Sejarah Hari Anak Nasional 23 Juli Yang Belum Banyak Orang Tahu

Inilah Sejarah 23 Juli Hari Anak Nasional “HAN” 

Bulan Juli, tepatnya hari Jum’at 23 Juli 2021 Indonesia akan memperingati Hari Anak Nasional (HAN). Menurt KPPAI peringatan Hari Anak nasional dimaknai sebagai wujud kepedulian seluruh bangsa Indonesia terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh serta berkembang dengan optimal. 
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperingati hari tersebut namun sebelum Anda tahu bagaimana saja cara memperingati Hari Anak Nasional, simak terlebih dahulu sejarah 23 juli, Hari Anak Nasional (HAN) yang sebaiknya diketahui. 

Sejarah 23 Juli, Hari Anak Nasional (HAN) 

Peringatan Hari Anak Nasional di tanah air tercinta ini merupakan sebuah gagasan Kongres Wanita Indonesia atau Kowani. Kongres Wanita Indonesia ini merupakan sebuah organisasi kaum perempuan Indonesia yang cikal bakalnya tercetus sejak Kongres Perempuan Indonesia ke I pada 22 Desember 1928. 
Kongres Wanita Indonesia yang diresmikan pada tahun 1946, dalam sidangnya yaitu pada tahun 1951 memutuskan beberapa kesepakatan. Salah satu kesepakatannya yaitu mengupayakan penetapan Hari Anak Nasional. 
Upaya tersebut lalu ditindaklanjuti dengan dilaksanakannya pekan anak-anak Nasional pada tahun 1952. Dalam acara tersebut, anak-anak melakukan pawai di Istana Merdeka yang disambut langsung oleh Presin RI pertama, Ir. Soekarno. 
Setelah kegiatan tersebut, sidang Kowani kembali digelar di Bandung pada tahun 1953. Dalam sidang tersebut, Kowani benar-benar membicarakan tentang Pekan Anak-anak Indonesia lebih serius lagi. Akhirnya keputusanpun diambil dimana setiap tahun di minggu kedua bulan Juli selalu dilaksanakan pekan anak-anak Indonesia hal ini diperingati bertepatan dengan liburan kenaikan kelas. Rekomendasi ini langsung disetujui oleh pemerintah pada saat itu. 
Namun, penetapan tersebut dinilai tidak memiliki maknsa serta nilai historisnya karena tidak merujuk pada tanggal ataupun moment tertentu. Maka dalam sidang Kowani berikutnya yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 24 sampai 28 Juli 1964, muncullah berbagai usulan mengenai kapan tepatnya peringatan untuk Hari Anak Nasional. 
Jauh sebelum sidang Kowani yang digelar di Jakarta, pada tahun 1959 sebenarnya pemerintah telah menetapkan tanggal 1 Juni sampai 3 Juni sebagai hari memperingati anak Indonesia yang bersamaan dengan rangkaian peringatan Hari Anak Internasional pada tanggal 1 Juni. 
Presiden Soekarno seringkali hadir dalam perayaan tersebut sehingga atas usulan Kowani Hari Anak Nasional ditetapkan tanggal 6 Juni. Penetepan tanggal tersebut bertepatan dengan lahirnya Bung Karno. 
Hanya saja, persoalan kembali timbul setelah runtuhnya Orde Lama yang kemudian Indonesia memasuki Orde Baru yang dipimpin oleh Presiden Soeharto. Presiden Soeharto berusaha untuk menghapus semua kebijakan yang lekat dengan rezim sebelumnya termasuk mengenai Hari Anak Nasional yang bertepatan dengan lahirnya Bung Karno. 
Dalam prosesnya, Hari Anak Nasional sebenarnya sudah beberapa kali mengalami perubahan. Sampai pada akhirnya, Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 44 Tahun 1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Penetapan tanggal tersebut diselaraskan dengan pengesahan UU tentang Kesejahteraan Anak pada tanggal 23 Juli 1979. 

Cara Memperingati Hari Anak Nasional 23 Juli 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperingati Hari Anak Nasional setiap tanggal 23 Juli. Salah satu caranya yaitu dengan mendorong semua keluarga untuk menjadi lembaga pertama serta utama dalam memberikan perlindungan kepada semua anak. Dengan begitu maka diharapkan Indonesia akan menghasilkan generasi penerus bangsa yang sehat, berakhlak mulia, cerdas, cinta tanah air dan ceria. 
Selain itu biasanya ada beberapa kegiatan lainnya yang selalu diselenggarakan mulai dari bakti sosial, seminar, menonton film, jalan sehat dan berbagai jenis perlombaan yang seru. Nah itulah sekilas tentang Sejarah 23 Juli, Hari Anak Nasional. Selamat Hari Anak Nasional untuk seluruh anak-anak di Indonesia! Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari anak nasional diperingati setiap tangga 23 juli
  • tema hari anak nasional 2021
  • hari anak nasional indonesia
  • hari anak nasional jatuh pada tanggal 23 juli
  • jasa undangan pernikahan online
  • ucapan selamat hari anak nasional
  • logo hari anak nasional 2021
  • gambar selamat hari anak nasional 2021
Bagikan:

Tinggalkan komentar