Cara Memancing Ikan di Spot Deras


Cara Memancing Ikan di Spot Deras

Tips Cara Memancing Ikan Di Spot Sungai Berarus

Cara Memancing Ikan yang kami utamakan dalam artikel ini merupakan tips dari para angler berpengalaman. 

Memancing di air tenang maupun air berarus masing-masing memiliki cara-cara tersendiri agar tujuan memancing yakni mendapatkan strike yang banyak bertubi-tubi.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Panas Hot Cream Dengan Mudah!

Memancing di spot air berarus memang sebuah tantangan tersendiri, disamping itu, juga bahaya yang mengancam. 

Tergantung spot nya apakah medan nya berbahaya atau tidak, jika sangat berbahaya sebaiknya urungkan memancing dengan spot yang berarus tersebut, dikarenakan hasilnya tidak akan sebanding dengan bahayanya.

Musim hujan biasanya akan membuat arus sungai meningkat secara drastis. Oleh sebab itu memancing dengan kondisi tersebut sangatlah tidak disarankan karena selain hasil yang akan didapatkan sedikit, juga tidak sepadan dengan effort yang dikeluarkan.

Namun, jika memancing pada kondisi berarus dan medannya tidak berbahaya atau tidak mengancam keselamatan tentu boleh-boleh saja. 

Dalam artikel ini kami akan memberikan tips memancing di arus yang deras. Tips yang akan disampaikan berikut merupakan tips hasil pengalaman pribadi dan kawan-kawan mancing.

Jika berbicara mengenai spot yang memiliki arus tinggi namun tidak dipengaruhi oleh hujan atau banjir kiriman, artinya spot tersebut alami berarus. Biasanya spot tersebut menyimpan beberapa spesies ikan berarus.

Spesies ikan yang suka dengan kondisi arus kuat ini biasanya adalah ikan predator yang ganas jika sedang berburu. 

Beberapa spesies ikan-ikan predator seperti Hampala, Mahseer, Baung, dan masih banyak ikan predator lainnya yang suka dengan air deras.

Baca Juga: Informasi Lengkap Kalender Mancing

Cara Mancing Ikan di Arus Deras

Langsung saja pada inti pokok pembahasannya yakni tips memancing di spot berarus, yang siapa tahu bisa bermanfaat untuk Anda yang memiliki hobi memancing.

Seperti yang sedikit kami singgung pada paragraf awal, bahwasanya memancing di air tenang maupun deras adalah sama saja. 

Namun ada sedikit tips berbeda yang akan kita lakukan seperti yang berikut ini:

Joran dan Perlengkapan yang Sesuai

Memancing pada kondisi air yang deras memerlukan piranti yang berbeda, dikarenakan target memancing di kondisi air deras adalah spesies ikan predator sebaiknya gunakan perlengkapan dengan kualitas terbaik. 

Berikut ini adalah tips yang perlu disiapkan dari perlengkapan memancing di air deras.

Memilih Joran

Memancing di kondisi air berarus perlu mempersiapkan Joran yang memiliki kelenturan tinggi. 

Sebelumnya, tentukan terlebih dahulu pastikan ikan apa yang ingin Anda pancing, sebab disini akan menentukan pemilihan joran yang akan digunakan.

Dengan Joran yang lentur pada bagian ujungnya, akan membantu kita ketika umpan disambar. 

Lihat juga: Daftar Istilah Dunia Mancing

Pada kondisi air deras tidak disarankan menggunakan pelampung, oleh sebab itu untuk mendeteksi umpan dimakan dan menentukan waktu kapan harus ditarik maka caranya adalah dengan memperhatikan ujung Joran.

Pemilihan Senar

Sama halnya dengan Joran, senar yang lentur merupakan pilihan yang paling pas. Oleh sebab itu, senar tunggal bisa menjadi pilihan pertama. 

Pemilihan ukuran senar juga sebaiknya menyesuaikan dengan ikan yang ingin dipancing, jangan terlalu tebal atau tipis.

Senar mono cocok untuk memancing dengan teknik dasaran dengan arus deras dibandingkan menggunakan PE. 

Dalam keadaan seperti itu senar mono akan mudah tenggelam dibandingkan dengan senar PE. 

Selain itu senar mono yang berupa nilon memiliki kelenturan yang baik sehingga akan lebih optimal jika digunakan pada kondisi air berarus.

Memilih Kail

Penggunaan Kail harus menyesuaikan dengan ikan target, misalnya jika target tersebut banyak ikan Hampala dengan ukuran sedang. Maka lebih baik gunakan kail dengan ukuran sedang saja yakni ukuran 3-5.

Jika target ikannya besar bisa disesuaikan seperti Kail dengan ukuran 6 atau lebih. Gunakan Kail dengan bagian ujung yang tajam agar kail dapat menancap sempurna pada tubuh ikan.

Pemberat

Pemberat yang digunakan juga tergantung dengan spot dan kuatnya arus. Jika memancing di sungai dengan arus sedang bisa menggunakan pemberat timah berbentuk lonjong atau kerucut berat 7-20 gram. 

Atau jika Anda memancing di laut dengan arus lebih kuat bisa menggunakan pemberat jenis jantung dan belimbing berat 30-100 gram.

Baca Juga: Sejarah Hari Internasional Berbicara Seperti Bajak Laut 19 September

Reel

Reel yang digunakan berupa reel spinning dengan menyesuaikan sport. Pada lokasi dengan air tawar seperti ukuran sungati 5000-8000.

Pemilihan Umpan

Umpan yang bagus di kondisi air yang deras adalah umpan yang dapat bergerak bebas. 

Contoh umpan tersebut bisa menggunakan Cacing, Ulat Tanah, Ulat Pisang, dan ikan-ikan kecil. 

Selain umpan alami kita juga bisa menggunakan umpan buatan seperti Soft Lure yang berbentuk seperti cacing atau seperti ikan yang sering disebut Paddle Tail. 

Umpan tiruan ini akan sangat efektif digunakan memancing di laut dengan kondisi ikan yang  banyak.

Swivel

Menggunakan teknik swivel pada arus tenang akan membuat umpan menjadi lebih hidup.

Tujuannya adalah agar umpan yang sudah mati dapat terlihat bergerak-gerak bebas sehingga akan membuat ikan tertarik untuk memakannya.

Baca Juga: 5 Cara Agar Suami Tidak Bosan Kepada Istri

Teknik Memancing Yang Perlu Digunakan

Terdapat dua teknik yang akan kami sampaikan dalam hal memancing pada kondisi air deras, yakni adalah sebagai berikut:

Teknik Dasaran

Teknik dasaran adalah teknik memancing yang bebas melempar umpan sesuai pada titik yang diinginkan dan dianggap berpotensi strike. 

Pada titik lemparan tersebut kita akan membiarkan umpun tenggelam ke dasar air. Selanjutnya tinggal menunggu sambaran ikan predator dengan mendeteksi ujung joran.

Teknik Menggantung

Teknik Menggantung ini adalah teknik yang sedikit menguras tenaga yakni teknik mendapatkan umpan pada titik-titik tertentu seperti pada pinggir pada saat arus deras. 

Spot yang cocok menggunakan teknik ini adalah ada daerah sungai berbatu.

Caranya adalah dengan memposisikan ujung Joran pada titik lokasi yang diinginkan, kemudian turunkan senar atau kail namun dengan menggantungnya di air. Artinya kail tidak menyentuh dasar sungai.

Baca Juga: Link Referensi Kalender Mancing Bulan Mei 2023

Rangkaian Yang Digunakan

Rangkaian yang cocok digunakan ketika memancing pada sport air berarus adalah dengan menggunakan Swivel dan umpan. 

Timah pemberat memiliki peran agar umpan tidak bergerak jauh dari titip lemparan.

Gerakan umpan bisa saja terjadi akibat dari umpan alami yang masih hidup atau kuatnya arus yang dapat menggerakkan menjauh dari titik lempar yang Anda inginkan.

Menggunakan Swivel juga diperlukan jika memancing dalam kondisi arus deras agar umpan yang terdiam dapat bergerak bebas di dasar sungai. 

Baca Juga: Sejarah Singkat Berdirinya PT Bank Nationalnobu Tbk

Jika umpan adalah ikan kecil sebaiknya kaitkan ikan kecil tersebut dengan kail di sisi atas ikan, selain membuat ikan bisa berenang juga membuat ikan bertahan lama.

Cukup sekian tips singkat Cara Memancing di Air Berarus, semoga cara-cara yang sudah kami sampaikan di atas dapat memberikan Anda referensi untuk memulai memancing dalam kondisi air deras. Terimakasih

aplikasi crypto terbaik
ruang iklan enkosa

Tinggalkan komentar


Hari Angkutan Nasional Hari Buku Sedunia Hari Bumi Hari Kartini Hari Hansip Hari Peringatan Konferensi Asia-Afrika Hari Hemofilia Sedunia Hari Kopassus Hari Zeni Hari TNI Angkatan Udara