Sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia 2 April

Sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia 2 April

Sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia Yang Harus Anda Ketahui!

Hari Peduli Autisme Sedunia (World Autisn Awareness Day) diperingati setiap tanggal 2 april dalam setiap tahunnya. Hari perayaan tersebut selalu mengusung tema yang sangat unik dan menarik. Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia ini berharap persoalan mengenai autisme selalu mendapatkan perhatian dunia sebagai salah satu masalah kesehatan. 

Bahkan PBB juga menghimbau agar semua negara untuk mengambil langkah tepat dalam meningkatkan kesadaran akan autisme dikalangan masyarakat. Lalu, bagaimana sebenarnya sejarah di balik Hari Peduli Autisme Sedunia tersebut? Berikut penjelasannya!

Sejarah Di Balik Hari Peduli Autisme Sedunia “World Autism Awareness Day”

Penetapan Hari Peduli Autisme Sedunia ini merupakan salah satu usulan dari negara Qatar yang kemudian didukung penuh oleh negara-negara anggota PBB. Usulan tersebut dibuat karena banyak sekali orang penyandang autisme yang mengalami hinaan serta dikucilkan. 

Autisme bukanlah sebuah penyakit yang menular melainkan kondisi seseorang yang mengalami keterlambatan pada proses perkembangannya. Autisme bukanlah sebuah penyakit sehingga penanganannya bukan obat melainkan berupa terapi yang dilakukan dalam jangka yang cukup panjang. 

Para penyandang autisme sebenarnya memiliki IQ sama, bahkan bisa lebih diatas rata-rata anak pada umumnya. Namun, hal ini terkendala pada sistem sensorik yang membuat mereka sensitif terhadap rasangan dari luar. 

Biasanya penyandang autisme akan cukup kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang yang ada disekitar. Mereka akan lebih senang menyendiri serta sering mengulang-ulang gerakan ataupun ucapan. 

Dari kebiasaan ini maka timbulkan pengasingan dari lingkungan sekitar. Banyak orang yang menganggap bahwa autisme merupakan suatu gangguan sehingga mereka akan menghindarinya. Padahal, para penyandang autisme pada hakekatnya berhak untuk melangsungkan hidupnya dengan baik dan tidak mendapatkan pelakuan berbeda. 

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) berpendapatbahwa hak-hak para penyandang disabilitas termasuk autisme merupakan bagian dari integral dari mandat mereka.  Dikarenakan dari waktu ke waktu semakin banyaknya pengucilan, ejekan terhadap anak penyandang autisme. 

Maka pada tanggal 18 Desember 2007, PBB menyerukan bahwa akan ada satu hari dalam setiap tahun yang ditetapkan sebagai Hari Peduli Autisme Dunia. Hingga pada akhirnya pada tangga 2 April Majelis Umum PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Peduli Austime Sedunia. 

Hari Peduli Autisme pertama kali diperingati di tahun 2008 hingga kurang dari 10 tahun, Hari peduli Autisme Sedunia telah berhasil mencapai beberapa hal, diantaranya seperti: 
  • Menggalang dana jutaan yang dijadikan untuk aman. 
  • Mengubah pandangan terhadap para penyandang autisme. 
  • Membangun kesadaran akan sebuah kondisi yang rentang spektrum yang akan berdampak pada kehidupan seluruh dunia. 
Melalui Hari Peduli Autisme Sedunia ini diharapkan para penyandang autisme mendapatkan perhatian khusus. Selain itu, dengan adanya peringatan Hari Peduli Autisme ini juga bertujuan untuk mengedukasi masyarakat dunia agar lebih memahami tentang autisme. 

Berdasarkan dari sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia yang jatuh pada tanggal 2 April setiap tahun ini tentu merupakan satu dari 4 hari kesehatan resmi yang ditetapkan oleh PBB. Nah, ketiga hari yang ditetapkan PBB tersebut yaitu Hari Diabetes Dunia, Hari Kesehatan, Hari Mental Dunia dan Hari AIDS Sedunia.


Berkat adanya peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia ini tentu saja setiap tahunnya kepedulian terhadap autisme semakin meningkat. Oleh karena itu, kata autis sangat tidak etis dan tidak pantas untuk dijadikan sebagai bahan ejekan. Jadi, stop memberikan pandangan negatif terhadap para penyandang autisme karena mereka juga memiliki hak yang sama untuk menjalani kehidupannya.

Cukup sekian informasi mengenai Sejarah Hari Peduli Autisme Sedunia 2 April, semoga dengan informasi di atas dapat memberikan wawasan baru kepada kita sehingga lebih menerima keberadaan mereka para penyandang Autisme. Terimakasih

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari autisme pdf
  • sejarah hari autisme dunia
  • sejarah hari autisme indonesia
  • autisme adalah
  • autisme pada orang dewasa
  • autisme adalah penyakit
  • autisme pada anak
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com