6 Cara Merawat Rambut Rontok Agar Sehat Kembali

6 Cara Merawat Rambut Rontok Agar Sehat Kembali

6 Tips Cara Merawat Rambut Rontok Agar Sehat Kembali

Bagaimana cara merawat rambut rontok? Sebuah pertanyaan yang kerap menjadi permasalahan sebagian orang, hal demikian cukup wajar lantaran rambut adalah pemberian tuhan yang melekat ditubuh manusia dengan segudang manfaat, salah satunya yakni memancarkan keindahan.

Lantas bagaimana jika rambut rontok? Jawabannya adalah merawat serta mencari akar permasalahan kenapa rambut tersebut mengalami kerontokan. Jika memang iya tak perlu khawatir karena solusinya akan dibahas pada postingan kali ini. Untuk itu jangan kemana-mana dulu, yuk baca sampai selesai.

Cara Merawat Rambut Rontok

Berikut beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk merawat rambut rontok agar rambutmu sehat kembali:

Gunakan Minyak Zaitun

Pastinya kamu sudah tau dengan manfaat minyak yang satu ini, faktanya bukan hanya rendah kolestrol LDL ternyata minyak zaitun juga bermanfaat untuk perawatan rambut loh. Itu semua karena kandungaan minyaknya yang dapat menjaga kondisi rambut tetap lembab sehigga terhindar dari kekeringan yang menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

Penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan beberapa sendok minyak zaitun secara langsung pada rambut lalu diamkan. Tunggu 30 menit hingga meresap ke kulit kepala dan yang terakhir bilas dengan air hangat.

Penuhi Kebutuhan Vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan, beberapa diantaranya dapat menjaga kesehatan mata, kulit dan rambut. Sebagian besar orang yang kekurangan vitamin A akan mengalami beberapa masalah seperti penglihatan yang kurang maksimal dan mengalami kerontokan pada rambut.

Oleh karena itu yuk penuhi piringmu dengan makanan kaya akan Vitamin A, seperti wortel, bayam, minyak ikan kod, ikan salmon dan masih banyak yang lainnya. Namun perlu diingat, tetap konsumsi secara wajar yah.

Pemilihan Shampo Yang Tepat

Sebagian besar orang menggunakan shampoo untuk mencuci rambut. Namun perlu kamu sadari ada beberapa merek yang mungkin saja dapat menyebabkan rambutmu rontok. Pastikan pilih merek shampoo yang memang sudah dikenal aman dan mendapatkan izin edar yang jelas.

Rutin Mencuci Rambut

Bukan hanya memenuhi kebutuhan gizi, hal lain yang perlu kamu lakukan ialah rutin mencuci rambut dengan shampoo yang terbukti aman. Terkadang bagi sebagian wanita terutama yang memiliki rambut panjang kegiatan tersebut sangat membosankan. Solusinya ialah menanamkan motivasi yang tinggi kepada diri sendiri untuk memiliki rambut sehat dan lebat dengan membuat jadwal cuci rambut secara berkala.

Gunakan Lidah Buaya

Sebagian dari kamu mungkin sudah tau mengenai lidah buaya, lantaran tanaman ini seringkali ditanam sebagai hiasan di halaman rumah. Namun siapa sangka ternyata lidah buaya memiliki segudang manfaat loh, salah satunya dapat menjaga kesehatan rambut.

Itu semua tak lain karena aloe vera yang mengandung beberapa vitamin baik untuk pertumbuhan rambut melipitui vitamin B12, A, C, E, asam lemak, asam amino esensial, serta mineral tembaga dan zinc.

Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, cukup oleskan daging lidah buaya pada rambut dan tunggu hingga meresap lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk beberapa minggu dan lihat hasilnya.

Hindari Menggunakan Mesin Pengering Rambut

Bagi sebagian orang, terutama wanita. Tak lengkap rasanya setelah mencuci rambut jika tidak mengeringkannya dengan Hairdryer. Namun siapa sangka ternyata kebiasaan tersebut bisa memicu terjadinya rambut rontok loh. Hal tersebut karena suhu panas yang tidak baik untuk rambut sehingga rambut akan kehilangan kelembapannya.

Akhir Kata

Demikian pembahasan cara merawat rambut rontok, namun perlu digaris bawahi kembali tetap kunjungi dokter yang lebih berpengalaman jika kerontokan tetap terjadi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • rambut rontok parah kenapa
  • rambut rontok saat hamil
  • rambut rontok kekurangan vitamin A
  • mengatasi rambut rontok
  • mengatasi rambut rontok setelah melahirkan
  • mengatasi rambut rontok parah secara alami
Kaylea
Kaylea Mengisi waktu luang dengan baca Teenlit dan Metropop

Review Enkosa.Com