasi Inggris bergabung kembali dengan FIFA pada tahun 1924 tetapi segera setelah itu bersikeras pada definisi yang sangat kaku tentang amatirisme, terutama untuk sepak bola Olimpiade. 

Sampai saat ini, ada ratusan Negara yang bergabung dengan FIFA sebagai federasi sepakbola dunia yang diakui. Berbagai turnamen diadakan mulai dari Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia dan lain sebagainya.

Nah itulah sedikit ulasan tentang Sejarah Sepak Bola Modern yang perlu kita ketahui, mudah-mudahan informasi ini dapat menjadi referensi dan manambah wawasan kita. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah sepak bola modern berasal dari negara inggris
  • sejarah sepak bola dunia
  • sejarah sepak bola inggris
  • sejarah sepak bola menurut islam
  • sepak bola modern lahir dari negara inggris
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com