Sejarah Hari Bumi 22 April dan Maknanya


Sejarah Hari Bumi 22 April Dan Maknanya!

Tahukah anda tentang apa itu Hari Bumi? Hari Bumi merupakan acara tahunan yang dibuat sebagai apresiasi lingkungan di planet bernama bumi ini serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran publik tentang polusi.

Hari Bumi selalu diperingati setiap tanggal 22 April sehingga jika dihitung bulan, kita hanya tinggal beberapa bulan lagi akan memperingati hari bersejarah ini.

Lalu, bagaimana sejarah awalnya mulanya Hari Bumi? Dan apa makna dari hari tersebut? Berikut ulasannya!

Sejarah Hari Bumi – Earth Day

Gagasan munculnya Hari Bumi pertama kali digalakkan oleh seorang pengajar lingkungan di Amerika Serikat, Garlord Nelson pada tahun 1970.

Di tahun itu, masyarakat Amerika Serikat menghirup gas beracun berupa timah secara besar-besaran melalui kendaraan sedan type V8.

Lihat juga: Sejarah Hari Buku Nasional Tanggal 17 Mei

Industri tersebut mengeluarkan asap serta lumpur tanpa memikirkan resiko serta konsekuensi hukum.

Bahkan, pada masa itu, polusi udara umumnya diterima sebagai “aroma kemakmuran”.

Bermula tahun 1969, Nelson mulai tergerak hatinya setelah melihat banyaknya kerusakan akibat adanya tumpahan minyak besar-besaran di Santa Barbara, Calfornia.

Dari adanya permasalahan tersebut, Nelson terinspirasi mengorganisir untuk melakukan pengajaran secara nasional yang berfokus pada mendidik masyarakat tentang lingkungan.

Pada gerakan pengajarannya ini, Nelson tentu tidak sendiri dimana ia merekrut Denis Hayes yang merupakan lulusan baru dari Standford University.

Denis Hayes merupakan lulusan baru yang aktif secara politis yang ditunjuk sebagai koordinator nasional serta membujuk Pete McCloskey untuk menjadi wakil ketua.

Dengan adanya staf sebanyak 85 orang, mereka berhasil mengerahkan sekitar 20 juta orang di seluruh Amerika Serikat untuk melangsungkan protes.

Pada tanggal 22 April 1970, sekitar 20 juta orang di negara tersebut turun ke jalan, auditorium hingga taman untuk berdemonstrasi.

Tujuan dari demonstrasi tersebut tentu saja untuk lingkungan yang lebih sehat.

Selepas demonstrasi besar-besaran tersebut, masyarakat Amerika Serikat akhirnya memiliki forum yang bertujuan untuk mengekpresikan kepeduliannya mengenai apa yang terjadi di darat, laut dan udara.

Sejarah Hari Bumi 1970 memang membawa persatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Lihat juga: 100 Template Ucapan Selamat Hari Bumi 22 April

Dari gerakan tersebut United States Environmental Protection Agency didirikan.

Begitupun dengan gerakan Clean Art Act, Surface Mining Control Act, Clean Water Act, Reclamation Act, Toxic Subtance Control Act serta Endangered Species Act.

Semua forum tersebut diperkenalkan serta menjadi bagian dari perubahan radikal untuk lingkungan sekitar yang lebih baik.

Dari peristiwa tersebut dan kesuksesan dari gerakan tersebut, setiap 22 April semua negara memperingati Hari Bumi.

Makna Hari Bumi 22 April Yang Patut Diketahui!

Jika berbicara tentang makna Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April tentu saja selalu penting.

Dengan adanya peringatan hari tersebut setidaknya kita terus menyadari pertingnya kebersihan lingkungan dari polusi dan hal lainnya yang bisa merusak alam.

Di Indonesia, peringatan Hari Bumi sebenarnya belum banyak diketahui oleh kalangan masyarakat.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang selalu diperingati setiap tanggal 5 Juni.

Namun pada dasarnya tidak ada perbedaan dari Hari Bumi dan juga hari lingkungan hidup sedunia karena sama-sama menyadarkan kita akan pentingnya menjaga kelestarian bumi.

Hanya saja, tentu yang membedakannya yaitu pada sejarahnya.

Dengan adanya peringatan Hari Bumi tersebut semua penghuni bumi bisa terus meningkatkan kepedulian terhadap bumi tercinta.

Kelestarian bumi memang bukanlah tanggung jawab perorangan namun semua yang hidup di muka bumi ini perlu menjaga kelestariannya.

Oleh sebab itu, maka kesadaran akan pentingnya kelestarian bumi harus ditanamkan sedini mungkin dan tentunya secara berkesinambungan.

Hari Bumi
Hari Bumi
Hari Bumi selalu diperingati setiap tanggal 22 april setiap tahunnya – Gagasan munculnya Hari Bumi pertama kali digalakkan oleh seorang pengajar lingkungan di Amerika Serikat, Garlord Nelson pada tahu
Oleh Endik Eko

FAQ Hari Bumi 22 April

  1. Apa itu Hari Bumi?

    Hari Bumi merupakan acara tahunan yang dibuat sebagai apresiasi lingkungan di planet bernama bumi ini serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran publik tentang polusi.

  2. Kapan Hari Bumi diperingati?

    Hari Bumi selalu diperingati setiap tanggal 22 April setiap tahunnya.

  3. Bagaimana sejarah awalnya mulanya Hari Bumi?

    Gagasan munculnya Hari Bumi pertama kali digalakkan oleh seorang pengajar lingkungan di Amerika Serikat, Garlord Nelson pada tahun 1970.

  4. Apa makna dari Hari Bumi?

    Hari Bumi memiliki makna penting dalam meningkatkan kesadaran publik tentang lingkungan, menjaga kelestarian bumi, dan mengatasi permasalahan lingkungan.

  5. Bagaimana peringatan Hari Bumi berdampak pada lingkungan?

    Peringatan Hari Bumi telah membawa persatuan yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan melahirkan banyak regulasi yang bertujuan untuk menjaga kelestarian lingkungan.

  6. Bagaimana peran individu dalam memperingati Hari Bumi?

    Individu dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan, menjaga kelestarian bumi, dan menyadari pentingnya menjaga alam sebagai rumah bagi manusia dan semua makhluk.

  7. Apa perbedaan antara Hari Bumi dan Hari Lingkungan Hidup Sedunia?

    Perbedaan terletak pada sejarah peringatan dan fokusnya, namun keduanya memiliki tujuan yang sama dalam memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan.

  8. Bagaimana Hari Bumi diperingati di Indonesia?

    Peringatan Hari Bumi di Indonesia masih belum banyak diketahui oleh masyarakat, namun penting untuk terus meningkatkan kesadaran akan kelestarian bumi di tanah air.

Tentang Sejarah Hari Bumi 22 April dan Maknanya

Semoga dengan informasi Sejarah Hari Bumi 22 April di atas dapat memberikan kita pengetahuan baru tentang perlunya menjaga lingkungan.

Baca Juga: Kalender Jawa April 2024 Lengkap Hari Baik

Bertujuan demi menjaga Bumi agar tetap aman dan nyaman sebagai rumah manusia dan segala isinya.

Mudah-mudahan informasi tentang Sejarah Hari Bumi 22 April dan Maknanya diatas dapat menjadi referensi. Semoga bermanfaat!

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Bumi
Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara Hari Kesehatan Internasional