Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Sejarh Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei

Inilah Sejarah 29 Mei, Hari Lanjut Usia Nasional “National Day of Older Persons”

Hari Lanjut Usia Nasional atau Hari Lansia merupakan salah satu hari penting di Indonesia yang diperingati setiap tanggal 29 Mei. Peringatan tersebut selalu dirayakan setiap tahunnya sebagai wujud kepedulian serta penghargaan terhadap orang lanjut usia. Biasanya dalam memperingati hari tersebut, pemerintah daerah selalu mengadakan kegiatan yang melibatkan lansia. Misalnya seperti senam bersama, perlombaan, hingga penyerahan paket bantuan untuk orang lanjut usia. Dibalik keseruan hari peringatan tersebut tentu terdapat sejarah yang tidak banyak diketahui. 

Berikut Sejarah Dibalik Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei 

Penetapan Hari Lanjut Usia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei, ditetapkan pertama kali oleh presiden RI Soeharto sebagai tindak lanjut dari sidang umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) yang menetapkan 1 Oktober sebagai Hari Lanjut Usia Internasional. 

Penetapan Hari Lanjut Usia Internasional tersebut merupakan kelanjutan dari Vienna International Plat of Action on Aging yang diputuskan di Wina pada ahun 1982 dengan resolusi nomor 37/1982. Dari keputusan ini juga tentu melahirkan kesepakatan untuk mengundang negara-negara yang belum melaksanakannya agar menetapkan hari tersebut sebagai hari Lansia. 

Tepat pada tahun 1996, Presiden Soeharto kemudian meresmikan tanggal 29 Mei sebagai Hari Lanjut Usia Nasional. Pemilihan tanggal tersebut tentu saja untuk menghormati jasa Dr.KRT Radjiman Wediodiningrat yang telah memimpin sidang pertama Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau BPUPKI. 

Dr Radjiman memimpin sidang pertama BPUPKI pada tanggal 29 Mei 1945 saat usianya 66 tahun sekaligus menjadi anggota BPUPKI paling tua. Pada saat sidang tersebut Dr Radjiman melakukan tugasnya sangat baik dengan berbekal pengalaman serta pandangannya yang luas. Dalam pidatonya Dr Radjiman mengemukakan betapa perlunya “de filosofische grondslag” atau dasar filosofi. 

Peristiwa sidang BPUPKI dianggap sangat penting karena dalam sidang tersebut lahirlah sebuah ideologi Indonesia berupa Pancasila. Selain itu, Dr Radjiman juga dinilai sebagai seorang tokoh penting yang merupakan pencerminan kepribadian yang luhur di usianya yang sepuh dan bisa menjadi teladan bagi generasi penerus bangsa. 


Menurut Undang-Undang No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, orang yang berusia 60 tahun ke atas disebut sebagai lanjut usia. Selain menentukan hari perayaan, Pemerintah juga membentuk sebuah Komisi Nasional Perlindungan Penduduk Lanjut Usia serta merancang Rencana Aksi Nasional Lanjut Usia. Komisi tersebut dibawah koordinasi kantor Menko Kesra sebagai wujud penghargaan terhadap lanjut Usia. 

Komnas Lansia ini dibentuk berdasarkan Keppres Nomor 52 Tahun 2004 serta bertugas sebagai koordinator usaha peningkatan kesejahteraan sosial lansia di Indonesia. Jadi, memperingati Hari Lanjut Usia Nasional merupakan bagian penting yang bisa mengingatkan kita untuk selalu melindungi orang lanjut usia. 

Lansia Di Tengah Pandemi Global COVID-19

Seperti yang telah disebutkan WHO, kelompok usia lanjut usia menjadi salah satu kelompok yang memiliki resiko tinggi terserang virus COVID-19. Untuk di Indonesia sendiri, jumlah kasus positif COVID pada lansia yang berusia 60 tahun ke atas sebanyak 15,2 persen. 

Jumlah tersebut memang tidak lebih tinggi dari mereka yang berusia 18 hingga 59 tahun.  Namun, jumlah kematian akibat virus pada usia 60 tahun ke atas paling tinggi sebesar 43,6%. 

Nah itulah sekilas tentang Sejarah 29 Mei, Hari Lanjut Usia Nasional. Untuk tahun ini, perayaan Hari Lansia dipastikan masih sama seperti tahun kemarin di masa pandemi COVID-19. Namun, walaupun demikian tentu saja hal tersebut tidak boleh membuat kita lupa akan keberadaan lansia. Salah satu cara untuk memperingati Hari Lanjut Usia di masa pandemi ini bisa Anda lakukan dengan mengkampanyekan betapa tingginya resiko lanjut usia terserang COVID-19. 

Semoga informasi dari Sejarah Hari Lanjut Usia Nasional 29 Mei di atas dapat memberikan wawasan baru untuk kita semua tentang pentingnya untuk selalu menjaga dan menghormati orang-orang lanjut usia. Semoga Bermanfaat!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • hari lanjut usia nasional 2021
  • tema hari lanjut usia nasional 2021
  • selamat hari lanjut usia
  • hari lanjut usia internasional
  • tanggal berapa hari lanjut usia nasional dan internasional
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com