Sejarah Hari Populasi Sedunia 11 Juli

Sejarah Hari Populasi Sedunia 11 Juli

Inilah Sejarah Dibalik 11 Juli, Hari Populasi Sedunia

Dalam setiap tahunnya tepatnya pada tanggal 11 Juli, seluruh negara memperingati Hari Populasi Sedunia. Peringatan tersebut tentu tidak kalah penting yang bertujuan untuk meningkatkan rasa peduli masyarakat terhadap isu populasi global terhadap jumlah penduduk di dunia. 

Populasi merupakan jumlah organisme dari spesies yang sama yang hidup di suatu wilayah tertentu. Dalam hal ini, yang dimaksud dengan populasi sendiri yaitu manusia yang tinggal di sebuah Kota, Daerah, Desa, Negara bahkan Dunia. 

Memperingati Hari Populasi Sedunia ini merupakan hal penting, namun sebelum sampai pada hari peringatan tersebut, berikut sejarah di balik 11 Juli, Hari Populasi Sedunia. 

Berikut Sejarah Dibalik 11 Juli, Hari Populasi Sedunia Yang Sebaiknya DiketahuI!

Penetepan tanggal 11 Juli sebagai Hari Populasi Sedunia  bermula pada tahun 1989 yang didirikan oleh Dewan Pengurus Program Pembangunan PBB. Penetapan hari Populasi Sedunia tersebut terinspirasi oleh kepentingan publik terkait adanya Hari Lima Miliar pada tanggal 11 Juli 1987. Di tanggal, bulan dan tahun tersebut diperkirakan populasi dunia mencapai lima miliar orang. 

Pada tahun 1950, diperkirakan populasi dunia mencapai 2,5 miliar orang. Namun kurang dari 40 tahun jumlah tersebut semakin meningkat bahkan hingga dua kali lipat. Tepat pada tahun 1987, jumlah penduduk dunia melebihi 5 miliar jiwa yang pada akhirnya pembangunan berkelanjutan, pembangunan perkotaan, akses kesehatan, akses pelayanan dan kekuatan pemuda menjadi semakin penting. 


Jauh sebelum populasi di dunia terus meningkat, para pengamat serta ilmuwan memang telah memprediksikan dampak dari bertambahnya populasi dunia. Analisa tersebut didasarkan pada laju cepatnya pertumbuhan jumlah penduduk dunia. Para ilmuwan tersebut menyimpulkan bahwa laju pertumbuhan penduduk dunia ini akan berujung pada adanya ledakan besar yang bukan hanya menurunkan tingkat kehidupan manusia saja melainkan bisa mengancam lingkungan hidup serta kehidupan yang sehat. 

Kepadatan populasi ini sebenarnya sudah terjadi di tahun 1980-an. Nah, untuk menarik opini publik dunia maka pada tanggal 11 Juli 1989, PBB menetapkan tanggal tersebut sebagai Hari Populasi Sedunia. Setelah penetapan tersebut hampir semua negara menerima keputusan tersebut dan mulai menetapkan program pembatasan anak dan penyelarasan antara manusia dengan lingkungan hidup, SDA, faktor laju ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan. 

Cara Terbaik Merayakan Hari Populasi Sedunia 11 Juli 

Setelah Anda tahu sedikit banyaknya tentang sejarah Hari Populasi Sedunia yang jatuh pada tanggal 11 Juli. Mungkin sebagian besar dari Anda juga masih bingung bagaimana cara terbaik merayakan hari peringatan tersebut. Nah, hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk memperingati hari peringatan tersebut yaitu memastikan bahwa program Keluarga Berencana (KB) sudah aman serta menjadi pilihan bagi keluarga yang sudah menikah. 

Selain itu, Anda juga bisa mengkampanyekan berita mengenai meningkatkan kesadaran terhadap peningkatan populasi yang tidak terkontrol. Hal ini bisa Anda bagikan melalui blog, media sosial dan sebagainya. Anda bisa mengkampanyekan betapa banyaknya faktor resiko jika populasi manusia di dunia terus meningkat dan tidak terkontrol. 

Peringatan Hari Populasi Sedunia 11 Juli biasanya diperingati dengan tema berbeda-beda oleh semua negara. Misalnya di Indonesia dimana pada tahun 2020 kemarin, Hari Populasi Sedunia ini mengusung tema Kesehatan serta Hal Perempuaan dan Anak Perempuan. Untuk tahun 2021 ini memang belum ada bocoran mengenai tema yang akan diusung dalam memperingati Hari Populasi Sedunia 11 Juli. Namun, bisa dipastikan jika kondisi yang akan terjadi sama sepertih tahun lalu yaitu di masa pandemi COVID-19. 

Itulah sekilas tentang sejarah di balik 11 Juli, Hari Populasi Sedunia serta bagaimana cara terbaik merayakannya. Populasi dunia yang terus meningkat akan menyebabkan berbagai resiko sehingga pemerintah dari berbagai negara berusaha untuk menekan peningkatan tersebut misalnya dengan adanya program Keluarga Berencana (KB) di Indonesia. 

Mudah-mudahan dengan informasi Sejarah Hari Populasi Sedunia 11 Juli di atas dapat menambah wawasan serta menjadi referensi untuk kita semua. Semoga artikel ini bermanfaat!!

Pencarian yang paling banyak dicari

  • sejarah hari populasi sedunia 11 juli
  • tema hari populasi sedunia 2021
  • selamat hari populasi sedunia
  • cara merayakan hari populasi sedunia
  • gambar ucapan selamat hari populasi sedunia
  • hari populasi sedunia diperingati setiap tanggal 11 juli
Enkosa
Enkosa Akurat dan terpercaya. Lebih dekat dengan saya cek IG @endikekos

Review Enkosa.Com