Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Makan Buah-Buahan

Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Dengan Makan Buah-Buahan

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara turunkan kolesterol yang tinggi. Sudah saatnya kita memperbaiki pola gaya hidup, apakah sudah sehat atau masih jauh dari kata tersebut. Pasalnya, secara tidak sadar kita sering sekali mengkonsumsi makanan cepat saji, yang mana jika kita terus mengkonsumsi makanan jenis ini lambat laun akan mengganggu kondisi kesehatan, salah satunya adalah penyakit kolesterol yang sulit terdeteksi kalau kita tidak periksakan langsung ke dokter. 

Apa itu Kolesterol?

Kolesterol adalah sejenis lemak darah yang dihasilkan oleh tubuh secara alami. Dalam batas wajar kolesterol memiliki fungsi yang cukup penting dalam tubuh yakni dapat membantu proses pencernaan dan membantu mengubah bentuk vitamin D menjadi bentuk aktif.

Selain dihasilkan oleh tubuh secara alami, kolesterol juga dapat ditemukan pada beberapa makanan seperti misalnya telur, makanan laut, daging dan hati hewan. Perlu di ingat, jika kadar kolesterol tidak terkendali maka akan menyebabkan penyakit kolesterol yang tentu saja akan sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

Dalam kadar tinggi kolesterol akan menyebabkan proses aterosklerosis yakni penyempitan pembuluh darah arteri akibat penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi tersebut sangat berpengaruh sekali pada proses sirkulasi darah dari jantung ke seluruh tubuh atau sebaliknya. Jika tidak segera ditangani maka akan menyebabkan gagal jantung yang bisa menyebabkan kematian.

Jenis-Jenis Kolesterol?

Penyakit kolesterol sama sekali tidak menunjukkan gejala-gejala, karena itu untuk mengetahuinya apakah kita termasuk beresiko kolesterol tinggi jalan satu-satunya adalah dengan memeriksakan darah kita ke dokter atau laboratorium. Hasil dari pengecekan darah ini akan ditemukan jenis-jenis kolesterol dan juga kadarnya dalam darah yang mana kolesterol tersebut di angkut oleh semacam protein lipoprotein.

Terdapat tiga jenis kolesterol dalam darah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • LDL (Low  Density Lipoprotein)

Disebut juga sebagai kolesterol jahat karena dapat menyebabkan plak-plak yang berpotensi dapat menyumbat pembuluh darah dalam arteri.

  • HDL (High Density Lipoprotein)

Disebut sebagai kolesterol baik karena dapat menyingkirkan kolesterol jahat dalam pembuluh darah.

  • Trigliserida

Adalah sejenis lemak yang didalam tubuh yang terbentuk karena terdapat sisa energi yang tidak terpakai dari makanan yang dikonsumsi.

Untuk mengukur kadar kolesterol dalam tubuh biasanya akan menggunakan 3 jenis kolesterol tersebut untuk diukur kadarnya dalam darah dan akan menjadi patokan untuk menentukan risiko kesehatan jantung.

Buah-buahan untuk menurunkan kolesterol tinggi:

1. Lemon sebagai penurun kolesterol tinggi. 

Lemon banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan, selain rasanya yang segar lemon juga bermanfaat sebagai makanan penurun kadar kolesterol tinggi dalam darah. Hal ini karena buah Lemon memiliki kandungan Pektin, Bioflavonoid, Asam Sitrat, Vitamin A, B1, B2, C, dan Serat. Nutrisi dalam buah lemon dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, radang tenggorokan, meredakan flu dan sariawan.

2. Anggur sebagai penurun kolesterol tinggi. 

Buah anggur merupakan buah kaya akan manfaat, tidak hanya antioksidan yang terkandung didalamnya namun senyawa seperti polifenol, jenis senyawa yang dapat mengurangi kerusakan sel. Makan satu atau beberapa anggur setiap hari dapat melindungi jaringan pembuluh darah dan mengurangi peradangan. Buah anggur juga dapat meningkatakan kadar kolesterol baik atau HDL dalam darah.

3. Stroberi sebagai penurun kolesterol tinggi. 

Tidak hanya buah anggur saja yang memiliki kandungan polifenol, buah stroberi juga memilikinya. Stroberi selain nikmat jika disantap dalam keadaan segar juga memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam darah. Studi telah membuktikan, stroberi dapat menurunkan kolesterol sekaligus menurunkan risiko penyakit jantung.

Selain mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan manfaat seperti diatas, tentu tidak akan maksimal hasilnya jika kita tidak memperbaiki polah hidup ke arah yang sehat. Mulai dari sekarang kurangi makan-makanan cepat saji, minuman alkohol, merokok dan mulai hidup sehat dengan rajin berolahraga. 

Semoga artikel cara menurunkan Kolesterol yang tinggi di atas bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi terkait kolesterol.

Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com