Sejarah Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional 17 Mei

Sejarah Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional 17 Mei

Sejarah 17 Mei Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional

Seperti yang kita ketahui ada banyak sekali hari-hari penting di Indonesia salah satunya seperti Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional yang selalu diperingati setiap tanggal 17 Mei. Peringatan hari ulang tahun Perpusnas ini selalu dirayakan setiap tahunnya dengan berbagai tema menarik yang bisa menyadarkan kita akan pentingnya membaca. Dibalik hari penting perayaan ini, tentu terdapat sejarah didalamnya. Berikut sejarah Hari Perpustakaan Nasional 17 Mei. 

Sejarah Hari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Yang Sebaiknya DiketahuI!

Perpustkaan Nasional atau dikenal dengan Perpusnas merupakan salah satu lembaga pemerintahan non kementrian yang melaksanakan tugas pemerintah dalam bidang perpustakaan. Perpustakaan tersebut berfungsi sebagai perpustakaan pembinaan, perpustkaan deposit, perpustakaan rujukan, perpustakaan pelestarian, perpustakaan penelitian dan pusat jejaring perpustakaan. 

Sejarah Perpustakaan Nasional bermula dengan pada didirikannya Bataviaasch Genootschap pada tanggal 24 April 1778. Lembaga tersebut merupakan pelopor Perpustakaan Nasional yang baru dibubarkan saat tahun 1950. 

Awalnya, Perpusnas merupakan salah satu bentuk perwujudan dari penerapan serta pengembangan sistem Nasional Perputakaan yang secara menyeluruh dan terbaru. Sejak dicanangkannya pendirian pada tanggal 17 Mei 1980 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. 

Pada saat itu, kedudukan Perpusnas masih dalam lingkungan Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan yang setingkat eselon II dibawah Direktorat Jenderal kebudayaan. Kebudayaan tersebut tentu merupakan hasil dari integrasi dari 4 perpustakaan besar di Jakarta. Perpustkaan tersebut yaitu Perpustakaan Meseum Nasional, Perpustakaan SPS, Perpustakaan wilayah DKI Jakarta dan Perpustakaan Bibliografi dan deposit, pusat pembinaan Perpustakaan. 


Walaupun secara resmi Perpusnas berdiri di pertengahan tahun 1980, namun integrasi keseluruhan secara fisik baru dilakukan pada bulan Januari 1981. Hingga tahun 1987, Pepusnas berlokasi di tiga tempat yaitu Jl. Merdeka Barat 12, Jl. Merdeka Selatan 11 dan Jl. Imam Bonjol 1. 

Atas prakarsa dari Almarhum Ibu Tien Suharto, melalui Yayasan Harapan Kita, Perpustakaan Nasional memperoleh sumbangan tanah seluas 16,000 m2 lebih, berikut dengan gedung baru berlantai sembilan dan bangunan yang direnovasi. Setelah selesai pembangunan dan renovasi, pimpinan serta staff dari tiga bidang pindah ke lokasi tersebut. Gedung baru beserta dengan segala perlengkapannya ini menyatukan semua kegiatan dibawah satu atap yang sebelumnya terpencar. 

Pada usia Perpusnas yang ke-9, secara resmi kompleks tersebut dibuka dan ditandai dengan penandatangan sebuah prasasti marmer oleh Presiden dan Ibu Tien Suharto pada tanggal 11 Maret 1989. Seiring dengan berjalannya waktu, beban tugas serta sejalan dengan kiat Perpusnas dalam menerapkan layanan prima kepada masyarakat maka diterbitkanlah Keputusan Presiden nomor 50 Tahun 1997 pada tanggal 29 Desember 1997. 

Keppres menyempurnakan susunan organisasi, tugas serta fungsi Perpustakaan Nasional guna untuk mengantisipasi era globalisasi informasi yang sudah semakin mendekat. Perpustakaan Nasional RI saat ini sudah menjadi Perpustakaan yang berskala Nasional. Dalam arti sesungguhnya Perpustakaan Nasional ini merupakan sebuah lembaga yang tidak hanya melayani anggota suatu perkumpulan ilmu pengetahuan tertentu saja. Melainkan juga melayani anggota masyarakat dari semua golongan. 

Walaupun terbuka untuk umum, namun koleksinya bersifat tertutup serta tidak bisa dipinjamkan untuk dibawa pulang. Layanan Perpusnas juga tidak hanya pada layanan untuk ilmu pengetahuan saja. Melainkan juga ada banyak layanan lainnya yang pasti sangat dibutuhkan. 

Dari sejarah panjang dan lahirnya Perpustakaan Nasional ini, ditetapkanlah tanggal 17 Mei sebagai Hari Perpustakaan Nasional. Dengan memperingati hari Perpusnas ini diharapkan bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya ilmu pengetahuan dan peran perpustakaan untuk mencerdaskan bangsa. 

Nah itulah sedikit ulasan sejarah mengenai Hari Ulang Tahun Perpustakaan Nasional (Perpusnas) yang jatuh setiap tanggal 17 Mei, semoga dengan informasi di atas dapat menambah wawasan kita terhadap hari-hari penting di Indonesia. Semoga bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari perpustakaan sekolah internasional
  • hari perpustakaan dunia
  • hari terbuka perpustakaan
  • jadwal hari perpustakaan nasional
  • perpustakaan hari kunjung
Enkosa.Com
Enkosa.Com Informasi Kalender Lengkap - Hari Penting & Sejarahnya

Review Enkosa.Com